Kenali Akantosis Nigrikans Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: Apr 2, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 431.962 orang

Jika Anda mengalami masalah obesitas (kelebihan berat badan), kemungkinan besar Anda akan menemukan bagian kulit yang berwarna lebih gelap pada daerah daerah lipatan, khususnya pada leher Anda. Kondisi ini disebut dengan Akantosis Nigrikans.

Apa itu Akantosis Nigrikans?

Akantosis Nigrikans adalah gangguan pigmentasi kulit yang cukup sering terjadi. Tanda khas dari akantosis nigrikans adalah bercak gelap pada kulit dengan tekstur tebal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Akantosis Nigrikans itu sendiri bukan merupakan penyakit kulit yang berbahaya, tetapi Akantosis Nigrikans dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius, seperti prediabetes.

Apa penyebab munculnya Akantosis Nigrikans?

Kelainan kulit seperti yang terjadi pada Akantosis Nigrikans biasanya terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Akantosis nigrikans seringkali menghilang seiring dengan penurunan berat badan.

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya penggunaan pil KB atau terapi hormon juga dapat menyebabkan akantosis nigrikans.

Seringkali Akantosis Nigrikans juga dikaitkan dengan dengan orang yang memiliki diabetes tipe 2 atau ditemukan pada orang-orang yang berisiko menderita diabetes tipe 2.  Dalam kasus ini, Akantosis Nigrikans itu sendiri tidak berbahaya. Tetapi bisa menjadi tanda bagi dokter untuk melakukan pemeriksaan diabetes atau masalah kesehatan lainnya.

Hampir 75% anak-anak dengan diabetes tipe 2 memiliki kelainan kulit akantosis nigrikans, menurut American Diabetes Association. Bagi banyak orang dengan diabetes, Akantosis Nigrikans dapat dihilangkan dengan cara mengatur kadar gula darah dan menjaga berat badan.

Selain itu, akantosis nigrikans juga dapat disebabkan oleh faktor kelainan hormon (hipotiroidisme, penyakit Addison), faktor penyakit kanker (limfoma atau tumor-tumor pada lambung, hati, dan kolon) serta kelainan kelenjar hipofisis pada otak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Gejala Akantosis Nigrikans

Bagian kulit yang mengalami penebalan dan perubahan warna juga mungkin gatal atau berbau

Akantosis Nigrikans mungkin muncul di lipatan kulit dan area lainnya, seperti ketiak, lipatan paha, leher, siku, lutut, sela-sela jari, ruas-ruas jari, bibir, telapak tangan, telapak kaki dan daerah lipatan lainnya.

Akantosis Nigrikans dan Diabetes Melitus

Pemicu yang paling sering untuk acanthosis nigricans adalah terlalu banyak insulin dalam aliran darah Anda. Ketika Anda makan, tubuh Anda mengubah karbohidrat menjadi molekul gula seperti glukosa

Beberapa glukosa ini digunakan untuk energi di sel Anda sementara sisanya disimpan. Hormon insulin harus memungkinkan glukosa memasuki sel sehingga sel-sel dapat menggunakan glukosa untuk diubah menjadi energi.

Pada orang diabetes cenderung terjadi suatu kondisi yang disebut dengan resistansi terhadap insulin, artinya pada orang dengan resisten insulin, meskipun pankreas memproduksi insulin, tubuh tidak dapat menggunakannya dengan benar. 

Sehingga menimbulkan terjadinya penumpukan glukosa dalam aliran darah, yang dapat menyebabkan tingginya kadar glukosa darah dan insulin dalam aliran darah Anda.

Kelebihan insulin menyebabkan sel-sel kulit normal bereproduksi dengan cepat. Bagi mereka dengan kulit gelap, sel-sel baru ini memiliki lebih banyak melanin. Peningkatan melanin ini menghasilkan bercak kulit yang lebih gelap dari kulit di sekitarnya. 

Dengan demikian, ditemukannya Akantosis Nigrikans adalah prediktor kuat jika Anda memiliki potensi untuk menderita diabetes di masa depan. Jika terlalu banyak insulin memang penyebabnya, maka penanganannya relatif mudah, yaitu dengan menjaga diet yang tepat, olahraga, dan kontrol gula darah.

Diagnosis Akantosis Nigrikans

Umumnya, dokter dapat mengenali kondisi ini melalui pengamatan langsung pada kulit karena kondisi ini memiliki ciri yang khas. Akan tetapi untuk memastikan diagnosis, biasanya dokter akan memeriksa apabila penderita memiliki diabetes atau resistensi insulin. Pemeriksaan ini dilakukan melalui tes gula darah atau tes insulin dengan berpuasa terlebih dahulu. 

Selain itu, riwayat kesehatan pasien juga diperiksa, termasuk riwayat konsumsi suplemen vitamin dan mineral, atau suplemen pembentuk massa otot

Bila diperlukan,tes biopsi dapat dilakukan untuk memastikan hasil diagnosis. Pada akantosis nigrikans yang belum diketahui pasti penyebabnya, dokter akan menganjurkan tes darah dan sejumlah tes lain untuk memastikan penyebabnya.

Perawatan apa yang dapat Anda lakukan untuk menangani Akantosis Nigrikans?

Jika dokter mengatakan bahwa kondisi Akantosis Nigrikans yang terjadi pada anda tidak disebabkan oleh kondisi medis yang serius, anda tidak perlu mengobatinya. 

Tetapi jika anda khawatir jika kondisi ini merusak penampilan anda, anda bisa pergi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan kulit. Dokter kulit mungkin akan memberikan pengobatan berupa krim pencerah kulit seperti Retin-A, 20% urea, asam alfa hidroksi, dan asam salisilat

Banyak produk-produk kecantikan yang dapat anda beli di pasaran. Tapi produk-produk kecantikan semacam ini tidak mungkin berhasil dan dapat mengiritasi kulit Anda, selain itu harganya yang mahal.

Cara ampuh lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengobati akantosis nigrikans adalah dengan mempertahankan berat badan yang sehat dengan tetap aktif secara fisik dan menjaga pola makan yang sehat.

Kebanyakan anak-anak tidak tahu apa yang terjadi pada dirinya, sehingga seringkali kondisi ini bertambah parah dan sulit dihilangkan saat dewasa

Oleh karena itu jika Anda mengalaminya atau anak anda mengalaminya, segera cari tahu penyebabnya dan lakukan perawatan kulit ataupun menurunkan berat badan untuk menghilangkannya, agar kondisi ini tidak bertahan hingga dewasa.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit