Acyclovir Oral: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Apr 22, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 6 menit

Acyclovir digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh jenis virus tertentu. Ini mengobati luka dingin di sekitar mulut (disebabkan oleh virus herpes simplex), cacar ular (disebabkan oleh herpes zoster), dan cacar air.

Obat ini juga digunakan untuk mengobati wabah herpes genital. Pada orang dengan frekuensi kambuh yang lebih banyak, acyclovir digunakan untuk membantu mengurangi kemungkinan kambuh di masa depan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Acyclovir adalah obat antivirus. Namun, ini bukan obat untuk menyembuhkan infeksi-infeksi tersebut. Virus yang menyebabkan infeksi ini terus hidup di dalam tubuh bahkan di antara wabah penyebaran. Acyclovir mengurangi tingkat keparahan dan durasi wabah. Obat ini membantu luka lebih cepat sembuh, mencegah terbentuknya luka baru, dan mengurangi rasa sakit/gatal. 

Obat ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang tersisa setelah luka sembuh. Selain itu, pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, acyclovir dapat mengurangi risiko penyebaran virus ke bagian lain tubuh dan menyebabkan infeksi serius.

Cara Penggunaan Acyclovir

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan, biasanya 2 sampai 5 kali sehari seperti yang diinstruksikan oleh dokter. Minum banyak cairan saat meminum obat ini kecuali dokter mengarahkan Anda sebaliknya.

Jika Anda menggunakan bentuk cair obat ini, kocok botol sebelum meminumnya. Hati-hati mengukur dosis menggunakan sendok takar khusus. Jangan menggunakan sendok biasa di rumah karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang tepat.

Obat ini bekerja paling baik ketika digunakan saat muncul tanda pertama wabah, seperti yang diarahkan oleh dokter. Obat ini mungkin tidak bekerja dengan baik jika Anda menunda pengobatan.

Dosis obat ditentukan berdasarkan kondisi medis Anda dan respons terhadap perawatan. Pada anak-anak, dosis ditentukan juga berdasarkan berat badan anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Obat ini bekerja paling baik ketika jumlah obat dalam tubuh Anda dijaga pada tingkat yang konstan. Karena itu, minumlah obat ini dengan rentang waktu yang sama. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat pada waktu yang sama setiap hari.

Lanjutkan meminum obat ini sampai jumlah yang ditentukan habis seluruhnya. Jangan mengubah dosis, melewati dosis, atau menghentikan obat ini lebih awal tanpa persetujuan dokter.

Beritahu dokter jika kondisi tubuh tidak mengalami perubahan atau menjadi lebih buruk.

Efek Samping

Dapat terjadi mual, diare, sakit kepala, atau muntah. Jika salah satu dari efek ini berlangsung lama atau memburuk, segera hubungi dokter atau apoteker.

Ingat bahwa dokter telah meresepkan obat ini karena ia telah menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Beri tahu dokter Anda segera jika salah satu dari efek samping yang tidak biasa tetapi serius ini terjadi: pusing, kantuk, tanda-tanda masalah ginjal (seperti perubahan jumlah urin, nyeri punggung/bagian samping tubuh yang tidak biasa), perubahan kondisi mental/mood (seperti gelisah yang berlebihan) , kebingungan, halusinasi), gerakan goyah/tidak stabil, kesulitan berbicara.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Obat ini jarang menyebabkan gangguan yang mengancam jiwa serta mempengaruhi sel-sel darah, ginjal, dan bagian tubuh lainnya. Gangguan ini lebih mungkin terjadi jika Anda memiliki kondisi yang berkaitan dengan sistem kekebalan yang melemah (seperti penyakit HIV, transplantasi sumsum tulang, transplantasi ginjal). 

Segera cari pertolongan medis jika salah satu dari efek samping yang jarang tetapi serius ini terjadi: kelelahan ekstrem, detak jantung lambat/cepat/tidak teratur, mudah memar/berdarah, demam baru, kencing berdarah/gelap, sakit lambung/perut yang parah, mata/kulit menguning, penglihatan tiba-tiba berubah, kehilangan kesadaran, kejang.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi pertolongan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker.

Di Amerika - Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345.

Pencegahan dan Peringatan

Sebelum mengambil acyclovir, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki alergi; atau untuk valacyclovir; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Diskusikan dengan apoteker untuk keterangan lebih lanjut.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat medis Anda, terutama: masalah ginjal, kondisi yang berkaitan dengan sistem kekebalan yang melemah (seperti penyakit HIV, transplantasi sumsum tulang, transplantasi ginjal).

Obat ini jarang membuat Anda pusing atau mengantuk. Alkohol atau ganja bisa membuat Anda lebih pusing atau mengantuk. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan tinggi sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Batasi minuman beralkohol. Bicarakan dengan dokter jika Anda menggunakan ganja.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Jangan lakukan imunisasi/vaksinasi tertentu (seperti vaksin melawan virus varicella) tanpa persetujuan dokter Anda.

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat, terutama masalah ginjal (perubahan jumlah urin, nyeri punggung/bagian tubuh samping), pusing, kantuk, dan perubahan kondisi mental/mood (seperti kebingungan, halusinasi, kehilangan kesadaran)).

Acyclovir tidak melindungi penyebaran herpes genital. Untuk menurunkan kemungkinan penularan herpes pada pasangan Anda, jangan melakukan kontak seksual selama sakit berlangsung atau jika Anda memiliki gejala. Anda dapat menyebarkan herpes genital bahkan jika Anda tidak memiliki gejala. 

Karena itu, selalu gunakan metode penghalang yang efektif (kondom lateks atau poliuretan/karet untuk gigi) selama semua aktivitas seksual. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk keterangan lebih jelas.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Obat ini dapat masuk ke dalam ASI. Namun, obat ini tidak akan membahayakan bayi yang sedang menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi Obat

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua kemungkinan interaksi obat. 

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep dan produk herbal) dan diskusikan dengan dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter.

Beberapa produk yang boleh diminum bersama obat ini termasuk: obat lain yang dapat menyebabkan masalah ginjal (termasuk obat anti radang nonsteroid - NSAID seperti ibuprofen, naproxen).

Acyclovir sangat mirip dengan valacyclovir. Jangan menggunakan obat yang mengandung valacyclovir saat menggunakan acyclovir.

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Atau segera hubungi pusat pengendalian racun. 

Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat memanggil pusat kendali racun provinsi. Gejala overdosis meliputi: perubahan jumlah urin, kelelahan ekstrem, gelisah atau gemetar berlebihan, kehilangan kesadaran, kejang.

Catatan

Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.

Obat ini hanya diresepkan untuk kondisi Anda saat ini. Jangan menggunakannya nanti untuk infeksi lain kecuali dokter memberi tahu Anda.

Dosis terlewatkan

Jika Anda melewatkan satu dosis, minumlah segera setelah Anda ingat. Jika sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupa sebelumnya dan lanjutkan jadwal dosis yang biasa Anda lakukan. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan.

Tata Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar antara 59-77 derajat F (15-25 derajat C) jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan demikian. Buang produk ini dengan benar ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan.

 Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk rincian lebih lanjut tentang cara membuang produk Anda dengan aman. Informasi terakhir direvisi Oktober 2017. Hak Cipta (c) 2017 First Databank, Inc.


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Acyclovir. DrugBank. (https://www.drugbank.ca/drugs/DB00787)
Aciclovir for viral infections - Zovirax. Side effects, uses, dosage. Patient. (https://patient.info/medicine/aciclovir-for-viral-infections-zovirax)
Wald Anna, Carrell David, Remington Michael, Kexel Elizabeth, Zeh Judy, Corey Lawrence, Two-Day Regimen of Acyclovir for Treatment of Recurrent Genital Herpes Simplex Virus Type 2 Infection, Clinical Infectious Diseases, Volume 34, Issue 7, 1 April 2002, Pages 944–948, https://doi.org/10.1086/339325. Oxford Academic. (https://academic.oup.com/cid/article/34/7/944/316486)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app