Cara Kerja Vitamin B3 Untuk Kulit

Bagi penderita penyakit jantung, dosis niacin yang tinggi akan sangat berguna karena dapat memengaruhi pembekuan darah. Akan tetapi, kadar niacin yang tinggi juga dapat menambah kadar trigliserida dalam darah.
Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Kerja Vitamin B3 Untuk Kulit

Vitamin B3 dapat Anda temukan di berbagai produk perawatan kulit yang sering beredar di pasaran. Namun, apakah Anda mengetahui bagaimana cara kerja B3 untuk kesehatan kulit dan apa saja manfaatnya? 

Yuk, simak informasinya dibawah ini! 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Cara kerja vitamin B3 

Terdapat dua bentuk vitamin B3 yang larut dalam air, yaitu niacin dan niacinamide. Dua bentuk vitamin ini akan lebih mudah diserap oleh tubuh apabila dikonsumsi secara oral. 

Saat kadar niacin dalam tubuh lebih tinggi daripada yang dibutuhkan, maka niacin dapat diubah menjadi niacinamide. 

Manfaat kedua bentuk vitamin B3 diatas termasuk membantu lemak dan gula dalam tubuh agar dapat bekerja dengan baik, serta menjaga sel-sel tubuh yang sehat. 

Bagi penderita penyakit jantung, dosis niacin yang tinggi akan sangat berguna karena dapat memengaruhi pembekuan darah. Akan tetapi, kadar niacin yang tinggi juga dapat menambah kadar trigliserida dalam darah. 

Walaupun dapat meningkatkan lemak dalam darah, rendahnya kadar niacin dalam darah juga dapat menyebabkan Anda mengalami masalah yang berhungan dengan kesehatan kulit, seperti iritasi. 

Manfaat vitamin B3 bagi kulit 

Vitamin B3 sangat baik bagi kesehatan kulit karena dapat menjaga kulit agar tetap sehat dan telihat baik. Vitamin B3 juga mampu mengobati masalah jerawat karena dapat menyembunyikan serta melawan jerawat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Niacinamide juga digunakan oleh beberapa orang untuk mengatasi infalmasi acne vulgaris. Tidak hanya itu, vitamin B3 pun dapat digunakan sebagai produk anti penuaan dan pelembap kulit. 

Selain niacinamide, bentuk lain vitamin B3 yaitu niacin, digunakan juga untuk menurunkan kadar kolestrol

Apabila digabung dengan pengobatan lain, niacin mampu mengatasi penyakit seperti diare, kolera, sakit kepala, pusing, tekanan darah tinggi, kehilangan memori, arthritis, dan leprosi. 

Penderita masalah kulit seperti pemfigoid bulosan dan granuloma anular pun dapat diatasi melalui penggunaan niacinamide. 

Untuk mengatasi masalah kesehatan diatas, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung niacin dan niacinamide, yaitu daging, ikan, susu dan produk susu, telur, kacang, sereal, dan sayuran hijau. 

Selain itu, dua bentuk vitamin tersebut juga dapat Anda temukan dalam vitamin B kompleks dengan vitamin B6, B9, dan B12. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Apakah vitamin B3 memiliki efek samping bagi kulit? 

Efek samping akibat konsumsi vitamin B3 akan terjadi apabila Anda mengonsumsi niacin lebih dari 50 mg per hari. 

Biasanya kulit Anda disekitar lengan, dada, dan wajah akan mengalami flushing, termasuk terbakar, kesemutan, dan kemerah-merahan. Selain itu, efek samping lain seperti pusing, nyeri dimulut atau sakit perut juga bisa Anda rasakan. 

Penggunaan niacin yang lebih dari 3 gram per hari juga akan menyebabkan efek samping yang sangat parah bagi kesehatan Anda. 

Karena tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga menimbulkan kerusakan hari, kadar gula darah yang tinggi, dan detak jantung yang tidak normal. 

Apabila Anda memang terkena efek samping ini, maka fungsi hati Anda akan diperiksa melalui beberapa tes darah

Tips menggunakan vitamin B3 untuk kesehatan kulit 

Sebelum menggunakan vitamin B3 untuk kulit Anda, perhatikanlah beberapa tips dibawah ini agar Anda tidak mengalami efek samping sangat berat sehingga kesehatan tetap terjaga. 

  1. Untuk mengurangi efek samping ringan yang mungkin saja terjadi, seperti flushing, Anda disarankan untuk meminum 30mg aspirin sebelum meminum niacin. A
  2. Apabila Anda akan menjalani operasi, hentikan penggunaan aspirin 2 minggu sebelum proses operasi Anda berjalan. 
  3. Bagi wanita hamil dan menyusui, penggunaan niacin harus berada dalam dosis tertentu yang memang dianjurkan dokter. Anda harus meminum niacin 35 mg per hari apabila berusia lebih dari 18 tahun, sedangkan bagi Anda yang berusia kurang dari 18 tahun, minulah niacin sebanyak 30 mg per hari. 
  4. Penderita tekanan darah rendah, penyakit hati, penyakit ginjal, atau memiliki riwayat asam urat tidak dianjurkan untuk menggunakan niacin. Selain itu, apabila Anda mengidap diabetes, periksalah jumlah gula darah Anda secara teratur. 
  5. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan vitamin B3, karena vitamin ini dapat berinteraksi dengan makanan, alkohol, atau obat diabetes
  6. Untuk mengobati jerawat, vitamin B3 dapat digunakan secara oral, namun penggunaannya tetap harus berada dibawah pengawasan dokter karena bisa saja menimbulkan efek samping. 


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
New study evaluates effectiveness of vitamins for the treatment of sun-damaged skin. (2010). (https://www.aad.org/media/news-releases/new-study-evaluates-effectiveness-of-vitamins-for-the-treatment-of-sun-damaged-skin)
Gehring W. (2004). Nicotinic acid/niacinamide and the skin. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17147561)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app