Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Bilateral knee osteoarthritis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 626.133 orang

Artritis lutut adalah salah satu jenis osteoartritis (OA) yang paling sering terjadi. Anda menggunakan lutut untuk bergerak dan bahkan untuk posisi diam seperti berdiri. Sangat mudah untuk melihat bagaimana sendi lutut Anda bisa aus seiring berjalannya waktu.

Tingkat peradangan sendi lutut tergantung pada seberapa banyak Anda menggunakan lutut Anda, dan lutut mana yang paling sering Anda gunakan. Beberapa orang mengalami OA hanya pada satu lutut, yang dikenal sebagai OA unilateral. Sedangkan pada orang yang mengalami OA pada kedua lututnya secara bersamaan disebut dengan OA lutut bilateral.

Iklan dari HonestDocs
Beli DEXTAMINE Kaplet via HonestDocs

DEXTAMINE digunakan untuk mengurangi reaksi alergi yang serius dan menekan proses peradangan yang terjadi pada tubuh. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Dextamine tab 1

Osteoartritis adalah kondisi yang dapat mengurangi mobilitas Anda dan menghambat aktivitas sehari-hari. Diagnosis dan perawatan dini dapat mengurangi kerusakan sendi dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Apa yang menyebabkan terjadinya osteoartritis pada kedua sendi?

Osteoartritis lutut bilateral, adalah kelainan artritis degeneratif, yang cenderung berkembang seiring waktu karena sendi lutut Anda mengalami keausan. Lutut adalah sendi terbesar di tubuh Anda. Keausan sendi lutut dapat disebabkan oleh:

  • gerakan berulang
  • terlalu sering digunakan
  • kelebihan berat badan

Kondisi-kondisi ini dapat merusak tulang rawan pelindung di titik di mana tempurung lutut, tulang kering, dan tulang paha terhubung. Tanpa tulang rawan, tulang-tulang akan saling bergesekan secara langsung sehingga berpotensi menimbulkan rasa sakit dan peradangan.

Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS), OA lutut kebanyakan menyerang orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun. Hal ini terutama disebabkan oleh keausan sendi yang terjadi karena pemakaian selama bertahun-tahun.

Gejala OA lutut bilateral

Gejala OA lutut bilateral mirip dengan gejala OA pada umumnya. Anda mungkin mengalami:

  • nyeri lutut
  • pembengkakan di daerah sekitarnya
  • sakit yang terasa lebih buruk di pagi hari ketika Anda bangun
  • rasa sakit yang lebih buruk setelah aktivitas
  • ketidakmampuan untuk meluruskan lutut Anda
  • terdengar suara retakan saat Anda bergerak
  • kelemahan pada lutut

Bagaimana cara mencegah terjadinya osteoartritis pada kedua sendi lutut?

Dulu osteoartritis dianggap sebagai gangguan pada sendi yang tidak dapat dihindari. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa OA adalah proses yang kompleks dengan banyak penyebab. OA disebabkan oleh kombinasi banyak faktor, dan banyak di antaranya dapat dimodifikasi atau dicegah. Berikut adalah rekomendasi dokter untuk mengurangi risiko terjadinya OA:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Berolahraga secara teratur
  • Menghindari cedera saat beraktivitas
  • Menerapkan gaya hidup sehat

Pada akhirnya, pertahanan terbaik terhadap penyakit apapun, termasuk OA, adalah gaya hidup sehat. Cara Anda makan, berolahraga, tidur, mengelola stres, dan berinteraksi dengan orang lain, dan apakah Anda merokok atau minum dapat memiliki pengaruh luar biasa tidak hanya pada kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga pada kesehatan sendi Anda.

Bagaimana penanganan osteoartritis pada kedua sendi lutut?

Diagnosis

OA pada kedua sendi lutut dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan radiologi. Setelah mengamati adanya gejala-gejala osteoartitis pada kedua lutut Anda, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan yang meliputi:

  • X-ray dapat menentukan diagnosa osteoartritis dengan melihat adanya penyempitan celah sendi dan pembentukan osteofit.
  • pemindaian computed tomography (CT) 
  • pemeriksaan darah untuk menyingkirkan kemungkinan terjadinya rheumatoid arthritis (RA)

Informasi yang terperinci kondisi medis pada pasien dapat membantu menentukan tindakan pengobatan dan operasi yang diperlukan.

Tata laksana Pengobatan

Pengobatan OA lutut bilateral mirip dengan mengobati jenis OA lainnya. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat-obatan anti inflamasi non steroid (NSAID), seperti ibuprofen dan acetaminophen untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada lutut. NSAID dapat menyebabkan peningkatan risiko perdarahan lambung dan tekanan darah tinggi, sementara penggunaan acetaminophen jangka panjang dapat mempengaruhi fungsi hati. Keduanya juga dapat mengganggu obat dan suplemen lain yang mungkin Anda konsumsi.

Pemberian injeksi kortikosteroid dapat digunakan pada kasus peradangan yang parah. Namun pemberian injeksi kortikosteroid dapat menyebabkan gejala menjadi lebih buruk. Selain itu, penggunaan suntikan kortikosteroid jangka panjang dapat membuat tubuh Anda kebal terhadap efeknya, dan bahkan mempercepat kerusakan sendi. Untuk alasan ini, AAOS merekomendasikan maksimum tiga hingga empat suntikan kortikosteroid per tahun.

Penurunan berat badan adalah salah satu rekomendasi paling umum untuk pasien OA lutut yang mungkin juga disebabkan oleh kelebihan berat badan. Penurunan berat badan dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan meningkatkan waktu berolahraga. Jenis olahraga yang dapat Anda pilih adalah jenis olahraga yang tidak memberikan beban berat pada persendian, seperti sepeda statis dan berenang.

Jika lapisan tulang rawan pelindung sendi sudah rusak total, satu-satunya penanganan yang dapat dilakukan adalah operasi penggantian lutut. Operasi penggantian lutut dilakukan dengan mengganti sendi lutut Anda secara keseluruhan menggunakan bahan sintetis yang dapat bertahan selama 20 tahun. Prosedur ini sangat rumit dan perlu dilakukan oleh dokter spesialis orthopedi. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit