Desmopressin : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: May 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 856.604 orang

Desmopressin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh. Desmopressin memiliki fungsi pada ginjal untuk mengurangi aliran urin. Obat ini biasanya digunakan dalam gangguan tertentu untuk mengontrol peningkatan rasa haus, sering buang air kecil, anak-anak yang mengompol dan buang air kecil dengan volume yang banyak (diabetes insipidus).

Obat ini bekerja pada ginjal dengan cara membantu ginjal untuk mengurangi produksi volume urin yang mereka hasilkan. Biasanya obat mulai bekerja dalam satu jam setelah minum obat dan berlangsung selama 7 hingga 9 jam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Desmopressin juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat produk pembekuan darah. Untuk alasan ini, Desmopressin dengan sediaan suntikan diberikan untuk mengobati pasien dengan gangguan perdarahan seperti jenis hemofilia dan penyakit von Willebrand.

Desmopressin dijual dengan merek dagang DDAVP, Minirin, atau Octostim. Yang tersedia sebagai tablet, semprotan hidung, obat tetes hidung, dan injeksi.

Mengenai Desmopressin

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet, semprotan hidung, obat tetes hidung, dan injeksi.

Kandungan:

Golongan vasopressin

Bagaimana aturan pakai obat ini?

Untuk sediaan injeksi, setiap ampul 1ml mengandung Desmopressin asetat 4 mikrogram per ml. Bahan lain yang terkandung di dalamnya meliputi: Sodium Chloride EP, Asam Klorida EP,Air untuk EP Injeksi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Untuk mengendalikan buang air kecil berlebihan di malam hari
dosis awal yang biasa diminum adalah 0,2 mg diminum satu jam sebelum tidur. Dosis obat ini tergantung pada respons Anda terhadap obat ini, dokter Anda mungkin secara bertahap meningkatkan dosis menjadi 0,6 mg. Anda harus membatasi asupan cairan selama beberapa jam sebelum minum obat ini. Selain itu, Anda harus membatasi jumlah alkohol dan kafein yang Anda konsumsi selama jam malam.

Untuk diabetes insipidus sentral
dosis awal yang biasa diminum adalah 0,1 mg, diminum 3 kali sehari. Dokter Anda kemudian akan menyesuaikan dosis tergantung pada respons Anda terhadap obat ini. Dosis maksimum untuk tablet oral adalah 0,4 mg diminum 3 kali sehari.

Untuk pengobatan Hemofilia ringan dan sedang penyakit von Willebrand
Dengan pemberian intravena. Dosis untuk orang dewasa, anak-anak dan bayi adalah 0,4 mikrogram per kilogram berat badan yang diberikan melalui infus intravena. Dosis harus diencerkan dalam 50 ml natrium klorida 0,9% untuk injeksi dan diberikan lebih dari 20 menit.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan bersamaan dengan penggunaan obat ini?
Efek samping yang mungkin ditimbulkan menunjukan efek samping yang sering terjadi termasuk sakit kepala, sakit perut dan mual. Kasus reaksi alergi, Kasus gangguan emosi. Pengobatan dengan Desmopressin tanpa pengurangan asupan cairan secara bersamaan dapat menyebabkan suatu kondisi yang disebut hiponatremia yang dapat menimbulkan gejala seperti sakit kepala, mual, muntah, pertambahan berat badan, penurunan kadar natrium tubuh, dan pada kasus yang serius, dapat menimbulkan kejang.

Kehamilan:
Perhatian harus dilakukan ketika meresepkan untuk wanita hamil. Pemantauan tekanan darah direkomendasikan karena meningkatnya risiko pre-eklampsia.

Menyusui
Hasil dari analisis ASI dari ibu menyusui yang menerima Desmopressin dosis tinggi (300 mikrogram intranasal) menunjukkan bahwa jumlah Desmopressin yang dapat ditransfer ke anak jauh lebih sedikit daripada jumlah yang diperlukan untuk mempengaruhi diuresis atau hemostasis.

Apakah Desmopressin aman dikonsumsi bersama dengan obat lain?

Zat yang diketahui menyebabkan SIADH mis. antidepresan trisiklik, penghambat pengambilan serotonin selektif, klorpromazin dan karbamazepin, dapat menyebabkan efek antidiuretik aditif yang mengarah pada peningkatan risiko retensi air dan / atau hiponatremia.

NSAID dapat memicu terjadinya retensi air dan / atau hiponatremia.

Efek Samping

Obat ini dapat menimbulkan beberapa efek samping, termasuk:

  • Hilang nafsu makan
  • Mual muntah
  • Kenaikan berat badan
  • Lelah berlebihan
  • Perubahan mood
  • Merasa gelisah
  • Kebingungan
  • Nyeri perut
  • Diare
  • Tekanan darah tinggi
  • Detak jantung tidak stabil
  • Kejang
  • Wajah kemerahan

Apa langkah-langkah keamanan yang harus Anda ambil ketika anak Anda menggunakan desmopressin?

Dokter anak Anda mungkin memberi tahu Anda untuk membatasi asupan cairan anak Anda untuk jangka waktu pendek (seperti 12 jam) setelah minum Desmopressin. 

Minum terlalu banyak cairan dapat menyebabkan anak Anda mengalami sakit kepala, muntah (muntah), kembung, atau bengkak pada kaki, pergelangan kaki, dan kaki bagian bawah. Dalam keadaan yang jarang (terutama pada anak-anak yang sangat muda), bahkan dapat menyebabkan kejang.

Jika anak Anda muntah (muntah) atau mengalami diare (buang air besar yang encer) saat mereka mengonsumsi Desmopressin, segera hubungi dokter anak Anda. Dosis Desmopressin mungkin harus disesuaikan.

Beri tahu dokter atau apoteker Anda jika anak Anda mengonsumsi lithium, dosis besar epinefrin (adrenalin), demeclocycline (Declomycin), heparin, fludrocortisone (Florinef), atau carbamazepine (Tegretol) karena dosis Desmopressin mungkin perlu disesuaikan.

Konsultasikan dengan dokter atau apoteker anak Anda sebelum memberikan obat lain kepada anak Anda (resep, non-resep, herbal, atau produk alami).

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp