Apakah Kanker Tulang Bisa Sembuh?

Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apakah Kanker Tulang Bisa Sembuh?

Kanker tulang sangat jarang terjadi pada orang dewasa. Kondisi ini dimulai di sel-sel yang membentuk tulang. Kanker dimulai ketika sel-sel mulai tumbuh di luar kendali. Sel-sel di hampir semua bagian tubuh dapat menjadi kanker, dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Tumor tulang berkembang ketika sel-sel dalam tulang membelah tanpa terkendali, membentuk benjolan atau massa jaringan abnormal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Mengenai tumor jinak 

Sebagian besar tumor tulang tidak bersifat kanker (jinak). Tumor jinak biasanya tidak mengancam jiwa dan, dalam banyak kasus, tidak akan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Bergantung pada jenis tumornya, pilihan perawatannya beragam, mulai dari observasi sederhana hingga operasi untuk mengangkat tumor.

Beberapa tumor yang dimulai di tulang adalah jinak (bukan kanker). Tumor jinak tidak menyebar ke jaringan dan organ lain dan biasanya tidak mengancam jiwa. Jenis kanker tersebut dapat disembuhkan dengan operasi. 

Jenis-jenis tumor tulang jinak diantaranya: 

  • Osteoid osteoma
  • Osteoblastoma
  • Osteochondroma
  • Enchondroma
  • Fibroma kondromieksoid

Mengenai tumor ganas

Beberapa tumor tulang bersifat kanker (ganas). Tumor tulang ganas dapat bermetastasis atau menyebabkan sel kanker menyebar ke seluruh tubuh. Dalam hampir semua kasus, pengobatan untuk tumor ganas melibatkan kombinasi kemoterapi, radiasi, dan pembedahan.

Kanker metastasis terjadi akibat penyebaran sel kanker ke organ tubuh lainnya. Kondisi dapat terjadi dengan berbagai jenis kanker lanjut, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru-paru. Ketika sel-sel kanker di tulang dilihat di bawah mikroskop, mereka terlihat seperti jaringan tempat mereka berasal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Jika seseorang memiliki kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang, sel-sel kanker di tulang terlihat dan bertindak seperti sel-sel kanker paru-paru. Mereka tidak terlihat atau bertindak seperti sel kanker tulang, meskipun lokasi awal ada di tulang. 

Karena sel-sel kanker ini masih bertindak seperti sel-sel kanker paru-paru, mereka perlu dirawat dengan obat-obatan yang digunakan untuk kanker paru-paru.

Beberapa jenis tumor ganas diantaranya:

Osteosarkoma

Osteosarkoma (juga disebut sarkoma osteogenik) adalah kanker tulang primer yang paling umum. Dimulai di sel-sel tulang. Ini paling sering terjadi pada orang muda antara usia 10 dan 30, tetapi sekitar 10% dari kasus osteosarkoma berkembang pada orang berusia 60-an dan 70-an.

Chondrosarcoma 

Chondrosarcoma dimulai dalam sel tulang rawan. Ini adalah kanker tulang primer kedua yang paling umum. Ini jarang terjadi pada orang yang lebih muda dari 20 tahun. Setelah usia 20 tahun, risiko terkena chondrosarcoma meningkat hingga sekitar usia 75 tahun. Wanita terkena kanker ini sesering pria.

Tumor Ewing 

Sebagian besar tumor Ewing berkembang dalam tulang, tetapi dapat mulai pada jaringan dan organ lain. Lokasi yang paling umum untuk kanker ini adalah panggul, dinding dada (seperti tulang rusuk atau tulang belikat), dan tulang panjang kaki atau lengan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Terapi dan penyembuhan kanker tulang

Kanker tulang yang ganas tentu sulit disembuhkan secara total. Tetapi beberapa pilihan terapi banyak membantu mengurangi penyebaran atau metastasis ke organ lainnya dan sebaliknya. 

Jenis tindakan diawali dengan beberapa jenis pemeriksaan seperti X-ray, Magnetic Resonance Imaging (MRI), atau biopsi melalui needle biopsy untuk mengangkat jaringan tumor untuk memeriksa jenis tumor, atau open biopsy. 

Jenis terapi pada kasus kanker tulang meliputi Pengobatan tergantung pada beberapa faktor, termasuk stadium kanker. Jika kanker terlokalisir, sel-sel kanker terkandung ke tumor dan daerah sekitarnya langsung. 

Ketika kanker telah mencapai tahap metastasis, kanker telah menyebar di tempat lain di tubuh dan mungkin lebih serius dan lebih sulit disembuhkan.

Beberapa metode untuk mengobati tumor tulang ganas diantaranya :

Terapi radiasi

Terapi radiasi menggunakan sinar-X dosis tinggi untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor. Cara Ini hanya mengobati kanker di area pancaran, namun tidak mengobati kanker di tempat lain di tubuh.

Kemoterapi (perawatan sistemik)

Kemoterapi sering digunakan untuk membunuh sel-sel tumor ketika mereka telah menyebar ke aliran darah tetapi belum dapat dideteksi pada tes dan scan. Ini umumnya digunakan ketika tumor kanker memiliki peluang penyebaran yang sangat tinggi. 

Kemoterapi biasanya diberikan secara intravena (disuntikkan ke pembuluh darah) atau dalam pil atau kapsul. 

Pembedahan

Teknik pembedahan dilakukan secara variatif melalui kombinasi baik dengan kemoterapi atau terapi radiasi dilihat dari lokai, jenis kanker, atau kondisi lain yang dapat berpengaruh pada fisiologis organ terkait. 

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bone Cancer: Overview and More. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/bone-cancer-overview-513735)
Childhood Bone Cancer. American Childhood Cancer Organization. (Accessed via: https://www.acco.org/bone-cancer/)
Bone Tumor: Types, Causes, and Symptoms. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/bone-tumors)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app