Ampuhkan Kunyit Untuk Jerawat?

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ampuhkan Kunyit Untuk Jerawat?

Tidak hanya menjadi rempah yang berguna dalam memasak, kunyit juga merupakan rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk masalah kulit.

Dalam dunia kecantikan, kunyit banyak digunakan sebagai masker yang dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat yang muncul. Namun, apakah kunyit benra-benar ampuh dalam menghilangjkan jerawat di wajah Anda? 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kandungan kunyi dan manfaatnya 

Tanaman khas Asia dengan warna kuning-oranye ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari gangguan pencernaan hingga radang sendi.

Dalam pengobatan tradisional, kunyit digunakan untuk mengtasi berbagai macam masalah kulit, seperti ruam popok, psoriasis, dan jerawat. Lalu, sebenarnya apa yang terkandung dalam kunyit hingga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan di atas? 

Dalam kunyit, terkandung salah satu komponen aktif yang memilki banyak manfaat, termasuk sifat antiradang yaitu kurkumin. Tidak hanya kurkumin, kunyit juga mengandung antioksidan dan sifat antipenuaan yang berguna untuk mengobati radang sendi, diabetes, dan penyakit Alzheimer.

Walaupun kunyit menjadi tanaman tradisional yang sering diteliti, masih diperlukan berbagai penelitian lanjutan guna mengetahu kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, termasuk jerawat. 

Ampuhkan menggunakan kunyit untuk menyembuhkan jerawat? 

Siapapun tidak ingin mengalami masalah kulit yang satu ini. Jerawat merupakan satu hal yang harus dihindari bagi banyak orang. Dalam mengatasi hal ini, kunyit termasuk salah satu bahan alami yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Zat antiradang yang terkandung dalam kunyit diklaim dapat mengusir jerawat. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Peradangan yang terjadi pada jerawat disebabkan oleh bakteri Propionibacteria acnes (P. acnes). Di lansir dari Verywellhealth, sebuah penelitian menemukan bahwa kurkumin dapat membunuh bakteri P. acnes jauh lebih baik daripada obat jerawat asam azelaic.

Penelitian ini dilakukan di laboratorium dan menggunakan kulit hewan sebagai bahan penelitian. Meskipun ampuh membunuh jerawat pada kulit hewan, tidak menjadi patokan bahwa kurkumin juga dapat mengatasi masalah jerawat yang ada pada manusia.

Untuk itu, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah kunyit dapat memerangi bakteri penyebab jerawat pada kulit manusia. 

Dalam menggunakan kunyit sebagai obat jerawat, sebaiknya Anda tidak langsung mengaplikasikannya ke kulit wajah. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa hal tersebut dapat menyebabkan dermatitis kontak.

Kulit bisa saj mengalami kemerahan, gatal, dan melepuh saat menggunakan kunyit. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan uji kecocokan dengan mengaplikasikan kunyit di bawah lengan selama 24 hingga 48 jam.

Apabila terjadi reaksi negatif, maka Anda tidak disarankan untuk menggunakan kunyit. Perlu Anda ingat, meskipun merupakan bahan alami, tidak berarti bahwa kunyit tidak akan menimbulkan reaksi negatif pada tubuh NAda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Lalu, bolehkan menngunakan kunyit untuk mengatasi jerawat? 

Anda bisa saja menggunakan kunyit untuk mengatasi jerawat karena terdapat antiradang didalamnya. Akan tetapi, jangan menggunakan kunyit sebagai bahan utama dalam perawatan.

Anda bisa mengikuti beberapa cara dibawah dalam menggunakan kunyit sebagai obat jerawat.

Memasukkan kunyit dalam makanan 

Kunyit bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit dengan dicampurkan dalam masakan. Masakan berbumbu dasar kunyit seoerti kari, sup, dan pepes bisa menjadi alternatif makanan yang bisa Anda konsumsi. 

Minum teh kunyit 

Cara lain untuk mengonsumsi kunyit adalah dengan minum teh kunyit. Gunakanlah teh instan kemasan yang mengandung kunyit atau dengan membuatnya sendiri untuk mendapatkan manfaat kunyit bagi kesehatan.

Anda bisa menambahkan madu dan bahan lain dalam teh sesuai selera Anda. 

Mengonsumsi suplemen kunyit 

Apabila Anda menginginkan sesuatu yang praktism tanpa membuang tenaga, Anda bisa mengonsumsi suplemen kunyit. Akan tetapi, Anda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk memastikan keamanannya.

Hal ini perlu dilakukan karena kurkumin dapat menimbulkam reaksi negatif pada obat-obat tertentu dan dapat menyebabkan sakit perut apabila dikonsumsi dalam dosis yang besar. 

Menggunakan msker kunyit 

Tidak hanya dikonsumsi, kumyit dapat dioleskan langsung ke kulit Anda untuk mendapatkan manfaatnya. Meskipun sudah banyak produk yang mengandung kunyit dan obat jerawat, Anda bisa membuat masker kunyit sendiri di rumah.

Tambhkan berbagai bahan yang mampu menenangkan kulit berjerawat dalam masker Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app