HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak pernah mendengar bahan makanan yang satu ini? Walaupun sering mendengarnya namun belum tentu Anda bisa membedakannya dengan kunyit. Yang membedakan keduanya adalah warna dan aromanya, warna temulawak cenderung kuning dan kunyit berwarna orange. 

Temulawak juga sering di jumpai dalam bentuk jamu dan serbuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Temulawak,memang merupakan bahan makanan yang masih memiliki hubungan dengan jahe dan kunyit, namun penggunaannya dalam mengolah makanan agak kurang diminati karena rasanya yang pahit. 

Umumnya temulawak digunakan sebagai salah satu bahan ramuan alami/jamu yang kerap digunakan untuk menambah nafsu makan. Temulawak bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran. 

Walaupun temulawak dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, temulawak dinilai menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh Anda.

Walaupun rasanya kurang lezat, temu lawak dipercaya memiliki efek farmakologi  sebagai hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti usus), laxative (pencahar), dan menghilangkan nyeri sendi

Manfaat lain temulawak adalah untuk meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah pada tubuh.

Walaupun belum ada penelitian secara klinis yang membuktikan bahwa efek-efek temulawak seperti di atas 100% benar, namun penggunaan temulawak dalam jamu yang telah terbukti selama puluhan tahun tidak diragukan lagi. Berikut beberapa manfaat temulawak yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan Anda:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Mengatasi masalah pada sistem pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama adalah merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Tentu saja hal ini membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, menurut para ahli, temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi perut yang kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar, dan meningkatkan nafsu makan.

Sebuah studi yang  dipublikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology meminta pasien yang mengalami peradangan usus untuk mengonsumsi temulawak setiap harinya. 

Hasilnya, kelompok pasien tersebut mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan kelompok pasien yang tidak mengonsumsi temulawak.

Meningkatkan stamina

Manfaat temulawak yang kedua adalah temulawak juga bisa Anda jadikan alternatif untuk memperkuat stamina. Temulawak yang dicampur dengan kunyit akan membuat tubuh Anda lebih bersemangat dan tidak gampang capek. Hal ini karena temulawak punya tonikum yang dapat mencegah tubuh agar tidak mudah lelah.

Menurunkan demam dan menghilangkan nyeri

Kandungan kurkumin pada temulawak dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan demam dan menghilangkan nyeri seperti pegal-pegal, kelelahan, sakit kepala, dan Sindrom sebelum haid. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Walaupun tidak ada penelitian klinis yang membuktikan khasiat temulawak yang satu ini, tapi dengan meminum jamu yang mengandung temulawak dan kunyit saat Anda demam maupun kelelahan akan terasa sekali manfaatnya.

Manfaat temulawak untuk wajah.

Manfaat temulawak adalah untuk menghaluskan kulit. Bahan alami yang terkandung dalam Temulawak berfungsi untuk mengikis sel kulit mati yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak terawat. 

Cara menggunakannya juga terbilang sederhana, kamu tinggal menempelkan irisan temulawak segar pada wajah. Dengan pemakaian rutin, kulit akan terasa lebih halus dan lembab.

Selain itu masker temulawak juga dipercaya mampu menghilangkan jerawat karena temulawak memiliki properti anti-bakteri dan anti-radang yang dapat mengendalikan pertumbuhan jerawat.

Yang perlu kamu ketahui dalam mengkonsumsi Temulawak

Walaupun di Indonesia khasiat temulawak sudah tidak diragukan lagi, perlu diingat belum bukti ilmiah yang kuat yang membuktikan khasiat temulawak dalam menangani kondisi-kondisi seperti diatas

Disarankan untuk tidak mengonsumsi obat herba ini melebihi 18 minggu. Selain itu, perlu diketahui bahwa penggunaan dalam jangka waktu panjang berpotensi menimbulkan mual dan iritasi pada perut.

Konsumsi temulawak juga sebaiknya dihindari kelompok tertentu, seperti wanita hamil dan menyusui, karena efek sampingnya pada kelompok ini belum diketahui secara pasti.

Jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang Anda minum setiap hari, sebaiknya konsultasikan lebih dulu kepada dokter dan patuhi aturan pemakaian.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ginger: Benefits, Side Effects, Dosage, Interactions. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/health-benefits-of-ginger-89213)
The Amazing and Mighty Ginger. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92775/)
Ginger: Health Benefits & Side-Effects. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/ginger-uses-and-risks#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app