Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Dipublish tanggal: Feb 20, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Cara menghilangkan Bau Ketiak

Siapa yang akan merasa percaya diri bila mempunyai bau badan yang sangat mengganggu. Rasanya tidak ada seorangpun yang ingin memiliki ketiak berkeringat dengan bau yang menyengat dan tidak sedap.

Akan sangat memalukan rasanya bagi Anda  ketika Anda harus pergi berkencan dengan kekasih Anda atau menghadiri acara pesta di rumah teman Anda dengan bau ketiak yang tak tertahankan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Asupan minuman berkafein, konsumsi obat-obatan tertentu, makan makanan pedas, pakaian ketat, dehidrasi, stres, dan konsumsi alkohol, pola makan yang buruk, perubahan hormonal, pubertas, cuaca panas, latihan berat, dan lain-lain adalah beberapa pemicu yang menyebabkan terjadinya bau tak sedap pada ketiak. 

Terkadang, pada kebanyakan orang walaupun sudah menggunakan deodoran yang kuat, bau tak sedap pada ketiak masih tidak hilang-hilang . Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menghilangkan bau ketiak Anda. Selamat membaca!

1. Cuka Apel

Cuka sari apel bisa dianggap sebagai obat ajaib dalam mengatasi bau ketiak . Dikarenakan cuka apel dapat digunakan sebagai alternatif pengganti deodoran. Sifat anti bakteri yang terdapat dalam cuka apel dapat melawan pertumbuhan bakteri. Tuangkan beberapa cuka sari apel ke dalam mangkuk. Celupkan kapas ke dalamnya dan usapkan pada ketiak Anda. Hal ini akan mengurangi pH di kulit, sehingga dapat membasmi bau ketiak Anda. Sebagai alternatif, semprotkan dengan mengisi air dan cuka sari apel bersamaan di dalam sebuah botol semprot. Atau, basuh ketiak Anda dengan cuka apel saat mandi.

2. Lemon

Sifat asam pada lemon membantu membunuh bakteri penyebab bau ketiak. Lemon juga dikenal untuk mengubah kadar pH kulit. Iris lemon dan gosok perlahan pada ketiak Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31
  • Atau, peras air lemon dari 1-2 lemon segar . Terapkan langsung di bawah lengan Anda untuk menghilangkan bau dan warna gelap pada ketiak Anda.
  • Sebagai alternatif, tuangkan beberapa jus lemon ke handuk bersih dan gosok perlahan ketiak Anda setelah mandi. Tambahkan beberapa jus lemon ke dalam secangkir air. Gunakan sebagai semprotan alami atau deodoran di bawah lengan Anda.

3. Bubuk soda kue

Baking soda adalah obat yang efektif untuk menyembuhkan bau ketiak. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan jus lemon. Aduk dengan baik dan oleskan pada ketiak Anda. Diamkan untuk beberapa saat ,lalu bilas dengan air bersih. Pilihan lainnya adalah mencampur sedikit tepung maizena dengan baking soda dan oleskan di bawah lengan untuk menyerap keringat yang berlebihan. Atau, siapkan soda kue dengan menambahkan sedikit air ke dalamnya. Terapkan di bawah ketiak setelah mandi. Untuk mendapatkan aroma yang lebih menyenangkan, tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh.

4. Air mawar

Air mawar adalah salah satu bahan yang dapat juga digunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Oleskan beberapa air mawar di bawah lengan Anda, yang mana air mawar ini dapat menghilangkan bau pada  daerah ketiak Anda. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes air mawar ke bathtub Anda untuk kesegaran yang tahan lama.

5. Tawas

Tawas juga bisa digunakan sebagai deodoran alami. Tuangkan sedikit air ke sepotong tawas. Gosok perlahan tawas ke ketiak Anda untuk beberapa menit. Tawas Ini akan menjadi kering dengan sendirinya.

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Gunakan hanya sisi tumpul pada potongan tawas untuk menggosok pada ketiak Anda.

6. Bedak bayi

Aroma lembut bedak bayi dapat membantu menghilangkan bau ketiak. Oleskan beberapa bedak bayi di bawah ketiak Anda untuk mengurangi bau busuk pada ketiak Anda.

7. Minyak lavender

Minyak lavender adalah minyak esensial yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Minyak lavender juga sangat bermanfaat dalam menghilangkan bau ketiak. Anda hanya perlu menggosok beberapa tetes minyak lavender di bawah lengan Anda.

Anda juga bisa menyiapkan semprotan dengan minyak lavender alami. Tuangkan air ke dalam botol semprot. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalamnya. Kocok dan semprotkan di ketiak Anda untuk menghilangkan bau.

Selain beberapa cara diatas yang mungkin bisa Anda dapatkan dan lakukan di rumah, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan di keseharian Anda untuk terhindar dari bau tak sedap pada ketiak:

  • Minum banyak air untuk menghindari dehidrasi
  • Pertahankan diet seimbang yang sehat, termasuk sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan biji-bijian
  •  Konsumsilah makanan yang kaya akan klorofil
  •  Mandi secara teratur dengan sabun anti bakteri
  •  Gunakan deodoran yang kuat untuk mengurangi bau kurang sedap pada ketiak
  •  Pakailah pakaian yang menyerap keringat
  •  Ganti dan cuci pakaian Anda secara teratur
  • Cukur ketiak Anda secara teratur
  • Simpanlah pakaian Anda di lemari yang bersih dan luas
  • Oleskan minyak kelapa extra virgin di ketiak Anda
  • Cobalah untuk tetap berada di lingkungan ber-AC
  • Hindari atau kurangilah makanan yang dapat merangsang bau ketiak tak sedap, seperti bawang putih, cabai, ikan, bawang merah, daging merah, dll
  •  Jangan minum minuman berkafein dan alkohol
  • Jauhkan diri Anda dari hal-hal yang memicu stress
  • Hindari merokok

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lam, T.H., Verzotto, D., Brahma, P. et al. Understanding the microbial basis of body odor in pre-pubescent children and teenagers. Microbiome 6, 213 (2018). https://doi.org/10.1186/s40168-018-0588-z. Microbiome. (https://microbiomejournal.biomedcentral.com/articles/10.1186/s40168-018-0588-z)
Sweating and Body Odor Care and Treatment. Cleveland Clinic. (https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17865-sweating-and-body-odor/care-and-treatment)
Why You Have Body Odor and How to Smell Sweeter. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/what-causes-body-odor-4154534)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app