Actos Oral - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 6 menit
Telah dibaca 1.121.779 orang

Pioglitazone adalah obat diabetes (tipe thiazolidinedione, juga disebut "glitazones") yang digunakan bersamaan dengan program diet dan olahraga yang tepat untuk mengontrol gula darah tinggi pada pasien dengan diabetes tipe 2. Obat ini bekerja dengan membantu mengembalikan respons tubuh yang tepat terhadap insulin, sehingga menurunkan gula darah Anda.

Mengontrol gula darah tinggi membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan anggota tubuh, dan masalah fungsi seksual. Kontrol diabetes yang tepat juga dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Iklan dari HonestDocs
Beli Akrinor Tab 100s via HonestDocs

AKRINOR TAB 100S dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut: jantung, hipotensi primer & sekunder, gangguan sirkulasi ortostatik. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Screen shot 2019 04 12 at 10.45.23

Pioglitazone digunakan baik sendiri atau dalam kombinasi dengan obat diabetes lainnya (seperti metformin atau sulfonylurea seperti glyburide).

Diskusikan dengan dokter mengenai risiko dan manfaat pioglitazone.

Cara Penggunaan Actos

Baca Panduan Obat yang disediakan oleh apoteker sebelum Anda mulai menggunakan pioglitazone dan setiap kali membeli isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, bisa Anda tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari. Dosis obat didasarkan pada kondisi medis Anda, respons terhadap pengobatan, dan jika Anda menggunakan obat diabetes lainnya. 

Dokter akan menyesuaikan dosis berdasarkan gula darah Anda untuk menemukan dosis terbaik. Ikuti petunjuk dokter dengan cermat.

Minum obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari obat tersebut. Ingatlah untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.

Jika Anda sudah menggunakan obat diabetes lain (seperti metformin atau sulfonylurea), ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati untuk menghentikan/melanjutkan obat lama dan memulai pengobatan ini. Ikuti dengan hati-hati rencana perawatan obat, rencana makan, dan program olahraga yang direkomendasikan dokter.

Periksa gula darah secara teratur sesuai arahan dokter. Catat hasilnya, dan diskusikan dengan dokter. Hubungi dokter jika pengukuran gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Dosis/pengobatan Anda mungkin perlu diubah. Diperlukan waktu 2 hingga 3 bulan sebelum manfaat obat ini mulai terasa.

Efek Samping

Sakit tenggorokan, nyeri otot, berat badan bertambah, atau sakit gigi bisa terjadi. Jika salah satu dari efek ini berlangsung lama atau memburuk, segera beri tahu dokter atau apoteker.

Ingat bahwa dokter telah meresepkan obat ini karena ia telah menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Beri tahu dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping serius, termasuk: masalah penglihatan berubah/memburuk (seperti penglihatan kabur), patah tulang, urin berwarna kemerahan, keinginan mendesak untuk buang air kecil, sakit saat buang air kecil.

Pioglitazone jarang dapat menyebabkan penyakit hati. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gejala penyakit hati, termasuk: urin gelap, mata/kulit menguning, mual/muntah terus-menerus, sakit lambung/bagian abdomen.

Pioglitazone biasanya tidak menyebabkan gula darah rendah (hipoglikemia). Gula darah rendah dapat terjadi jika obat ini diresepkan dengan obat diabetes lainnya (seperti insulin atau sulfonylurea). Gula darah rendah lebih mungkin jika Anda minum alkohol dalam jumlah besar, melakukan olahraga berat yang tidak biasa, atau tidak mengonsumsi cukup kalori dari makanan

Untuk membantu mencegah gula darah rendah, makanlah dengan jadwal teratur, dan jangan melewatkan waktu makan. Periksa dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui apa yang harus Anda lakukan jika Anda melewatkan waktu makan.

Gejala gula darah rendah meliputi keringat tiba-tiba, gemetar, detak jantung cepat, lapar, pandangan kabur, pusing, atau kesemutan tangan / kaki. Merupakan kebiasaan yang baik untuk membawa tablet glukosa atau gel untuk mengobati gula darah rendah. 

Jika Anda tidak memiliki bentuk glukosa ini, segera tingkatkan gula darah Anda dengan mengonsumsi sumber gula cepat seperti gula pasir, madu, atau permen, atau minum jus buah atau soda non-diet. Segera diskusikan dengan dokter tentang reaksi dan penggunaan produk ini.

Gejala gula darah tinggi (hiperglikemia) termasuk haus, peningkatan buang air kecil, kebingungan, kantuk, pembilasan, pernapasan cepat, atau bau nafas buah. Jika gejala-gejala ini terjadi, segera beri tahu dokter. Dosis Anda mungkin perlu ditingkatkan.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi bantuan medis jika Anda mendapati salah satu gejala berikut dari reaksi alergi serius: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah / lidah / tenggorokan), pusing, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap efek samping yang mungkin terjadi. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum, hubungi dokter atau apoteker.

Di Amerika - Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345.

Pencegahan dan Peringatan

Sebelum minum pioglitazone, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi terhadapnya; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicarakan dengan apoteker untuk keterangan yang lebih jelas.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker mengenai riwayat kesehatan Anda, terutama dari: penyakit jantung (seperti gagal jantung kongestif, nyeri dada), penyakit hati, cairan di paru-paru, pembengkakan (edema), anemia, masalah mata tertentu (edema makula−kondisi dimana terjadi pembengkakan di bagian sentral dari retina, yaitu pada bagian makula), kanker kandung kemih.

Anda mungkin mengalami penglihatan kabur, pusing, atau kantuk karena gula darah sangat rendah atau tinggi. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas apa pun yang membutuhkan kewaspadaan tinggi atau penglihatan yang jelas sampai Anda yakin Anda dapat melakukan aktivitas tersebut dengan aman.

Batasi penggunaan alkohol saat minum obat ini karena dapat meningkatkan risiko pengembangan gula darah rendah.

Mungkin akan lebih sulit untuk mengontrol gula darah Anda ketika tubuh dalam keadaan stres (seperti karena demam, infeksi, cedera, atau operasi). Konsultasikan dengan dokter Anda karena peningkatan stres dapat merubah rencana perawatan Anda, obat-obatan, atau tes gula darah.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Pioglitazone dapat meningkatkan risiko patah tulang pada wanita (biasanya di lengan atas, tangan, atau kaki). Lihat juga bagian Catatan.

Pioglitazone dapat menyebabkan perubahan dalam siklus menstruasi (meningkatkan ovulasi) dan meningkatkan risiko hamil. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker tentang penggunaan alat kontrasepsi yang dapat diandalkan saat menggunakan obat ini.

Obat ini harus digunakan hanya ketika dibutuhkan selama kehamilan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter. Dokter dapat mengganti insulin dengan obat ini selama kehamilan Anda. Ikuti semua instruksi dengan seksama.

Tidak diketahui apakah obat ini dapat masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat pengendalian racun. Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat memanggil pusat kendali racun provinsi.

Catatan

Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.

Hadiri program edukasi diabetes untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengelola diabetes Anda dengan obat-obatan, diet, olahraga, dan tes medis reguler.

Pelajari gejala gula darah tinggi dan rendah serta cara mengobatinya. Periksa gula darah Anda secara teratur sesuai petunjuk dan diskusikan hasilnya dengan dokter Anda.

Perubahan gaya hidup yang membantu meningkatkan kesehatan tulang termasuk meningkatkan latihan menahan beban, makan makanan seimbang yang mengandung kalsium dan vitamin D yang cukup, berhenti merokok, dan membatasi alkohol

Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen kalsium/vitamin D dan membahas perubahan gaya hidup yang dapat menguntungkan Anda.

Pemeriksaan laboratorium dan/atau tes medis (seperti tes fungsi hati, glukosa darah, hemoglobin A1c, hitung darah lengkap, pemeriksaan mata) harus dilakukan saat Anda minum obat ini. Simpan semua perjanjian medis dan lab.

Dosis terlewatkan

Jika Anda melewatkan dosis, gunakan segera setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat sebelumnya. Gunakan dosis berikutnya pada waktu biasa. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan.

Tata Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar yang jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal Anda. Informasi terakhir direvisi Juni 2018. Hak Cipta (c) 2018 First Databank, Inc.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp