Cara Merawat Rambut Keriting Alami

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Merawat Rambut Keriting Alami

Rambut keriting alami yang cenderung ikal atau bahkan keriting yang tebal, memang jadi ‘tantangan’ tersendiri bagi yang memilikinya. Seringkali, rambut keriting ini diperlakukan dengan cara diluruskan hanya supaya bisa lebih mudah diatur dan agar rambut lebih menurut.

Cara Merawat Rambut Keriting

Namun, memaksa rambut keriting alami menjadi lurus lama-kelamaan akan membuat rambut kehilangan keindahan alaminya. Anda tidak perlu meluruskan rambut hanya karena alasan rambut susah diatur atau membuat Anda lebih percaya diri. Rawatlah rambut keriting Anda dengan cara ini: 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

1. Lakukan perawatan mingguan

Satu-satunya jalan untuk ‘menjinakkan’ rambut yang sulit diatur karena berjenis keriting adalah dengan melakukan perawatan rutin setiap minggu. Dengan melakukan perawatan rutin dengan bahan-bahan alami atau produk rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda, hasilnya akan terlihat membaik hanya dalam dua minggu saja. 

2. Lakukan riset mengenai jenis sampo dan kondisioner yang paling baik bagi rambut Anda dan gantilah produk lama Anda

Jika Anda tidak melakukan perubahan pada produk yang Anda gunakan terus-menerus, maka Anda juga tidak akan melihat perubahan yang signifikan pada rambut Anda yang sulit diatur. Jangan ragu untuk melakukan percobaan produk hingga menemukan yang paling tepat.

3. Sisir dan sikat rambut Anda saat mandi

Trik ini bekerja cukup ampuh bagi pemilik rambut keriting yang rapat dan jika ditumbuhkan akan cenderung menjadi keriting kribo. Jangan mengeringkan rambut baru menyikatnya, lakukanlah sekaligus saat sedang mandi dan setelah mencuci rambut. Dengan melakukan hal ini, rambut Anda tetap terawat dengan disikat dan tidak terpisah-pisah hingga menjadi berantakan.

4. Jangan menggunakan blow dry

Blow dryer atau alat pengering rambut merupakan hal yang sebaiknya Anda batasi bahkan hindari penggunaannya. Keringkan rambut keriting Anda hanya dengan handuk. Rambut yang dikeringkan menggunakan blow dry hanya akan merusak rambut Anda dan tidak ada efek positifnya bagi rambut keriting. Tundukkan kepala Anda agar rambut terjuntai lalu keringkan dengan handuk tanpa menggaruk rambut. Jika Anda perlu menggunakan blow dryer, gunakan panas yang paling rendah.

5. Sebisa mungkin, hindari mewarnai rambut keriting alami

Rambut keriting alami merupakan jenis rambut yang paling cocok mendapatkan perlakuan alami karena sifat rambut yang kering dan kasar. Jangan mewarnai atau mem-bleaching rambut sama sekali karena hal ini akan merusak keriting alami serta membuatnya kaku dan kasar lebih daripada seharusnya. Pertahankan warna asli rambut agar keriting alaminya berada dalam kondisi paling prima tanpa terpapar bahan-bahan kimia. 

6. Temukan penata rambut yang paling cocok bagi rambut keriting Anda

Tahu sifat rambut Anda dan tahu bagaimana mengatur modelnya adalah dua persyaratan yang harus dimiliki oleh orang yang Anda percayakan untuk mengatur, merapikan dan memotong rambut Anda. Memotong dan memberikan model yang sesuai bagi pemilik rambut keriting alami bukanlah pekerjaan mudah, karenanya, pastikan Anda memilih penata rambut yang tepat. 

Jangan ragu untuk mencoba tatanan rambut yang memang dikhususkan untuk pemilik rambut keriting. Keindahan alami rambut keriting haruslah menjadi kesempatan bagi Anda bereksperimen, dan tidak membatasi pilihan gaya tatanan rambut Anda.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Expert Answers to Your Curly Hair Questions. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/beauty/features/expert-a-beauty-q-curly-hair#1)
Types of Hair: How to Style and Care for Your Hair Type. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/types-of-hair)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app