Bolehkah Berhubungan Intim Ketika Datang Bulan?

Dipublish tanggal: Sep 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Bolehkah Berhubungan Intim Ketika Datang Bulan?“Bolehkah berhubungan intim ketika datang bulan?”, pertanyaan ini kerap muncul dalam benak sebagian besar pasangan. Namun biasanya, mereka mungkin terlalu malu untuk mengutarakannya. 

Sebenarnya jawaban untuk pertanyaan di atas masih pro dan kontra. Tak sedikit pihak mengaku, aktivitas bercinta saat haid itu tabu atau kurang pantas. Tapi ada pula yang tidak keberatan melakukannya selama kedua belah pihak sama-sama tidak keberatan. Mengingat pendapat setiap orang tidak sama, alangkah baiknya jika kita mendengar apa kata dokter terkait hal ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Manfaat Berhubungan Intim Ketika Datang Bulan

Ditinjau dari segi medis, berhubungan intim saat haid itu banyak manfaatnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Meredakan Gejala Haid

Sudah bukan rahasia lagi kalau datang bulan menyebabkan beberapa wanita mengalami nyeri, kram, bad mood, hingga depresi. Oleh sebab orgasme dapat merangsang produksi hormon endorfin yang identik dengan rasa senang, maka bercinta otomatis mampu meringankan gejala menstruasi yang disebutkan tadi. 

Meningkatkan Kenikmatan Seksual

Selain itu, manfaat bercinta saat menstruasi berikutnya adalah meningkatkan kenikmatan seksual. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon saat haid yang membuat perempuan lebih bergairah dari biasanya. 

Risiko Berhubungan Intim Ketika Datang Bulan

Tapi di sisi lain, bercinta ketika datang bulan juga mengandung beberapa risiko seperti:

Mengidap Penyakit Menular Seksual (PMS)

Faktanya, berhubungan intim saat datang bulan membuat perempuan berisiko lebih tinggi terjangkit PMS. Alasannya karena ketika haid, leher rahim sedang dalam posisi terbuka sehingga darah lebih mudah masuk ke dalamnya. Dengan begitu, bakteri juga jadi lebih mudah masuk ke rongga panggul.

Menularkan PMS ke pasangan

Selain itu, karena lebih banyak cairan atau darah yang keluar saat menstruasi, risiko pasangan pria tertular penyakit berbahaya seperti HIV atau hepatitis juga lebih tinggi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Memperparah gejala infeksi jamur

Risiko berhubungan intim ketika datang bulan berikutnya adalah memperparah gejala infeksi jamur. Setiap bulannya, pH vagina berkisar antara 3,8-4,5 saja. Tapi ketika datang bulan, pH tersebut cenderung meningkat akibat naiknya pH darah. Kondisi ini memungkinkan ragi atau jamur berkembang subur. Maka dari itu tak heran bila beberapa hari sebelum haid, seorang perempuan dapat mengidap infeksi jamur.

Hamil di luar rencana

Walau peluangnya mungkin kecil, akan tetapi risiko hamil akibat hubungan seks saat haid tetaplah ada. Hal ini umumnya dialami oleh pasangan yang berhubungan seks tanpa kontrasepsi atau pengaman. Oleh sebab itu, jika belum ingin menambah momongan, sebaiknya tetap gunakan kondom saat bercinta. 

Tips Berhubungan Intim Ketika Datang Bulan

Selanjutnya, kami sampaikan beberapa tips bagi Anda yang ingin bercinta ketika datang bulan.

  • Pada 1-2 hari awal mula menstruasi, darah yang keluar biasanya sedang banyak-banyaknya. Oleh sebab itu, hindari bercinta pada hari-hari pertama menstruasi supaya noda akibat darahnya dapat diminimalisir.
  • Untuk yang memilih tempat tidur atau lokasi lain sebagai tempat bercinta, ada baiknya untuk melapisi permukaannya dengan handuk tebal. Dengan begitu, darah haidnya takkan meninggalkan noda di mana-mana.
  • Jangan takut bila menjumpai munculnya gumpalan darah warna merah atau coklat gelap, baik selama ataupun setelah berhubungan intim. Kondisi tersebut rata-rata normal.
  • Gunakan kondom wanita supaya volume darah yang keluar ketika bercinta dapat dikurangi. 
  • Pilih posisi misionari yang cenderung membatasi aliran darah haid yang keluar.
  • Bercintalah sambil mandi, misalnya di bawah pancuran air. Namun pastikan kedua belah pihak takkan jijik atau bahkan il-feel dengan aliran darah yang mengenai tubuh.

Alternatif Berhubungan Intim Ketika Datang Bulan

Sekarang, bagaimana dengan pasangan yang enggan bercinta saat datang bulan? Apakah itu artinya tidak ada upaya yang dapat dilakukan untuk menyalurkan hasrat seksual? Untungnya, ada cara bercinta tanpa melibatkan penetrasi yang dapat dicoba, misalnya seperti:

Pijatan sensual

Berbeda dari teknik memijat pada umumnya, pijatan sensual ditujukan untuk menggoda dan menstimulasi pasangan. Dalam prakteknya, Anda tinggal memijat lembut bagian tubuh pasangan yang sensitif, misalnya area paha, pantat, atau putingnya. 

Mandi bersama

Selain pijatan sensual tadi, aktivitas mandi bersama juga efektif untuk memelihara keintiman sekaligus membangkitkan gairah seksual. Dalam prakteknya, Anda dapat membantu membersihkan tubuh maupun rambut pasangan. Akan tetapi soal ini, pastikan lagi bahwa pasangan takkan risih melihat darah yang keluar.


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Witteveen H. (2017). Treatment of menstrual migraine; multidisciplinary or mono-disciplinary approach. DOI: (https://doi.org/10.1186/s10194-017-0752-z)
Mayo Clinic Staff. (2016). Menstrual cycle: What’s normal, what’s not. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/menstrual-cycle/art-20047186)
Herbenick D. (n.d.). Q A: Can having sex help to alleviate menstrual cramps? (https://kinseyconfidential.org/sex-alleviate-menstrual-cramps/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app