Corkwood: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Apr 12, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 2 menit

Pohon Corkwood adalah jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Beberapa orang mengunyah daun Corkwood untuk menahan rasa lapar, mengobati penyakit, dan mengatasi kelelahan.

Pohon yang berasal dari famili Solenaceae ini banyak tumbuh di Australia. Dilihat dari karakteristiknya, Corkwood memiliki tekstur kayu yang ringan, batang yang tebal, bunga berwarna putih, dan buahnya berwarna hitam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Pohon Corkwood diketahui mengandung senyawa kimia yang dapat memengaruhi saraf pusat. Salah satu bahan kimia di dalamnya bekerja seperti obat, bisa mencegah rasa mabuk dan menyebabkan kantuk. Sementara bahan kimia lainnya membantu melebarkan pupil dan menghentikan kejang.

Di balik manfaatnya yang beragam, pohon Corkwood termasuk tanaman yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Itulah sebabnya, penggunaan herbal Corkwood harus diawasi oleh ahlinya.

Mengenai Corkwood

Golongan

-

Kemasan

  • Ekstrak cairan
  • Tablet
  • Daun

Kandungan

  • Alkaloid, berupa hyoscyamine dan hyoscine (scopolamine)
  • Atropin
  • Butropin
  • Nikotin
  • Nornikotin

Manfaat Corkwood

Pohon Corkwood bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, menahan rasa lapar, dan mengatasi kelelahan. Sayangnya, belum banyak penelitian yang membuktikan khasiat tersebut. Masih diperlukan analisa lebih lanjut guna memastikan manfaat Corkwood bagi kesehatan.

Baca Juga: 10 Penyebab Mudah Lapar yang Tak Boleh Disepelekan

Efek samping Corkwood

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pohon Corkwood ternyata berbahaya. Ada sejumlah efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan Corkwood, di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pohon Corkwood memiliki sifat stimulan dan halusinogenik yang bisa memicu psikosis. Bila digunakan secara berlebihan, tanaman ini dapat menyebabkan kantuk, linglung atau susah fokus, dan episode mania. Dampak fatalnya, seseorang berisiko mengalami koma hingga kematian akibat overdosis.

Baca Selanjutnya: Kenali 3 Jenis Psikosis yang Paling Umum dan Gejalanya

Dosis Corkwood

Dosis ekstrak pohon Corkwood berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari usia dan kondisi kesehatan pasien. Namun, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup mengenai dosis Corkwood yang tepat dan aman.

Penting diketahui bahwa tidak semua produk alami alias herbal tergolong aman. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk yang tertera pada label kemasan. Konsultasikan dulu ke dokter atau apoteker sebelum menggunakan ekstrak pohon Corkwood sebagai obat herbal.

Interaksi Corkwood

Belum ditemukan kemungkinan interaksi pohon Corkwood dengan obat-obatan lainnya. Beri tahukan dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi untuk mencegah potensi interaksi obat.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan pohon Corkwood adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak tidak disarankan untuk menggunakan herbal Corkwood. Ada sejumlah bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kematian.
  • Hindari konsumsi Corkwood tanpa pengawasan dokter. Ingat, ekstrak pohon Corkwood tidak bisa menggantikan obat-obatan medis apa pun dari dokter.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Corkwood Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/corkwood-tree.html)
Corkwood Tree: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-461/corkwood-tree)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app