HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cachexia, Alasan Berat Badan Pengidap Kanker Turun Drastis Bak Tulang Terbungkus Kulit

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cachexia, Alasan Berat Badan Pengidap Kanker Turun Drastis Bak Tulang Terbungkus Kulit

Cachexia adalah suatu kondisi "wasting" yang menyebabkan penurunan berat badan yang ekstrim dan menyebabkan atrofi otot (otot mengecil) dan bisa termasuk kehilangan lemak tubuh. 

Biasanya kondisi ini terjadi pada orang-orang yang berada pada tahap akhir penyakit serius seperti kanker, HIV atau AIDS, COPD, penyakit ginjal, dan gagal jantung kongestif (CHF). Istilah "cachexia" berasal dari kata Yunani "kakos" dan "hexis," yang berarti "kondisi buruk."

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Perbedaan antara cachexia dan jenis lain dari penurunan berat badan adalah bahwa kondisi ini terjadi tanpa disengaja. Orang yang mengalami cachexia tidak mengalami penurunan berat badan karena mereka berusaha mengurangi berat badan dengan diet atau olahraga. 

Mereka kehilangan berat badan karena makan lebih sedikit karena berbagai alasan. Pada saat yang sama, metabolisme mereka berubah, sehingga menyebabkan tubuh mereka terlalu banyak memecah otot. 

Baik peradangan dan zat yang diciptakan oleh tumor dapat mempengaruhi nafsu makan dan menyebabkan tubuh membakar kalori lebih cepat dari biasanya.

Para peneliti percaya bahwa cachexia adalah bagian dari respons tubuh untuk melawan penyakit. Untuk mendapatkan lebih banyak energi untuk mengisi otak ketika persediaan nutrisi rendah, tubuh memecah otot dan lemak.

Seseorang dengan cachexia tidak hanya mengalami penurunan berat badan. Mereka akan menjadi sangat lemah sehingga tubuh mereka menjadi rentan terhadap infeksi, yang membuat mereka memiliki harapan hidup yang rendah. 

Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi atau kalori tidak dapat mengatasi penurunan berat badan akibat sindrom cachexia.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Kategori cachexia

Ada tiga kategori utama cachexia:

  • Pre Cachexia didefinisikan sebagai kehilangan hingga 5 persen dari berat badan saat memiliki penyakit yang diketahui. Kondisi ini disertai dengan hilangnya nafsu makan, peradangan, dan perubahan metabolisme.
  • Cachexia adalah kehilangan lebih dari 5 persen dari berat badan Anda selama 12 bulan atau kurang, ketika Anda tidak berusaha menurunkan berat badan dan Anda memiliki penyakit yang diketahui. Beberapa kriteria lain termasuk kehilangan kekuatan otot, nafsu makan menurun, kelelahan, dan peradangan.
  • Cachexia refraktori berlaku untuk individu dengan kanker. Kondisi ini ditandai dengan penurunan berat badan, kehilangan otot, kehilangan fungsi, ditambah kegagalan untuk merespon pengobatan kanker.

Cachexia dan Kanker

Hingga 80 persen dari penderita kanker stadium mengalami cachexia. Hampir sepertiga dari penderita kanker meninggal karena kondisi ini. Sel tumor melepaskan zat yang mengurangi nafsu makan. 

Kanker dan perawatannya juga dapat menyebabkan mual yang parah atau merusak saluran pencernaan, sehingga membuatnya sulit untuk makan dan menyerap nutrisi.

Karena tubuh mendapat lebih sedikit nutrisi, maka tubuh akan membakar lemak dan otot. Sel kanker menggunakan nutrisi yang tersisa untuk membantu mereka bertahan hidup dan berkembang.

Penyebab dan kondisi terkait

Cachexia terjadi pada tahap akhir dari kondisi serius seperti:

Gejala

Gejala yang paling jelas ditemukan pada orang dengan cachexia adalah kehilangan berat badan dan massa otot. Beberapa orang terlihat kurang gizi, walaupun beberapa orang lainnya tampak memiliki berat badan yang normal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Pola penurunan berat badan dari cachexia adalah turunnya berat badan sebanyak 5 persen dari berat badan total dalam 12 bulan terakhir atau kurang, dan memiliki penyakit yang diketahui. Gejala lain yang dapat muncul bersamaan dengan turunnya berat badan meliputi:

  • Berkurangnya kekuatan otot
  • Kelelahan
  • Kehilangan nafsu makan (anoreksia)
  • Indeks massa bebas lemak yang rendah (perhitungan berdasarkan berat badan, lemak tubuh, dan tinggi badan)
  • Tingkat peradangan tinggi yang diidentifikasi dengan tes darah
  • Anemia (sel darah merah yang rendah)
  • Kadar protein albumin yang rendah

Komplikasi

Cachexia dapat menimbulkan komplikasi yang sangat serius. Kondisi ini dapat mempersulit perawatan untuk kondisi yang menyebabkannya dan menurunkan respons Anda terhadap pengobatan. 

Orang dengan kanker yang mengalami cachexia kurang dapat mentolerir kemoterapi dan terapi lain yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Sebagai akibat dari komplikasi ini, orang-orang dengan cachexia memiliki kualitas hidup yang lebih rendah. Mereka juga memiliki harapan untuk sembuh yang lebih buruk.

Pilihan Pengobatan

Tidak ada pengobatan khusus atau cara untuk mengatasi cachexia. Tujuan pengobatan adalah untuk meningkatkan gejala dan kualitas hidup. Saat ini terapi yang tersedia untuk cachexia meliputi:

  • Stimulan nafsu makan seperti megestrol acetate
  • Obat-obatan, seperti dronabinol untuk mengatasi mual atau penurunan nafsu makan. Namun penggunaan obat ini hanya dapat digunakan bila memiliki manfaat yang lebih besar dan harus digunakan berdasarkan anjuran, pengawasan ketat dari dokter dan tidak dapat digunakan secara sembarangan.
  • Obat yang mengurangi peradangan
  • Perubahan diet, suplemen gizi
  • Latihan fisik yang disesuaikan

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cachexia: Symptoms, treatment, and outlook. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/315312)
Cancer cachexia. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3227249/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app