Beberapa Makanan yang Mengandung Bakteri Baik bagi Kesehatan Vagina

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 30, 2019 Waktu baca: 3 menit
Beberapa Makanan yang Mengandung Bakteri Baik bagi Kesehatan Vagina

Jika vagina Anda dapat berbicara, ia mungkin akan meminta makanan kecil. Ternyata, makanan dan minuman yang tepat dapat menjaga agar vagina Anda tetap sehat, mengurangi rasa tidak nyaman, mencegah infeksi dan bahkan menghangatkan daerah sekitarnya. 

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dimakan untuk mendapatkan kesehatan vagina yang optimal:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Untuk mengurangi resiko infeksi saluran kencing

Anda mungkin pernah mendengar bahwa jus kranberi yang memabukkan dapat membantu melawan infeksi saluran kencing. Hal tersebut merupakan fakta. Di dalam jus kranberi terdapat kandungan yang membantu menghentikan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang menempel pada jaringan dinding kandung kemih Anda. 

Namun jus kranberi juga mengandung gula, yang berarti Anda mungkin tidak ingin untuk mabuk karenanya setiap hari.

Selain jus kranberi, coba minum teh hijau. Penelitian menunjukkan bahwa katekin pada seduhan teh hijau memiliki efek antimikroba potensial yang dapat membantu melawan infeksi saluran kencing. 

Dengan meminum teh hijau, katekin akan melalui saluran kencing, mengurangi bakteri dan juga mengurangi resiko infeksi kata Carolyn DeLucia, FACOG, MD, ginekologis dan ahli kesehatan seksual wanita pada VSPOT Medi Spa di New York. Minum 2 hingga 3 gelas teh hijau setiap hari dapat menyembuhkan infeksi saluran kencing.

Untuk Kram Perut

Jika menstruasi cenderung datang disertai dengan nyeri pada perut, makan banyak ikan. Kram selama masa menstruasi pada bulan tersebut disebabkan oleh pelepasan komponen peradangan yang disebut dengan hormon prostaglandin. Hormon ini membantu otot uterus untuk berkontraksi dan meluruhkan jaringan. 

Namun asam lemak omega 3 pada ikan seperti pada tuna dan salmon mempercepat komponen anti peradangan yang menurut penelitian disarankan untuk membantu meringankan rasa tidak nyaman tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Untuk mengurangi resiko infeksi bakteri

Vagina yang sehat merupakan rumah bagi banyak laktobasilus. Laktobasilus merupakan salah satu jenis bakteri baik yang membantu jaringan pada vagina Anda menjaga tingkat keasaman atau pH yang sehat. Vagina juga merupakan rumah bagi bakteri seperti candida. Normalnya keasaman dari laktobasilus menjaga bakteri dari berkembang biak tak terkendali. 

Namun bakteri baik ini dapat terkena dampak dari beberapa hal seperti penggunaan antibiotik, menopause, diabetes yang tidak segera ditangani atau bahkan penggunaan pil KB atau terapi hormon. Ketika hal tersebut terjadi, Anda memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi bakteri.

Beruntungnya, makan makanan kaya akan probiotik secara teratur seperti yoghurt tanpa perasa, kimchi, tempe dan miso dapat membuat perbedaan. Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri yang sehat untuk membantu mendorong keseimbangan pH yang sehat dan pertumbuhan bakteri yang sehat.

Untuk vagina yang kering

Kekeringan pada vagina merupakan hasil yang tidak menyenangkan dari berkurangnya kadar hormon estrogen. Hormon ini membantu menjaga jaringan tetap elastis dan terlubrikasi dengan baik. 

Namun saat menopause, melahirkan bayi, menyusui bahkan penggunaan obat-obatan untuk alergi dan demam, semuanya dapat menyebabkan kadar hormon estrogen dalam tubuh Anda menurun sehingga vagina menjadi kering dan terasa tidak nyaman.

Cobalah untuk makan makanan hasil olahan kedelai yang diolah minimal seperti edamame organik, tahu atau tempe. Makanan ini mengandung zat tumbuhan yang mirip estrogen yang disebut isoflavjn kata Delucia. Mereka juga bersifat hidrofilik yang berarti mereka bagus untuk menghasilkan cukup air pada jaringan vagina.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Agar menyenangkan saat di kasur

Satu apel sehari tidak hanya membuat Anda jauh dari dokter. Buah ini juga dapat meningkatkan kekuatan Anda. 

Penelitian yang dipublikasikan di Archives of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa wanita yang makan apel lebih dari satu dalam satu hari memiliki kadar lubrikan dan fungsi seksual yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan apel kurang dari satu sehari.

Hal tersebut bisa terjadi karena apel mengandung floridzin. Floridzin merupakan zat yang mirip dengan hormon seks pada wanita yang disebut dengan estradiol. Selain itu, apel mengandung polifenol yang membantu meningkatkan aliran darah menuju jaringan vagina, sehingga memudahkan wanita mencapai klimaks. 

Bicara mengenai buah-buahan dengan banyak manfaatnya.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Cholangiocarcinoma (bile duct cancer). (http://www.mayoclinic.org/bile-duct-cancer/)
Cholangiocarcinoma (bile duct cancer). (n.d.). (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0001336/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app