Bagaimana Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit?

Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 5 menit
Bagaimana Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit?

Ada berbagai macam produk pembersih wajah dengan beragam merk dan fungsinya masing-masing. Maka dari itu, tidak jarang kebanyakan orang menjadi bingung mana pembersih wajah yang cocok untuk kulitnya. Apabila Anda juga mengalami kebingungan dalam memilih produk pembersih wajah, tenang saja kami punya solusinya. 

Sebaiknya Anda mengenali berbagai produk pembersih wajah dan Anda bisa mencocokkannya dengan kebutuhan kulit Anda. Yuk ikuti terus penjelasannya ya. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Sebelum memilih produk pembersih wajah yang cocok untuk Anda, Anda harus mengenal dulu berbagai jenis produk pembersih wajah yang ada di pasaran. Macam-macam produk pembersih wajah antara lain : 

Sabun batangan

Sabun batangan merupakan sabun yang berbentuk batang. Sabun jenis ini bukan sabun yang cocok untuk dijadikan pembersih wajah, karena dapat menyebabkan kulit kering. Hal ini disebabkan karena bahan pembuatan sabun batangan adalah deterjen yang dapat mengikis lapisan kulit, baik lapisan kulit yang baik maupun buruk. 

Jadi, sebaiknya Anda menghindari penggunaaan sabun batangan untuk mencuci muka. Namun, bila dalam keadaan yang benar-benar darurat, sabun batangan jenis tertentu dapat digunakan sebagai pembersih wajah berminyak.

Beauty gadget

Salah satu beauty gadget yang dapat Anda coba untuk membersihkan wajah adalah face brush. Face brush adalah alat pembersih wajah yang berbentuk menyerupai sikat lembut dan terbuat dari bahan dasar silikon medical-grade yang aman bagi kulit karena memiliki sifat antialergi dan antibakteri.

Face brush ini memiliki kelebihan yaitu dapat membersihkan wajah dari kotoran hingga ke pori-pori yang paling dalam, membantu memaksimalkan penyerapan rangkaian skincare Anda, menjaga kesehatan kulit wajah tanpa menyebabkan iritasi, serta dapat mengangkat sisa makeup dan sel kulit mati. 

Selain itu, alat ini juga cocok untuk semua jenis kulit. Namun, Anda tetap harus menyesuaikan intensitas brush-nya ketika membersihkan wajah.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Sabun cair

Sabun cuci muka cair ini merupakan jenis pembersih wajah yang paling umum digunakan dan tahan lama. Bentuknya bermacam-macam, bisa berupa krim, gel, ataupun lotion. Sabun bentuk gel lebih cocok bagi pemilik kulit berminyak atau sensitif. 

Sedangkan sabun cuci muka krim mengandung minyak dan pelembap, sehingga lebih cocok digunakan bagi pemilik kulit normal/kering/kombinasi. Akibat kandungan minyak ini, sabun cuci muka krim ini tidak dapat membersihkan muka sebaik sabun cuci muka gel. 

Anda juga harus berhati-hati dalam memilih sabun cuci muka, karena sabun yang terlihat memiliki formula yang lembut, justru bisa membuat kulit Anda kering ataupun iritasi.

Sabun cair tanpa busa

Sabun cair tanpa busa umumnya berbentuk gel atau lotion. Pembersih wajah jenis ini cocok bagi pemilik kulit wajah sensitif dan rentan eksim. Namun, sabun ini tidak terlalu baik dalam membersihkan wajah dari make up, debu, atau sunscreen, karena sabun ini tidak menghasilkan busa. 

Sabun ini umumnya meninggalkan lapisan tipis pada kulit wajah setelah pemakaian, sehingga sabun ini cocok dipakai di pagi hari atau bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering.

Cleansing balm

Pembersih wajah jenis ini umumnya berbentuk krim atau kertas sekali pakai. Biasanya pembersih ini digunakan untuk menghapus sisa makeup pada orang yang kulitnya sangat kering. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Cleansing balm yang berbentuk krim teksturnya mirip dengan balsem biasa, sedangkan cleansing balm yang berbentuk minyak memiliki komposisi jelly seperti minyak yang teksturnya padat pada suhu ruangan, tapi mencair bila terkena panas tubuh.

Cleansing balm ini sangat cocok untuk menghapus makeup, sunscreen, dan produk wajah anti air (waterproof) lainnya. Setelah pemakaian cleansing balm umumnya akan meninggalkan sisa-sisa minyak pada wajah, tapi Anda dapat membersihkannya lagi.

Micellar water

Micellar water merupakn produk pembersih wajah yang memiliki tekstur seperti air. Pembersih ini sangat cocok untuk Anda pemilik kulit senstif dan mudah iritasi. Untuk menggunakan micellar water, Anda bisa menggosok lembut kapas pembersih yang sudah dibasahi dengan micellar water ke wajah. Setelah itu, segala jenis kotoran dan sisa makeup yang akan terangkat dan menempel pada kapas. 

Anda tidak perlu membilas wajah setelah memakai micellar water. Anda cukup mengeringkan wajah Anda dengan handuk bersih atau tisu, dan bisa dilanjutkan dengan mencuci muka serta perawatan wajah lainnya.

Minyak pembersih (cleansing oil)

Ada berbagai macam produk minyak pembersih atau cleansing oil yang ada di pasaran. Namun, Anda bisa juga menggunakan minyak alami seperti minyak canola. minyak jojoba, atau minyak zaitun untuk menghapus sisa makeup dan sunscreen yang tidak bisa dibersihkan oleh pembersih biasa.

Anda bisa mengoleskan 1-2 tetes minyak ke seluruh bagian wajah Anda, digosok-gosok sebentar, lalu dibilas dengan air hangat suam-suam kuku. Bila Anda menggunakan cleansing oil komersial, hasil bilasan akan berubah menjadi berwarna putih susu. Minyak pembersih komersial bisa bersih hanya dengan dibilas air karena memiliki kandungan emulsifier.

Produk minyak pembersih, baik yang alami maupun komersial lebih cocok digunakan untuk Anda yang memliki kulit kering, normal, ataupun kombinasi, karena cleansing oil ini akan  meninggalkan sedikit lapisan minyak di wajah dan dapat berfungsi sebagai pelembap.

Pembersih bebas sabun (soap free)

Pembersih bebas sabun (soap free) adalah jenis pembersih yang tidak mengandung  sodium lauryl sulfate atau sodium laureth sulfate. Diciptakan jenis pembersih yang tidak mengandung sabun ini karena sabun dapat menyebabkan iritasi bagi sebagian orang. 

Selain itu, pembersih bebas sabun ini juga dibutuhkan bagi Anda yang akan menjalani chemical peel. Dengan memakai pembersih bebas sabun beberapa hari sebelum proses chemical peel dapat lebih mempersiapkan kulit Anda dan menyebabkan proses peel lebih efektif.

Obat-obatan

Pembersih yang mengandung obat-obatan cenderung bersifat keras, sehingga tidak cocok bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat. Apabila kulit waja Anda berjerawat, Anda bisa membersihkan wajah dengan pembersih lembut, dan dilanjutkan dengan menggunakan produk perawatan jerawat setelahnya. 

Contoh pembersih yang bersifat lembut dan cocok untuk klit berjerawat adalah pembersih yang mengandung asam salisilat untuk membuka pori-pori atau benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri. Biasanya pembersih yang cocok untuk kulit berjerawat adalah berbentuk sabun cair. 

Itulah berbagai macam produk pembersih wajah yang ada di pasaran. Lalu, Anda harus memilih produk yang seperti apa? Untuk memilih pembersih wajah terbaik dan cocok untuk Anda, sebaiknya Anda memilih produk yang membuat kulit wajah Anda nyaman. 

Selain itu, lebih baik unuk memilih pembersih wajah dengan formula yang lebih ringan. Pembersih wajah yang Anda pilih juga harus sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Berikut tipsnya untuk Anda.

Kulit kering.

Apabila kulit Anda cenderung kering, Anda sebaiknya menghindari pembersih wajah yang berbentuk foam cleanser dan pilih jenis pembersih wajah krim yang dapat melembapkan kulit wajah Anda.

Kulit berminyak

Apabila kulit Anda cenderung berminyak, Anda bisa menggunakan foam cleanser dan beauty gadget facial cleansing brush untuk memaksimalkan pengangkatan minyak dan kotoran di wajah Anda.

Kulit sensitif

Bila Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya hindari pembersih wajah yang mengandung parfum, asam, pewarna, dan bahan-bahan keras lainnya. 

Kulit berjerawat

Apabila Anda mudah sekali berjerawat, sebaiknya Anda menghindari penggunaan sabun pembersih yang bersifat mengeringkan dan pilihlah pembersih yang lembut dan memiliki formula deep cleansing.

Kulit ekstra kering

Jika kulit Anda sangat kering, Anda sebaiknya menggunakan pembersih berbentuk cair dan berbahan dasar minyak.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Best Facial Wash for Your Skin Type. Health.com. (https://www.health.com/beauty/the-best-facial-wash-for-your-skin-type)
Choosing the Best Facial Cleanser for Your Skin. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/facial-cleanser-options-1069217)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app