Benadryl Oral - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: May 15, 2019 Waktu baca: 6 menit
Telah dibaca 973.519 orang

Diphenhydramine adalah antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi, demam, dan pilek. Gejala-gejala ini termasuk ruam, gatal, mata berair, gatal pada mata/hidung/tenggorokan, batuk, pilek, dan bersin

Obat ini juga digunakan untuk mencegah dan mengobati mual, muntah dan pusing yang disebabkan oleh mabuk perjalanan. Diphenhydramine juga dapat digunakan untuk membantu Anda rileks dan tertidur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Obat ini bekerja dengan menghalangi zat alami tertentu (histamin) yang dibuat tubuh Anda selama reaksi alergi. Efek pengeringan pada gejala seperti mata berair dan pilek disebabkan oleh menghalangi zat alami lain yang dibuat oleh tubuh Anda (asetilkolin).

Produk batuk dan demam belum terbukti aman atau efektif pada anak di bawah 6 tahun. Karena itu, jangan gunakan produk ini untuk mengobati gejala pilek pada anak di bawah 6 tahun kecuali jika diarahkan oleh dokter. 

Beberapa produk (seperti tablet/kapsul jenis long-acting) tidak direkomendasikan untuk digunakan pada anak di bawah 12 tahun. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk detail lebih lanjut tentang menggunakan produk Anda dengan aman.

Produk-produk ini tidak menyembuhkan atau mempersingkat panjang flu biasa dan dapat menyebabkan efek samping yang serius. Untuk mengurangi risiko efek samping serius, patuhi semua petunjuk dosis dengan cermat. 

Jangan gunakan produk ini untuk membuat anak mengantuk. Jangan memberikan obat batuk dan pilek lain yang mungkin mengandung bahan yang sama atau serupa (lihat juga bagian Interaksi Obat). 

Tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang cara lain untuk meredakan gejala batuk dan pilek (seperti minum cukup cairan, menggunakan pelembab udara atau obat tetes hidung / semprotan garam).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Cara Penggunaan Benadryl

Ikuti semua petunjuk pada paket produk. Jika dokter Anda telah meresepkan obat ini, gunakan sesuai petunjuk. Jika Anda tidak yakin tentang informasi tersebut, berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker Anda.

Minum tablet, kapsul, atau bentuk cair melalui mulut dengan atau tanpa makanan. Ukur bentuk cairan obat ini menggunakan sendok takaran khusus. Jangan menggunakan sendok biasa di rumah karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang tepat. 

Jika Anda memiliki bentuk dosis tunggal dari obat ini (seperti peluit sekali pakai), Anda tidak perlu mengukur dosisnya.

Tablet atau strip yang larut dengan cepat harus dibiarkan larut di lidah dan kemudian ditelan, dengan atau tanpa air. Tablet kunyah harus dikunyah dengan seksama sebelum ditelan.

Dosis ditentukan berdasarkan pada usia Anda, kondisi medis, dan respons terhadap pengobatan. Ada banyak merek dan bentuk diphenhydramine yang tersedia. Baca instruksi dosis dengan cermat untuk setiap produk karena jumlah diphenhydramine mungkin berbeda antar produk. Jangan menambah dosis Anda atau minum obat ini lebih sering daripada yang diarahkan.

Untuk mencegah mabuk perjalanan, minumlah dosis Anda 30 menit sebelum memulai aktivitas seperti bepergian. Untuk membantu Anda tidur, minum sekitar 30 menit sebelum tidur. Jika Anda terus mengalami kesulitan tidur selama lebih dari 2 minggu, hubungi dokter Anda.

Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau bahkan memburuk.

Efek Samping

Mengantuk, pusing, sembelit, sakit perut, penglihatan kabur, atau mulut/hidung/tenggorokan kering dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, segera beri tahu dokter atau apoteker Anda.

Untuk meredakan mulut kering, hisap permen keras atau es, kunyah permen karet, minum air putih, atau gunakan pengganti air liur.

Jika dokter Anda telah mengarahkan Anda untuk menggunakan obat ini, ingat bahwa ia menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Segera hubungi dokter jika Anda memiliki efek samping serius, termasuk: perubahan kondisi mental/suasana hati (seperti gelisah, kebingungan), kesulitan buang air kecil, detak jantung yang cepat / tidak teratur.

Dapatkan bantuan medis segera jika Anda memiliki efek samping yang sangat serius, termasuk: kejang.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi bantuan medis jika Anda melihat gejala-gejala reaksi alergi serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Di Amerika - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345.

Pencegahan dan Peringatan

Sebelum minum diphenhydramine, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi pada obat tersebut; atau alergi pada dimenhydrinate; atau jika Anda memiliki alergi lain. 

Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicarakan dengan apoteker Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari: masalah pernapasan (seperti asma, emfisema), tekanan tinggi pada mata (glaukoma), masalah jantung, tekanan darah tinggi, penyakit hati, kejang, masalah perut/usus (seperti borok, penyumbatan), tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme), kesulitan buang air kecil (misalnya, karena pembesaran prostat).

Obat ini dapat membuat Anda pusing atau mengantuk atau mengaburkan penglihatan Anda. Alkohol atau ganja bisa membuat Anda lebih pusing atau mengantuk. 

Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan tinggi atau penglihatan yang jelas sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Hindari minuman beralkohol. Diskusikan dengan dokter Anda jika Anda menggunakan ganja.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Produk cair, tablet kunyah, atau tablet/strip yang mudah larut dapat mengandung gula dan/atau aspartam. Produk cair juga mengandung alkohol. Perhatikan jika Anda memiliki diabetes, penyakit hati, fenilketonuria (PKU), atau kondisi lain yang mengharuskan Anda untuk membatasi/menghindari zat-zat ini dalam makanan Anda. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda tentang menggunakan produk ini dengan aman.

Anak-anak mungkin lebih sensitif terhadap efek samping dari obat ini. Obat ini sering dapat menyebabkan kegembiraan pada anak-anak muda dan bukannya mengantuk.

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping dari obat ini, terutama kantuk, pusing, kebingungan, sembelit, atau kesulitan buang air kecil. Mengantuk, pusing, dan kebingungan dapat meningkatkan risiko jatuh.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Obat ini dapat masuk ke dalam ASI dan mungkin memiliki efek yang tidak diinginkan pada bayi menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko Anda untuk efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua kemungkinan interaksi obat. 

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep dan produk herbal) dan bagikan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini meliputi: antihistamin yang dioleskan ke kulit (seperti krim diphenhydramine, salep, semprotan).

Beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda menggunakan produk lain yang menyebabkan kantuk seperti nyeri opioid atau penghilang batuk (seperti codeine, hydrocodone), alkohol, ganja, obat-obatan untuk tidur atau kegelisahan (seperti alprazolam, lorazepam, zolpidem), pelemas otot (seperti carisoprodol, cyclobenzaprine), atau antihistamin lainnya (seperti cetirizine, chlorpheniramine).

Periksa label pada semua obat Anda (seperti alergi atau produk batuk-pilek) karena dapat mengandung bahan yang menyebabkan kantuk. Tanyakan apoteker Anda tentang menggunakan produk-produk itu dengan aman.

Obat ini dapat mengganggu pemeriksaan laboratorium tertentu (termasuk tes kulit alergi), serta mungkin menyebabkan hasil tes yang salah. Pastikan petugas laboratorium dan semua dokter Anda tahu Anda menggunakan obat ini.

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat pengendalian racun. Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat memanggil pusat kendali racun provinsi. 

Gejala overdosis mungkin termasuk: kantuk parah, kejang, pupil melebar. Pada anak-anak, perubahan kondisi mental/suasana hati (seperti gelisah, lekas marah, halusinasi) dapat terjadi sebelum kantuk.

Catatan

Simpan semua janji medis dan laboratorium secara teratur.

Dosis terlewatkan

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum setelah Anda ingat. Jika sudah mendekati waktu dosis Anda berikutnya, jangan minum dosis yang terlewat sebelumnya. Minum dosis berikutnya pada waktu reguler. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan.

Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari kelembaban dan cahaya. Jangan simpan di kamar mandi. Jangan bekukan bentuk cair dari obat ini. Jauhkan obat dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal Anda. Informasi terakhir direvisi Juni 2018. Hak Cipta (c) 2018 First Databank, Inc.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp