HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Sumber Probiotik Baik Untuk Wanita

Untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam vagina, para wanita disarankan untuk mengonsumsi sumber probiotik yang baik bagi tubuh. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.
Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Sumber Probiotik Baik Untuk Wanita

Meski lebih dikenal sebagai penyebab penyakit untuk tubuh, namun sebenarnya tidak semua bakteri jahat dan tidak menguntungkan. Beberapa jenis bakteri bahkan memang secara alami hidup di dalam tubuh dan diperlukan untuk menunjang aktivitas tubuh. 

Contoh bakteri baik ini misalnya terdapat pada saluran pencernaan berupa E coli yang membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Bakteri baik ini tidak hanya terdapat pada pencernaan. Kaum wanita memiliki bakteri baik yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan area vagina. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Bakteri baik ini berfungsi untuk melindungi vagina dari jamur dan bakteri jahat serta untuk menjaga keseimbangan keasaman organ kewanitaan.

Untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam vagina, para wanita disarankan untuk mengonsumsi sumber probiotik yang baik bagi tubuh. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Yoghurt

Yoghurt memiliki rasa yang asam dan tekstur yang lembut. Makanan satu ini telah dikenal lama sebagai sumber probiotik yang baik bagi tubuh. 

Makanan satu ini tidak hanya baik untuk menjaga keseimbangan bakteri baik pada tubuh tapi juga untuk menunjang kesehatan tulang. Yoghurt juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika anda tidak terbiasa dengan rasa asamnya, anda dapat menambahkan yoghurt dengan buah-buahan.

2. Tempe

Tempe dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan ragi. Meski dikenal sebagai makanan murah, namun anda jangan meremehkan manfaatnya yang sangat besar. Tempe mengandung nutrisi seperti lemak, karbohidrat dan protein yang bermanfaat untuk tubuh. 

Tempe juga bisa menjadi pilihan protein yang tepat bagi penderita kolesterol tinggi yang harus mengurangi sumber protein hewani.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

3. Kimchi

Mungkin tidak semua masyarakat Indonesia yang terbiasa mendengar kimchi. Makanan asli dari Korea ini terbuat dari kol pedas yang difermentasi selama beberapa waktu. Makanan ini bermanfaat untuk memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Bahkan, mengkonsumsi kimchi secara rutin dapat menurunkan berat badan dan menjaga badan tetap ideal.

4. Kefir

Kefir memiliki manfaat untuk mencegah berbagai gangguan pencernaan. Meski memiliki rasa yang asam, namun kefir ternyata bermanfaat untuk mencegah maag dan infeksi. Kefir hampir sama dengan yoghurt yang dibuat dari susu sapi yang difermentasi dengan jamur khusus. 

Kefir juga ditambahkan beberapa mikroba baik dan biji-bijian yang baik bagi tubuh. Kefir juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang lanjut usia.

5. Miso

Satu lagi sumber makanan kaya probiotik yang berasal dari luar, yaitu Miso. Miso berasal dari Jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang diberi tambahan mikrobakteri berupa koji. 

Miso memiliki manfaat untuk menurunkan kemungkinan kanker payudara wanita dan juga untuk menjaga keseimbangan aliran darah pada tubuh. Miso juga memiliki manfaat untuk kecantikan yaitu mencegah penuaan dini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Perlukan tambahan suplemen mengandung probiotik?

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan area intim wanita adalah dengan mengkonsumsi probiotik. Probiotik baik untuk menjaga keseimbangan pH vagina. pH vagina sendiri mudah berubah disebabkan oleh adanya jamur maupun tertular penyakit menular seksual

Bakteri baik bermanfaat untuk mencegah keputihan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri jahat.

Meski bisa diperoleh dari berbagai makanan sehat yang telah disebutkan sebelumnya, namun beberapa wanita bisa saja mengalami kekurangan asupan probiotik harian. Apabila asupan probiotik harian tidak mencukupi maka menambahnya dengan suplemen probiotik mungkin saja diperlukan. 

Apabila anda membutuhkan tambahan asupan probiotik khusus untuk area kewanitaan, anda dapat mengkonsumsi suplemen probiotik yang memang dikhususkan untuk meningkatkan kesehatan area kewanitaan wanita.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
11 Probiotic Foods That Are Super Healthy. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods)
Probiotics and prebiotics: What you should know. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/probiotics/AN00389)
What Are Probiotics? Probiotic Supplements, Foods, Uses, Benefits, and Safety. WebMD. (https://www.webmd.com/digestive-disorders/what-are-probiotics)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app