9 Makanan yang Dapat Melawan Arthritis

Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 18, 2020 Waktu baca: 3 menit
9 Makanan yang Dapat Melawan Arthritis

Jika Anda menderita peradangan sendi (arthritis), Anda pasti mengerti betapa parahnya kondisi ini. Arthritis adalah istilah untuk jenis penyakit yang menyebabkan rasa nyeri, bengkak, dan kaku pada persendian. 

Kondisi ini dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, jenis kelamin dan latar belakang etnis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Terdapat banyak jenis radang sendi. Salah satunya adalah Osteoartritis yang merupakan jenis peradangan sendi yang paling banyak terjadi. Jenis lain dari peradangan sendi yang cukup sering terjadi adalah rheumatoid arthritis, penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang persendian.

Untungnya, ada banyak makanan yang dapat meredakan peradangan dan dapat membantu meringankan beberapa gejala nyeri sendi yang disebabkan oleh artritis

Satu survei menemukan bahwa 24% dari mereka yang menderita rheumatoid arthritis melaporkan bahwa gejala yang muncul dapat dipengaruhi oleh makanan yang mereka konsumsi. Berikut adalah 9 jenis makanan yang dapat membantu mengatasi gejala akibat peradangan sendi.

1. Ikan yang mengandung Lemak Sehat

Varietas ikan laut seperti salmon, mackerel, sarden dan trout mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. 

Ikan yang mengandung lemak sehat kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin D, yang keduanya mungkin bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan keparahan gejala akibat peradangan sendi.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki beragam manfaat kesehatan. Dalam beberapa penelitian bawang putih dan komponennya telah terbukti memiliki sifat anti kanker, menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah terjadinya demensia. Selain itu, bawang putih telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala radang sendi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Anti Inflamasi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 42

Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh

3. Jahe

Selain menambah cita rasa pada teh, sup, dan permen, jahe juga dapat membantu meringankan gejala radang sendi. Jahe telah terbukti mengurangi gejala radang sendi. 

Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa jahe bermanfaat untuk mengurangi peradangan, tetapi penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk menguji efektivitasnya lebih lanjut.

4. Brokoli

Bukan rahasia lagi bahwa brokoli adalah salah satu makanan paling sehat. Menurut penelitian, Brokoli dilaporkan mengandung sulforaphane, yang mungkin memiliki sifat anti-inflamasi.

Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat efek brokoli pada manusia.

5. Kacang Kenari

Kacang kenari memiliki nutrisi dan sarat dengan senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit sendi. Kacang kenari mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat meringankan gejala radang sendi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

6. Berry

Berry mengandung banyak antioksidan, vitamin dan mineral dalam setiap porsinya. Buah berry mengandung antioksidan yang telah terbukti mengurangi tanda-tanda inflamasi terkait artritis dalam penelitian yang dilakukan pada hewan.

7. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam penuh dengan nutrisi, dan beberapa komponennya dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh artritis. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi terkait dengan tingkat peradangan yang lebih rendah.

Bayam, khususnya, mengandung banyak antioksidan serta senyawa tanaman yang dapat meredakan peradangan dan membantu melawan penyakit. 

Bayam mengandung antioksidan kaempferol yang sangat tinggi, dan telah terbukti mengurangi efek agen inflamasi yang terkait dengan rheumatoid arthritis.

8. Anggur

Anggur memiliki kandungan nutrisi yang baik, tinggi antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Anggur mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan. 

Namun, studi tambahan pada manusia diperlukan untuk menguji efektifitas dalam mengkonsumsi anggur dalam melawan arthritis.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah terbukti mengurangi peradangan. Konsumsi minyak zaitun dikaitkan dengan risiko artritis yang lebih rendah. 

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa rutin mengkonsumsi minyak zaitun dapat memperlambat perkembangan radang sendi dan meringankan gejala.

Bersamaan dengan perawatan konvensional lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung lemak sehat, beberapa porsi ikan berlemak dan hasil bumi lainnya dapat membantu mengurangi beberapa gejala akibat peradangan sendi.

Makanan memiliki peran yang cukup penting dalam mempengaruhi keparahan dan gejala peradangan sendi. 

Untungnya, selain meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan, terdapat berbagai makanan yang memiliki komponen anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi gejala peradangan sendi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Fight Arthritis: 10 Foods That Help and Hurt. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/arthritis/arthritis-remedies-10-foods-help-hurt/)
Top 10 Foods With the Power to Ease Your Arthritis Pain. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/top-10-foods-power-ease-arthritis-pain/)
Can diet improve arthritis symptoms?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/nutrition/can-diet-improve-arthritis-symptoms)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app