Bau Mulut? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bau Mulut? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Halitosis atau kondisi bau mulut dapat menyerang siapa saja. Jika sudah terjadi, mayoritas orang akan lebih rajin menggosok gigi bahkan juga berkumur menggunakan mouthwash atau obat kumur dengan harapan bau mulut dapat hilang. 

Namun, kenyataannya terkadang bau mulut tidak juga hilang. Lantas, apakah sebenarnya yang menyebabkan bau mulut tersebut ? Berikut ini adalah penjelasannya yang dapat Anda simak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Penyebab bau mulut tidak kunjung hilang walaupun sudah menggosok gigi

Makanan yang Anda konsumsi keseharian ternyata juga berperan dalam menyebabkan bau mulut, misalnya ketika Anda baru saja makan jengkol, petai dan durian.

Dengan menggosok gigi, bau mulut yang disebabkan oleh makanan tersebut mungkin bisa teratasi. Tetapi, jika ternyata bau mulut tidak juga hilang, mungkin ada beberapa hal lain yang menyebabkannya, misalnya yaitu :

1. Mulut kering

Mulut yang kering, jumlah air liurnya lebih sedikit, hal inilah yang menyebabkan terjadinya bau mulut.

Air liur/saliva memiliki peranan penting dalam kesehatan gigi, mulut serta nafas. Air liur berfungsi untuk membantu melumatkan makanan dan membilas sisa makanan serta bakteri dari mulut Anda.

Jika tidak terdapat air liur yang memadai di dalam mulut Anda, bakteri serta kuman kemudian bersarang di dalam mulut dan menyebabkan timbulnya bau mulut.

2. Infeksi mulut, hidung/tenggorokan

Dilansir dari Mayo Clinic, penyebab tak kunjung hilangnya bau mulut juga dapat terjadi karena adanya infeksi mulut, hidung, serta tenggorokan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Misalnya, penderita sinusitis, post-nasal drip/sakit tenggorokan karena infeksi bakteri (strep throat) akan mengalami bau mulut.

Bakteri yang menyebabkan infeksi tersebut tersebut nantinya akan memakan lendir yang diproduksi tubuh Anda, yang seharusnya lendir tersebut berfungsi melawan infeksi. 

Maka, muncullah bau busuk yang mengakibatkan nafas dan mulut Anda berbau tidak sedap.

3. Naiknya asam lambung

Bau mulut dapat terjadi karena banyak penyebab seperti masalah pada gigi dan mulut serta juga dari kondisi sistem pencernaan.

Adanya gangguan pencernaan, seperti refluks asam lambung (GERD) ternyata juga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut. 

GERD adalah sebuah kondisi dimana asam lambung naik kembali ke kerongkongan dan akan menyebabkan iritasi pada lapisan tenggorokan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Anda biasanya akan merasa perut mulas dan rasa pahit/asam di mulut saat hal ini terjadi. Selain itu, efek lainnya yang juga muncul adalah adanya bau mulut yang tidak sedap.

4. Obat-obatan tertentu

Jika Anda sedang diberikan resep beberapa obat-obatan tertentu oleh dokter untuk kondisi kesehatan Anda, mungkin hal tersebutlah yang menjadi penyebab bau mulut Anda.

Beberapa jenis obat tertentu memang dapat mengakibatkan timbulnya bau mulut yang tidak sedap, yaitu seperti obat antihistamin, antipsikotik serta obat diuretik

Hadie Rifai, l dokter gigi dari Cleveland Clinic berpendapat bahwa obat-obatan tersebut akan memberikan efek samping seperti mulut yang menjadi kering dan akan memicu timbulnya bau mulut.

Resiko bau mulut tak sedap akan tetap ada jika Anda masih minum obat-obatan tersebut. Termasuk meskipun Anda sudah sering atau rajin menyikat gigi Anda. Namun, jangan berarti Anda jadi malas sikat gigi karena hal ini.

Untuk mengatasi bau mulut ini, sebaiknya Anda tetap rajin menyikat gigi, juga rajin untuk membersihkan lidah menggunakan alat khusus pembersih lidah. 

Anda juga bisa membersihkan lidah menggunakan bagian belakang sikat gigi Anda yang sedikit bergelombang/bergerigi dan dari bahan karet. Hal tersebut mampu membantu mengurangi bau mulut Anda walaupun hanya sementara.

5. Kebiasaan merokok

Jika Anda sudah rajin membersihkan lidah dan menyikat gigi tetapi masih juga merokok, percuma saja. Kebiasaan Anda merokok juga akan mengakibatkan aroma nafas Anda menjadi tidak sedap dan menyebabkan bau mulut tak segar.

Berdasarkan studi yang ada di dalam Hong Kong Medical Journal pada tahun 2004, merokok merupakan salah satu faktor paling umum timbulnya bau mulut. 

Kebiasaan merokok akan menurunkan produksi air liur di dalam mulut Anda yang kemudian mulut menjadi kering. Mulut yang kering, seperti yang dijelaskan sebelumnya, akan meningkatkan jumlah bakteri di dalam mulut Anda.

Selain itu, tembakau dari rokok juga bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit gusi. Paduan mulut kering dan penyakit gusi tersebut akan menjadi penyebab Anda mengalami bau mulut yang tidak sedap, meskipun Anda telah rajin sikat gigi setiap harinya.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bollen CML, et al. Halitosis: The multidisciplinary approach. International Journal of Oral Science. 2012;4:55.
Tongue scrapers only slightly reduce bad breath. Academy of General Dentistry. http://www.knowyourteeth.com/infobites/abc/article/?abc=t&iid=306&aid=3192.
Diagnosing and treating bad breath. Dental Abstracts. 2014;59:203.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app