Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Deferiprone : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Jul 10, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 905.232 orang

Mengenai Deferiprone

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Kandungan:

Golongan iron chelators

Manfaat Deferiprone

Talasemia mayor adalah suatu kondisi genetik dimana komposisi hemoglobin (Hb) dalam tubuh manusia tidak normal, sehingga hemoglobin tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. 

Pasien dengan talasemia mayor mengalami anemia dan membutuhkan transfusi darah secara berkala. Namun sayangnya tubuh memiliki kapasitas terbatas untuk mengeluarkan zat besi berlebih yang terkandung di dalam darah hasil transfusi, sehingga sering kali transfusi darah menyebabkan kelebihan zat besi. 

Hal Ini dapat menyebabkan komplikasi seperti sirosis, gagal jantung dan diabetes.

Untuk mencegah terjadinya komplikasi kelebihan zat besi, pasien dapat diobati dengan menggunakan Desferrioxamine. Obat ini adalah zat yang dapat mengikat zat besi sehingga membentuk suatu ikatan yang bisa larut dalam air. 

Ikatan ini Kemudian dapat diekskresikan oleh ginjal. Sayangnya desferrioxamine hanya dapat diberikan melalui suntikan dan anak-anak mungkin memerlukan infus subkutan berkepanjangan beberapa kali seminggu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Karena desferrioxamine mahal untuk diberikan dan memiliki efek samping yang serius, maka obat lain dibutuhkan sebagai alternatif dari penggunaan desferrioxamine. Oleh karena itu, muncul lah Deferiprone. Deferiprone memiliki manfaat yang sama dengan desferrioxamine, sehingga Deferiprone digunakan sebagai alternatif desferrioxamine dengan efek samping yang lebih sedikit. 

Untuk lebih jelasnya mengenai deferiprone, mari disimak artikel yang satu ini.

Bagaimana cara pemberian obat ini?

Informasi di bawah ini bukanlah informasi pengganti petunjuk dokter, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mulai mengkonsumsi obat-obatan ini. Secara umum, obat ini digunakan dengan dosis:

Dosis pada orang dewasa

Deferiprone tersedia dalam bentuk tablet dengan sediaan 500mg. Untuk dosis awal Deferiprone diberikan dengan dosis 25 mg / kg berat badan 3 kali sehari dengan total 75 mg / kgberat badan / hari. Pantau konsentrasi feritin serum setiap 2 hingga 3 bulan. Kemudian dosis dinaikan hingga 33 mg / kg berat badan 3 kali sehari (maksimum 99 mg / kg / hari)

Dosis pada kaum lansia

Pada pasien-pasien lansia, dosisnya diberikan hingga 250 mg (setengah tablet) terdekat atau 2,5 mL. Pada pasien geriatri, tingkatkan dosis secara berkala. Jika serum feritin secara konsisten kurang dari 500 mcg / L, pertimbangkan untuk menghentikan penggnaan deferiprone sementara.

Dosis pada remaja dan Anak-anak 2 tahun ke atas

Dosis diberikan 75 mg / kg berat badan/ hari dalam 3 dosis terbagi telah digunakan pada anak-anak dan remaja dengan talasemia.

Deferiprone dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan, tetapi meminumnya setelah makan dapat membantu mencegah mual yang mungkin disebabkan oleh obat tersebut. 

Minum deferiprone pada waktu yang sama setiap hari. Ikuti petunjuk pada label resep Anda dengan seksamai, dan minta dokter atau apoteker Anda untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda mengerti. minum deferiprone persis seperti yang diarahkan. Jangan mengambil lebih atau kurang dari yang telah dokter resepkan.

Efek samping apa yang dapat timbul dari penggunaan Deferiprone?

Seperti semua obat lainnya, penggunaan Deferiprone dapat menyebabkan berbagai efek samping. Segera dapatkan bantuan medis jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda.

Infeksi serius dan terkadang fatal dapat terjadi selama pengobatan dengan deferiprone.

Hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki tanda-tanda infeksi seperti:

  • demam, menggigil, nyeri pada seluruh tubuh
  • gejala flu
  • lecet di daerah mulut dan tenggorokan Anda
  • Efek samping yang umum terjadi meliputi
  • mual, muntah
  • sakit perut ringan
  • nyeri sendi; ata
  • tes fungsi hati abnormal

Efek samping di atas bukanlah daftar lengkap efek samping dari obat ini. Efek samping yang lain mungkin terjadi. Hubungi dokter Anda untuk menanyakan tentang efek samping lain yang mungkin bisa muncul.

Deferiprone dapat menyebabkan urin Anda berubah warna menjadi coklat kemerahan. Efek samping ini biasanya tidak berbahaya. Hubungi dokter Anda jika Anda juga menderita sakit perut bagian atas, tinja berwarna tanah liat, atau penyakit kuning (kulit Anda menguning atau bagian putih mata Anda).

Deferiprone dapat menurunkan sel darah yang membantu tubuh Anda melawan infeksi.Tes darah perlu dilakukan setiap minggu saat Anda menggunakan deferiprone. Simpan obat ini pada suhu kamar, jauh dari kelembaban dan panas.

Interaksi Deferiprone dengan obat-obatan lain

Hindari mengonsumsi antasid atau suplemen mineral dalam waktu 4 jam sebelum atau 4 jam setelah Anda menggunakan deferiprone.

Hindari mengonsumsi suplemen herbal yang mengandung milk thistle saat Anda mengonsumsi deferiprone.

Jangan menggunakan obat chelating besi lainnya seperti deferasirox (Exjade) atau deferoxamine (Desferal), kecuali dengan perintah dokter.

Beri tahu dokter Anda tentang semua obat lain yang Anda gunakan, terutama obat yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti obat kanker, steroid, dan obat-obatan untuk mencegah penolakan transplantasi organ

Obat lain dapat berinteraksi dengan deferiprone, termasuk obat-obatan lain yang dijual bebas.

Perhatian

Sebaiknya Anda tidak menggunakan deferiprone jika Anda memiliki riwayat alergi terhadapnya. Untuk memastikan deferiprone aman untuk Anda, beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki: penyakit hati; atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Obat ini dapat membahayakan bayi yang belum lahir atau menyebabkan cacat lahir. Jangan gunakan obat ini jika Anda sedang hamil, dan segera beri tahu dokter jika Anda hamil. Gunakan alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan saat Anda menggunakan obat ini. 

Tidak diketahui apakah deferiprone masuk ke dalam ASI atau apakah itu dapat membahayakan bayi yang menyusu. Anda sebaiknya tidak menyusui saat menggunakan deferiprone.



Referensi

American Society of Hematology (2011). FDA Grants Accelerated Approval to Deferiprone, an Oral Iron Chelator for the Treatment of Patients with Transfusional Iron Overload.

BPOM (2018). Cek Produk BPOM : Ferriprox.

Holm, G. Healthline (2017). Thalassemia.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp