Buflomedil : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 662.422 orang

Obat buflomedil merupakan jenis obat yang digunakan pada penyakit yang berkaitan pada pembuluh darah. Penyakit periferal arteri atau PAD adalah salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan buflomedil. Efek vasodilator pada obat ini bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit akibat kelainan dari pembuluh darah.

Buflomedil merupakan agen vasoaktif yang bekerja mempengaruhi tekanan darah pada pembuluh darah manusia. Obat buflomesil sendiri memiliki farmakologi dalam mengurangi gejala kesulitan berjalan pada pasien periferal arteri dan vena kronis insufisiensi pada kaki.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Jenis Penyakit untuk obat Buflomedil

Insufisiensi Vena Kronik

Insufisiensi vena kronik adalah terganggunya pembuluh darah vena pada kaki yang disebabkan oleh penyakit jantung.  Penyakit ini terjadi pada katup pembuluh darah yang tidak berfungsi dengan sempurna sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancar dan menimbulkan penumpukan.

Insufisiensi vena kronik yang tidak ditangani dengan baik akan beresiko menimbulkan varises kaki. Penyakit ini paling banyak terjadi pada wanita daripada pria. Kondisi muncul pada rentang usia 40 hingga 70 tahun.

Penyebab dari timbulnya insufisiensi vena kronik pada kaki paling sering diakibatkan oleh peningkatan tekanan darah yang tinggi. Pengaruh berat badan seperti pada penyandang obesitas dan kondisi hamil dapat memicu terjadinya penyakit ini.

Gejala yang dialami penderita insufisiensi vena kronik antara lain:

  • Pergelangan kaki menjadi bengkak
  • Nyeri saat berdiri
  • Kaki sering kram
  • Kaki sering gatal
  • Cepat lelah setelah berjalan
  • Warna kulit menjadi terlihat lebih gelap pada pergelangan kaki

Penyakit Arteri Perifer

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Lain halnya dengan insufisiensi vena kronik,, penyakit arteri perifer terjadi akibat adanya penyempitan pada pembuluh darah arteri. Penyempitan pembuluh darah ini menyebabkan aliran darah pada kaki menjadi tersumbat. Kondisi ini terkait adanya faktor resiko kadar kolesterol yang tinggi pada penderita. 

Penumpukan lemak ini mengarah pada aterosklerosis, dimana lemak di dalam darah menumpuk dinding sekita pembuluh darah dan mennyebabkan penyumbatan.  Gejala dapat semakin berat bergantung pada kondisi dan usia penderita. Penyakit ini juga terkait adanya masalah organ jantung.

Gejala yang dialami pada seseorang dengan penyakit arteri perifer antara lainL

  • Kram pada paha dan pinggang
  • Kram saat melakukan aktivitas
  • Luka yang sulit sembuh
  • Kaki terasa mati rasa
  • Bulu kaki mudah rontoh
  • Kuku jari kaki yang mudah rapuh
  • Suhu kaki yang lebih dingin
  • Tekanan nadi pada kaki yang tidak stabil

Buflomedil sebagai terapi klaudikasio

Klaudikasio adalah rasa nyeri pada daerah aki yang timbul pada saat beraktivitas. Klaudikasio terjadi akibat kelainan dari pembuluh darah seperti penyempitan pembuluh darah pada penyakit arteri perifer. Penyempitan pembuluh darah ini disebabkan penumpukan lemak di dinding pembuluh darah sehingga darah tidak mengalir dengan baik.

Nyeri dirasakan mulai dari kaki bawah, otot betis, paha, hingga dapat menjalar ke bokong. Nyeri semakin meningkat apabila dibawa beraktivitas sseprti berolahraga atau menaiki tangga.

Buflomedil sendiri dapat mengurangi rasa nyeri klaudikasio dengan cara melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah kembali lancar.

Efek samping Buflomedil             

Penggunaan buflomedil memberikan efek samping ringan hingga berat dan terjadi pada orang berbeda dengan kondisi yang berbeda pula. Efek samping yang mungkin muncul antara lain

  • Sakit kepala
  • Mual muntah
  • Gatal kulit
  • Kulit menjadi kemerahan

Hingga saat ini belum ada informasi terkait penggunaan obat buflomedil pada ibu hamil dan menyusui, sehingga obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Obat ini tidak boleh diberikan pada penderita gagal ginjal dengan kadar serum kreatinin kurang dari 30 ml/min.

Pada Tahun 2011, produksi obat buflomedil dihentikan di negara bagian Uni Eropa karena adanya toksisitas pada organ saraf dan organ jantung. Asosiasi obat dan makanan dari Amerika Serikat ( Food And Drug Administration ) sendiri masih belum memberikan persetujuan pada penggunaan obat ini di Amerika Serikat.

Di negara Prancis, Buflomedil ditarik dari peredaran akibat efek neurologis pada pemberian buflomedil dosis besar. Reaksi yang cepat pada obat ini menimbulkan resiko bunuh diri pada beberapa pasien

      

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp