9 Makanan yang Bermanfaat Menjaga Kesehatan Rambut

Kesehatan rambut tidak hanya perlu dijaga dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut saja, tetapi Anda juga perlu mengonsumsi makanan-makanan sehat agar dapat memberikan nutrisi dari dalam kepada rambut. Berikut beberapa makanan sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.
Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 6, 2019 Waktu baca: 2 menit
9 Makanan yang Bermanfaat Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut dikenal sebagai mahkota wanita. Rambut yang sehat dan indah akan membuat penampilan semakin sempurna. Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Salah satunya adalah melakukan perawatan rambut di salon. 

Banyak wanita yang rela menghabiskan sebagian besar uangnya untuk melakukan perawatan rambut di salon. Perawatan ini biasanya dilakukan minimal 1 bulan sekali. Selain itu, wanita juga biasanya menjaga kesehatan rambut setiap hari menggunakan produk-produk perawatan rambut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kesehatan rambut tidak hanya perlu dijaga dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut saja, tetapi Anda juga perlu mengonsumsi makanan-makanan sehat agar dapat memberikan nutrisi dari dalam kepada rambut. 

Berikut beberapa makanan sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.

Daging

Protein merupakan bahan pembuat helaian rambut. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan protein perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Sebaliknya jika kebutuhan protein tidak tercukupi, akan menyebabkan rambut mudah patah. 

Salah satu sumber protein yang dapat dikonsumsi adalah daging.

Tiram

Rambut memerlukan mineral seng yang digunakan untuk merangsang kelenjar rambut memproduksi minyak atau sebum. Sebum digunakan untuk menjaga rambut tidak kering, sehingga tidak mudah patah. Tiram dapat Anda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan seng dalam tubuh.

Almond

Almond mengandung protein dan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Oleh karena itu, banyak produk perawatan rambut, seperti shampo dan kondisioner yang mengandung almond. Kebutuhan vitamin E yang dibutuhkan rambut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi seperempat cangkir almond.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut, almond juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jeruk

Jeruk mengandung vitamin A, C, dan B12 yang sangat dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat. Kandungan vitamin A pada jeruk bermanfaat untuk menjaga rambut tetap terhidrasi dengan meningkatkan produksi minyak. Sedangkan, vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen

Vitamin B12 pada jeruk berfungsi untuk mencegah rambut berubah menjadi uban.

Bayam

Selain membutuhkan mineral seng, rambut juga membutuhkan zat besi. Kebutuhan zat besi dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung potasium dan kalsium yang dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat.

Yogurt

Selain mengandung protein, yogurt juga mengandung vitamin B5 yang dibutuhkan oleh rambut. Vitamin B5 bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah menuju ke kulit kepala, sehingga merangsang pertumbuhan rambut.

Ikan salmon

Iklan salmon terkenal sebagai sumber omega 3. Kandungan omega 3 dalam salmon dapat mencegah peradangan, sehingga rambut tidak mudah rontok. Selain itu, salmon juga bermanfaat untuk mempercepat proses insulin rambut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Telur

Telur kaya akan protein yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Telur kaya akan biotin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. 

Selain bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut, mengonsumsi telur juga dapat mencegah kuku mudah patah.

Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten yang sangat dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat. Beta karoten bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dengan merangsang kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum.

Menjaga kesehatan rambut sangat diperlukan untuk membuat rambut tetap indah, tidak berketombe, tidak mudah patah, tidak rontok, serta tidak cepat berubah warna menjadi uban. 

Selain melakukan perawatan dari luar menggunakan produk-produk perawatan rambut, Anda juga perlu menjaga kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan yang sehat. 

Kebutuhan mineral dan nutrisi rambut dapat dicukupi dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti daging, tiram, almond, jeruk, bayam, ikan salmon, yogurt, telur dan ubi jalar.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Foods to Put Hair on Your Head - Men's Health Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/mens-health-pictures/foods-to-put-hair-on-your-head.aspx)
What are the best foods for healthy hair growth?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324949)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app