Berikut Ini Bahan yang Biasa Ditemukan Pada Skin Care Organik

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Berikut Ini Bahan yang Biasa Ditemukan Pada Skin Care Organik

Sekarang ini, tren gaya hidup sehat semakin meningkat. Banyak orang mulai beralih ke produk organik termasuk dalam perawatan kulitnya. Skin care dengan bahan alami dipercaya lebih baik dibanding yang berbahan kimia, walaupun sebenarnya tetap membutuhkan bukti ilmiah.

Untuk mengetahui efektivitas bahan tersebut masih dilakukan beberapa penelitian. Namun, tidak salah jika Anda mencobanya. Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu apa saja bahan yang biasa terkandung dalam skin care organik dari ulasan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Bahan-bahan skincare organik

Sebanyak 60 persen bahan dalam skincare dapat terserap oleh kulit Anda. Untuk itu, Anda boleh saja mencoba jenis produk dengan bahan organik ini.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa sudah sering dipakai sebagai bahan dalam produk kecantikan, karena bermanfaat untuk menguatkan jaringan epidermis kulit, mengikis lapisan sel-sel kulit mati serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Minyak kelapa juga bersifat antibakteri serta antioksidan yang bisa memberikan proteksi bagi kulit dari serangan bakteri maupun bahaya radikal bebas.

Dikutip oleh situs Draxe, terdapat hasil penelitian yang menyebutkan jika minyak kelapa ternyata bisa menjadi obat untuk penyakit kulit kronis, yang bergejala peradangan, misalnya seperti dermatitis atopik. Bahan ini juga terbukti dapat membantu kinerja hormon dan pencernaan yang juga vital bagi kesehatan kulit.

Kulit akan menyerap nutrisi serta oksigen yang nantinya dibawa ke sel, maka penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda dengan memastikan racun sudah hilang.

  • Tea tree oil

Tea tree oil bersifat antibakteri dan antifungi yang mampu mencegah jerawat namun tidak keras (zat ini lebih lembut).

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Bakteri dapat menimbulkan jerawat yang meradang. Zat hidrokarbon terpen, monoterpen serta seskuiterpen merupakan bahan aktif yang mampu mengurangi jumlah bakteri berbahaya penyebab peradangan.

Sebuah penelitian yang menguji 100 komponen kimia hidrokarbon yang bisa dibawa oleh udara, yang kemudian masuk ke pori-pori kulit serta selaput lendir akan mempercepat penyembuhan. Hal ini menjadikannya ampuh mencegah dan mengurangi jerawat. 

Lidah buaya/aloe vera bermanfaat dalam penyembuhan kulit terbakar akibat matahari dan kulit sensitif.  Lidah buaya banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, mulai dari krim pagi, siang ataupun krim malam.

Kandungan antioksidan, mineral, vitamin, sakarida, asam lemak, asam amino, enzim, dan salicylic acids di dalamnya memiliki banyak khasiat. Misalnya, salicylic acids yang mampu membantu mengobati jerawat. Lidah buaya juga digunakan untuk membantu menyembuhkan luka radang atau jerawat .

Kandungan minyak jojoba cocok digunakan untuk seseorang dengan jenis kulit sensitif. Berbagai manfaatnya diantaranya yaitu mampu melembabkan kulit, membantu penyembuhan luka, parut, dermatitis, jerawat, psoriasis serta mencegah timbulnya garis halus atau kerutan di kulit wajah.

Lemak poly yang terkandung di dalamnya yang bersifat tak jenuh juga bermanfaat dalam melindungi kulit, melembapkan dan melembutkan kulit juga rambut.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Manfaat lainnya adalah mampu mencegah, mengurangi kebotakan rambut di kepala Anda dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

  • Shea butter

Bahan ini sering ditemukan dalam berbagai produk lotion kulit. Shea butter merupakan bahan yang berasal dari pohon African shea dan sudah ribuan tahun di Afrika hingga kini diyakini bermanfaat bagi kulit.

Shea butter telah menjadi andalan dalam memberikan kelembaban untuk kulit kering, mengurangi kemerahan, kulit mengelupas/pecah-pecah. Selain itu, juga mampu memperbaiki sel kulit karena lemak yang terkandung di dalamnya. 

  • Alpukat

Buah alpukat merupakan jenis buah yang memang sering digunakan untuk perawatan kulit, karena berbagai manfaatnya yang bisa didapatkan baik dengan memakannya atau mengolahnya dan diaplikasikan ke kulit.

Alpukat yang kaya dengan lemak bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

Bahan produk skincare organik ini juga mampu mengurangi peradangan. Selain itu, buah ini juga bersifat antioksidan yang mampu menangkal bahaya radikal bebas yang bisa merusak sel kulit.

  • Madu

Kandungan enzim, nutrisi, dan vitamin dalam madu bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan radang dan alergi. Bersifat antiseptik dan antimikroba, madu juga mampu melenyapkan bakteri di kulit yang mengalami jerawat.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best Organic Skin Care and Beauty Products With Natural Ingredients. Glamour. (Accessed via: https://www.glamour.com/gallery/best-organic-skin-care-and-beauty-products-with-natural-ingredients-2013-12)
“Natural” beauty products are huge now because of a fear of chemicals. Vox. (Accessed via: https://www.vox.com/the-goods/2018/9/18/17866150/natural-clean-beauty-products-feinstein-cosmetics-bill-fda)
The 8 Best Natural Ingredients for Your Skin. Everyday Health. (Accessed via: https://www.everydayhealth.com/beauty-pictures/the-8-best-natural-ingredients-for-your-skin.aspx)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app