Tips Cara Membersihkan Komedo dengan Baik & Benar

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan komedo dengan benar, sebaiknya anda mengetahui jenis-jenis komedo. Nantinya bisa membantu anda yang ingin membersihkan komedo agar bisa lebih efektif tentunya.
Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Cara Membersihkan Komedo dengan Baik & Benar

Komedo merupakan penumpukkan kotoran yang terjadi pada pori-pori kulit. Pada umumnya, bagian yang kerap kali disinggahi oleh komedo adalah bagian sekitar mata dan hidung. 

Hal inilah yang membuat banyak orang yang mencari berbagai macam cara, agar bisa menghilangkan komedo, baik menggunakan obat-obatan maupun menggunakan cara-cara alami.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan komedo dengan benar, sebaiknya anda mengetahui jenis-jenis komedo. Nantinya bisa membantu anda yang ingin membersihkan komedo agar bisa lebih efektif tentunya. 

Pada umumnya komedo dibagi menjadi dua jenis, yakni komedo putih dan komedo hitam. Lantas apa perbedaan dari kedua jenis komedo tersebut?

Komedo yang kerap dialami oleh sebagian besar orang adalah jenis komedo hitam. Sedangkan tonjolan – tonjolan kecil yang ada pada bagian bawah dari epitel kulit ini disebut sebagai komedo putih. 

Jenis komedo putih memang lebih susah dihilangkan, hal ini dikarenakan menghilangkan komedo putih perlu adanya sedikit luka agar komedo bisa keluar dan juga diperlukan ahli kecantikan.

Penyebab komedo pada kulit wajah

Kedua jenis komedo ini muncul juga dikarenakan oleh penyebab yang berbeda pula. Jika pada komedo hitam penyebabnya ialah, karena kotoran dan juga debu yang nempel pada wajah dengan pori – pori besar. Selain itu, jenis komedo hitam inilah yang memang sering dialami oleh hampir sebagian besar orang dan termasuk dalam kategori umum dialami.

Sedangkan pada komedo putih ini muncul karena keringat dan juga kotoran yang bercampur. Komedo jenis ini bahkan bukan hanya akan mengganggu penampilan anda, bahkan juga bisa menimbulkan jerawat

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Seseorang tidak mungkin mengalami kedua jenis komedo ini dalam satu waktu. Namun mungkin juga terjadi jika ada faktor penyebab dan ukuran pori-pori wajah anda.

Cara menghilangkan komedo

Ada banyak cara untuk bisa membersihkan komedo. Anda bisa menggunakan cara-cara yang alami atau dengan menggunakan cara pengobatan dari dokter dengan mendatangi klinik kecantikan atau dokter kulit.

 Membersihkan komedo ini bisa anda pilih sesuai dengan jenis komedo dan kebutuhan anda sendiri. Sedangkan jika ingin cara aman, maka kamu bisa menggunakan cara yang alami.

Cara-cara alami bisa kamu lakukan dengan cara membuat masker dari bahan – bahan yang alami yang bisa anda jumpai di dapur atau di rumah anda dengan mudah. 

Misalnya menggunakan masker putih telur, scrub kopi, air perasan lemon dengan gula dan madu, oat dan yoghurt, baking soda, dan masih banyak lagi.

Sedangkan jika anda melakukan treatment sendiri di rumah atau dokter, maka anda bisa dengan menggunakan ekstraktor komedo yang bisa anda dapatkan di toko alat kecantikan. Jika menggunakan alat tersebut, maka ikuti petunjuk penggunaan dan memastikan untuk membersihkan secara teratur. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Selain itu, juga jangan menggunakan ekstraktor ini dengan cara bergantian. Anda bisa datang ke klinik kecantikan atau dokter kulit untuk menggunakan ekstraktor.

Mencegah komedo muncul

Setelah komedo pada kulit anda bersih, maka hal ini tidak mengartikan bahwa anda sudah bebas dari masalah komedo seterusnya. Akan selalu ada keadaan secara alami dimana komedo akan muncul kembali. Sehingga anda juga harus melakukan cara untuk mencegah timbulnya komedo. 

Cara tersebut bisa dengan membersihkan wajah anda rutin. Dengan membersihkan wajah maka bisa menghilangkan kotoran dan sel kulit mati.

Selain itu, sebaiknya jangan sentuh wajah anda dengan keadaan tangan yang kotor. Tentu saja hal ini bisa memindahkan bakteri pada tangan kotor anda ke wajah dan bisa menyebabkan komedo muncul. 

Bukan hanya itu saja, sebaiknya anda memakai produk perawatan kulit yang nonacnegenic atau noncomedogenic yang bisa mencegah penyumbatan pori-pori.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Get Rid of Blackheads on Nose: 8 Options, Plus Prevention Tips. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-remove-blackheads-from-nose)
Blackheads: Facts, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615.php)
Get Rid of Blackheads: 4 Proven Ways (Plus How to Prevent Them). WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-get-rid-blackheads)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app