8 Bahan Alami Ampuh Mengatasi Sakit Dada

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Bahan Alami Ampuh Mengatasi Sakit Dada

Mengalami rasa sakit pada bagian dada atau sesak napas menjadi hal yang umum terjadi da hampir semua orang mengalaminya. Sesak napas tidak hanya menyerang pada orang dewasa saja, akan tetapi anak-anak hingga lansia pun juga bisa mengalaminya. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda tidak perlu datang ke dokter, karena Anda bisa melakukan pengobatannya menggunakan bahan alami.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Melalui bahan alami yang Anda gunakan tersebut, Anda tidak akan mendapatkan efek samping apa pun. Selain lebih murah, ke 8 bahan alami seperti berikut pun juga bisa menyembuhkan sesak napas hanya dalam 2 hari saja. Untuk mengobati rasa sesak napas tersebut, Anda bisa menggunakan 8 bahan alami berikut ini:

Membuat jus lemon dan bawang

Bawang memiliki kandungan berupa quercetin dan belerang yang dapat memecahkan lendir. Anda bisa mengobati sesak napas menggunakan jus lemon dan bawang dengan cara memblender perasan lemon dan bawang dengan ditambahkan air sedikit dan madu setengah sendok teh. 

Setelah itu, hangatkan kemudian minumlah 3 kali dalam sehari. Dalam 2 hari, rasakan perubahannya.

Bahan alami yang memiliki warna kuning seperti kunyit

Bahan dapur yang memiliki aroma khas seperti kunyit dapat digunakan untuk mengatasi batuk, nyeri maupun dada yang sesak. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan senyawa aktif berupa kurkumin yang dapat mengatasi sakit pada dada. Untuk mengkonsumsi nya Anda bisa menambahkan bubuk kunyit dalam air hangat dan menggunakannya untuk berkumur 3 kali dalam sehari.

Gunakan kompresan es untuk meregangkan otot di dada

Dada yang terasa sakit bisa disebabkan otot yang menegang. Untuk meregangkan otot dada, Anda bisa menggunakan kompresan es 3 kali dalam sehari. Melalui cara inilah yang aka meregangkan otot yang tegang, terutama pada bagian dada.

Cuka apel dengan campuran air

Cuka dapat menimbulkan rasa mulas ketika diminum, namun cuka apel dapat menangani permasalahan pada dada yang sakit dikarenakan asam lambung yang mengalami kenaikan. Senyawa dalam cuka apel berupa asam asetat dapat mendorong kenaikan asam di perut dan membantu untuk menghaluskan sekaligus melancarkan pencernaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Konsumsi kopi hitam 1 kali dalam sehari

Mengkonsumsi kopi hitam 1 kali dalam sehari dapat menjauhkan Anda dari permasalahan dada yang sesak. Cukup dengan satu cangkir kopi hitam dalam sehari, Anda bisa mengatasi permasalahan yang ada dalam pernafasan. Sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi hitam secara berlebih, karena dapat menimbulkan dampak buruk terhadap denyut jantung dan tekanan darah yang semakin tinggi.

Konsumsi kacang almond secukupnya

Kacang almond dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit pada dada yang disebabkan karena permasalahan pada lambung. Kandungan kacang almond bisa digunakan untuk meringankan terhadap gejala rasa nyeri pada bagian dada akibat asam lambung yang mengalami kenaikan. Kandungan lemak dalam kacang dapat menurunkan asam lambung lebih cepat.

Teh jahe sebagai anti peradangan

Teh jahe memiliki kandungan polifenol yang dapat membuat sekresi lendir berhenti.  Jahe juga dianggap sebagai bumbu dapur yang berkhasiat untuk anti peradangan. Untuk menghilangkan rasa sakit pada bagian dada, Anda bisa menambahkan jahe pada teh dan menambahkan sedikit madu.

Jus lemon dengan madu

Menyembuhkan rasa sakit pada dada dengan jus lemon yang ditambahkan madu dapat memberikan penyembuhan dalam waktu yang lebih singkat yaitu hanya dengan 2 hari saja.

Biasanya rasa sakit pada dada ditandai dengan gejala batuk, sesak napas, nyeri pada bagian dada dan pusing. Dengan ke 8 pengobatan alami seperti di atas dapat memberikan penyembuhan dalam waktu yang singkat.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zeb, I., Ahmadi, N., Nasir, K., Kadakia, J., Larijani, V. N., Flores, F., Budoff, M. J. (2012, July-September). Aged garlic extract and coenzyme Q10 have favorable effect on inflammatory markers and coronary atherosclerosis progression: A randomized clinical trial. Journal of Cardiovascular Disease Research, 3(3), 185-190 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3425023/)
Yates, B. (n.d). Holy basil: An overview of the research and clinical indications (http://www.gaiaherbs.com/uploads/1596_HPR_HolyBasil_ResearchPaper-1371567034.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app