Acelamine : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 767.320 orang

Acelamine Tablet adalah pengobatan yang diindikasikan untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, sakit telinga, nyeri sendi, nyeri menstruasi, demam, pilek, flu, alergi, demam hay dan kondisi lainnya. Acelamine Tablet juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Acelamine bekerja dengan cara menstimulasi otak; karena itu obat ini digunakan sebagai stimulan saraf pusat. Acelamin digunakan bersama dengan analgesik dan atau ergotamine untuk mengatasi gejala migrain (sakit kepala sebalah yang parah disertai dengan mual). Acelamin juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi pernapasan (apnea) pada bayi prematur.

Acelamine Tablet mengandung Caffeine, Chlorpheniramine Maleate, Paracetamol dan Phenylpropanolamine Hcl sebagai bahan aktif. Acelamine Tablet bekerja dengan meningkatkan ambang rasa sakit dan meningkatkan aliran darah di kulit, kehilangan panas dan berkeringat; memblokir reseptor H1 yang berperan dalam menimbulkan nyeri pada jaringan; antagonizing reseptor adenosin; menyempitkan pembuluh darah di dalam tubuh;

Acelamine Tablet diproduksi oleh Orison Farmasi. Informasi rinci terkait penggunaan, komposisi, dosis, efek samping dan ulasan Acelamine Tablet tercantum di bawah ini.

Apa saja komposisi dalam tablet Acelamine?

Acelamine Tablet dibuat dari bahan-bahan aktif sebagai berikut:

  • Parasetamol - 500 MG
  • Chlorpheniramine Maleate - 2 MG
  • Kafein - 30 MG
  • Phenylpropanolamine Hcl - 12,5 MG

Perlu diketahui, mungkin komposisi dosis dari masing-masing obat dapat berbeda tergantung dari kualitas zat aktif yang tercantum di atas.

Apa saja efek samping yang dapat dihasilkan dari penggunaan Acelamine?

Berikut ini adalah daftar efek samping yang mungkin terjadi akibat reaksi dari tiap-tiap komponen yang terkandung pada Acelamine Tablet. Perlu diketahui bahwa daftar di bawah ini bukanlah daftar lengkap. 

Efek samping yang tercantum memang pernah dilaporkan, tetapi efek sampingnya tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping mungkin jarang terjadi tetapi bisa serius jika terjadi. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda menemukan salah satu efek samping berikut, terutama jika mereka tidak sembuh dalam waktu 1x24 jam.

  • Sistem Saraf Pusat: Kebingungan, pusing, sulit tidur, gelisah, euforia, gugup, telinga berdenging, depresi ringan dan kelelahan, gangguan penglihatan, tremor otot, sakit kepala, kepala terasa ringan, kejang.
  • Jantung: Denyut jantung cepat, irama jantung abnormal.
  • Gastrointestinal: Muntah, mual, diare, enterokolitis nekrosis, gastritis.
  • Kulit: Ruam, kulit kering.
  • Genitourinary: Peningkatan buang air kecil.
  • Metabolik: Gula rendah.
  • Pernapasan: Kesulitan bernafas.
  • Lain-lain: Hipersensitivitas (misalnya, dermatitis, rinitis, asma bronkial), intoleransi makan, sepsis, cedera.

Tablet Acelamine juga dapat menyebabkan efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda menemukan efek samping lain yang tidak terdaftar di atas, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan segera.

Dosis dan cara penggunaan Acelamin

Acelamine dapat diberikan secara oral dengan dosis 100-200 mg, diulang setelah 3-4 jam sesuai kebutuhan. Untuk bayi prematur yang mengalami sesak, diberikan secara intravena atau oral dengan dosis awal 20 mg / kg, diikuti oleh 5 mg / kg / hari.

Bagaimana cara menggunakan Acelamine?

Acelamine tersedia dalam sediaan tablet dan kapsul yang tentu saja digunakan dengan cara diminum. Acelamin juga tersedia dalam bentuk suntikan, yang mana langsung diberikan oleh penyedia layanan kesehatan melalui akses pembuluh darah.

Kapan Anda tidak bisa menggunakan Acelamine?

Jangan berikan larutan yang mengandung natrium benzoat pada:

  • anak-anak
  • Ibu yang sedang Menyusui
  • Orang yang mengalami Kerusakan hati
  • Orang yang memiliki riwayat Hipersensitivitas

Hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengkonsumsi Acelamin

Saat meminum obat ini, hindari terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein.

Meskipun kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, Obat ini dapat menyebabkan pusing. Oleh karena itu hindari melakukan apa pun yang membutuhkan konsentrasi dan dapat menyebabkan kecacatan atau kematian jika terjadi kecelakaan, misalnya mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin.

Tidak boleh digunakan sebagai pengganti tidur.

Perhatian khusus harus diberikan pada pasien dengan riwayat penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit hati, masalah perut (ulkus peptikum), kejang, selama kehamilan dan menyusui.

Acelamin adalah obat yang memerlukan resep dokter dalam penggunaannya, selalu konsultasikan kondisi Anda agar dokter dapat mengobati kondisi Anda secara menyeluruh dan optimal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit