Ciri-Ciri Kolesterol Rendah dan Bahayanya Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Des 29, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ciri-Ciri Kolesterol Rendah dan Bahayanya Bagi Tubuh

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Beberapa penelitian menemukan bahwa ada hubungan antara kadar kolesterol rendah dengan risiko mengalami depresi dan gangguan kecemasan;
  • Gejala depresi yang menjadi ciri-ciri kolesterol rendah adalah mudah putus asa, mudah gugup, sering kebingungan, hingga perubahan mood dan pola tidur;
  • Kolesterol berperan penting dalam pembentukan vitamin D dan beberapa jenis hormon di otak, sehingga jika kadar kolesterolnya tidak tercukupi maka kesehatan otak lah yang terganggu;
  • Rendahnya kadar kolesterol pada saat hamil diketahui dapat meningkatkan risiko persalinan prematur atau kelahiran bayi dengan berat badan rendah;
  • Klik untuk mendapatkan obat kolesterol yang bisa dikirim ke rumah Anda melalui HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Dapatkan paket pemeriksaan kolesterol dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Masalah kolesterol tinggi sering ditakuti karena dikaitakn dengan banyak gangguan kesehatan, terutama yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular. Lantas, ketika kolesterol rendah, hal ini dianggap sebagai pertanda aman. Padahal, terlalu sedikit kolesterol pada tubuh juga berbahaya, lho! Yuk, kenali ciri-ciri kolesterol rendah pada tubuh dan bahayanya berikut ini.

Apa itu kolesterol?

Meskipun sering dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit berbahaya, kolesterol pada dasarnya sangat dibutuhkan tubuh. Senyawa lipida ini berperan penting dalam pembentukan beberapa hormon, terlibat dalam pembentukan vitamin D, serta menjadi bagian penting dalam proses pencernaan makanan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kolesterol mengalir bersama darah dalam bentuk lipoprotein, yaitu senyawa yang terdiri dari lemak yang diselimuti oleh protein. Berdasarkan jenis protein pembawanya, kolesterol terbagi dalam beberapa jenis, yaitu kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/LDL) dan kolesterol baik (High Density Lipoprotein/HDL).

Kolesterol diproduksi di hati dengan bahan baku dari makanan. Asupan kolesterol utamanya berasal dari jenis lemak hewani, seperti yang terdapat pada telur dan daging-dagingan. 

Ketika asupannya berlebihan, maka produksi kolesterol juga akan berlebihan. Inilah yang menyebabkan kadar kolesterol dalam darah jadi tinggi.

Sebaliknya, ketika asupan makanan dari sumber hewani tersebut hanya sedikit, maka bahan baku kolesterol juga akan berkurang sehingga produksinya di hati juga akan berkurang. Selain itu, rendahnya kolesterol juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan penurun kolesterol yang biasa digunakan pada penderita penyakit jantung.

Baca juga: Kadar Kolesterol Normal: Total, HDL, LDL, Trigliserida

Ciri-ciri kolesterol rendah?

Agar terhindar dari risiko penyakit jantung, kadar kolesterol total haruslah berada di bawah angka 200 mg/dL dan LDL di bawah 100 mg/dL. Namun, bagaimaan jika kadar kolesterol malah terlampau rendah?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Beberapa penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan antara kadar kolesterol rendah dengan risiko mengalami depresi dan gangguan kecemasan. Gejala-gejala depresi dan gangguan kecemasan bisa menjadi pertanda bahwa kemungkinan kadar kolesterol tubuh Anda cukup rendah.

Sejumlah gejala depresi yang kerap menjadi ciri-ciri kolesterol rendah antara lain:

  • Mudah putus asa;
  • Mudah gugup;
  • Sering kebingungan;
  • Kesulitan mengambil keputusan;
  • Agitasi;
  • Perubahan mood;
  • Perubahan pola tidur dan pola makan;

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan darah untuk memastikan penyebabnya, apakah berhubungan dengan kolesterol atau tidak. Dokter juga dapat memberikan obat antidepresan untuk mengurangi gejala yang timbul.

Apa bahaya kolesterol rendah bagi tubuh?

Jika kadar kolesterol jahat atau LDL cenderung tinggi, dokter umumnya akan meresepkan obat-obatan dari jenis statin yang dapat menghambat produksi kolesterol di hati sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol total tubuh. Jika penurunan kadar kolesterol disebabkan oleh proses pengobatan tersebut, hal itu masih dianggap normal meskipun penyesuaian dosis obat tetap perlu dilakukan.

Lain halnya bila penurunan kadar kolesterol di bawah normal terjadi secara tiba-tiba dan tidak didahului oleh kondisi tertentu. Jika hal ini terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memastikan penyebabnya.

Hingga saat ini, bahaya kolesterol rendah bagi tubuh masih dipelajari oleh para ahli. Beberapa penelitian terbaru menemukan bahwa rendahnya kolesterol di tubuh umumnya akan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Sebuah penelitian di Duke University menemukan bahwa wanita muda dengan kadar kolesterol yang rendah cenderung mengalami gejala-gejala depresi dan gangguan kecemasan. Kondisi demikian mungkin terjadi karena kolesterol berperan penting dalam pembentukan vitamin D dan beberapa jenis hormon.

Vitamin D berperan penting pada pertumbuhan sel-sel otak, sementara hormon tertentu di otak seperti serotonin bertugas menjaga mood tetap baik sehingga sering disebut hormon kebahagiaan. Jika dua substansi ini terganggu, maka depresi dan gangguan kecemasan sangat mungkin terjadi.

Baca juga: Kekurangan Sinar Matahari Bisa Menyebabkan Depresi?

Itulah mengapa jika kebutuhan kolesterol tidak tercukupi, kesehatan otak lah yang akan terganggu. Meskipun begitu, hingga kini hubungan antara rendahnya kadar kolesterol dengan kesehatan mental belum sepenuhnya dimengerti oleh para ahli.

Sebuah studi pada tahun 2012 yang dilakukan oleh American College of Cardiology Scientific Sessions menemukan bahwa ada kemungkinan hubungan kolesterol rendah dengan meningkatnya risiko kanker. Penelitian ini menganggap berkurangnya kadar kolesterol dapat berpengaruh pada proses perkembangan sel kanker. Namun, lagi-lagi penilitian ini juga dianggap masih memerlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan hasil tersebut.

Bahaya kolesterol rendah lainnya yang sangat penting diketahui adalah efeknya untuk ibu hamil. Rendahnya kadar kolesterol pada saat hamil diketahui dapat meningkatkan risiko persalinan prematur atau kelahiran bayi dengan berat badan rendah.

Jika Anda mengalami ciri-ciri kolesterol rendah, seperti perubahan suasana hati atau tanda-tanda depresi, segera periksakan diri ke dokter. Apalagi jika Anda sedang hamil. Dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk memastikan kadar kolesterol tubuh serta penanganan yang sesuai kebutuhan dan kondisi pasien.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cholesterol. Get Your Fats Straight!. Drugs.com. (https://www.drugs.com/slideshow/cholesterol-get-your-fats-straight-1205)
Cholesterol: Can It Be Too Low?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cholesterol-can-it-be-too-low)
Very low levels of 'bad' cholesterol may raise stroke risk. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325650.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app