Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 935.267 orang

Perut kembung merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh semua orang. Anda pasti juga pernah mengalami perut kembung. Perut kembung biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman atau begah di perut. Perut kembung juga bisa ditandai dengan rasa nyeri pada perut dan perut terasa membesar.

Perut kembung disebabkan saluran pencernaan terisi gas atau udara berlebihan. Hal ini bisa disebabkan berbagai hal, seperti makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, minum menggunakan sedotan, ataupun menggunakan gigi palsu yang longgar. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat menyebabkan perut kembung. Beberapa masalah kesehatan seperti maag, masuk angin, dan kekurangan enzim juga dapat memicu terjadinya perut kembung.

Perut kembung bukan masalah kesehatan yang serius, sehingga tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun, perut kembung akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Anda dapat mengatasi perut kembung dengan mengonsumsi obat-obatan. 

Jika terus mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasi perut kembung tentunya tidak baik untuk kesehatan. Berikut beberapa cara alami yang sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung.

Daun mint

Daun mint memiliki manfaat untuk meredakan perut kembung. Daun mint mengandung mentol yang bersifat antispasmodik yang dapat mengeluarkan gas atau udara dari dalam saluran pencernaan. Kondisi ini akan mengurangi rasa kembung di perut dan mencegah terjadinya kram perut. 

Selain itu, mengkonsumsi daun mint juga akan menenangkan syaraf, sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Anda bisa mengkonsumsi daun mint dengan menambahkannya di secangkir teh hangat. Daun mint juga bisa ditambahkan saat Anda membuat infused water.

Jahe

Jika Anda mengalami kembung, cobalah untuk mengkonsumsi jahe. Selain itu, mengkonsumsi jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala maag. Mengkonsumsi jahe akan membuat perut terasa hangat dan mengurangi kadar gas dan udara di dalam perut, sehingga terasa lebih lega. Jahe dapat dikonsumsi secara langsung dengan dikunyah. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Anda juga dapat memarut kemudian menyeduh jahe dengan air hangat. Selain itu, Jahe juga dapat dikonsumsi dengan menambahkannya ke dalam jus sayuran yang dibuat.

Kunyit

Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga memiliki berbagai manfaat lain. Mengkonsumsi kunyit terbukti dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sakit perut dan mulas. Selain itu, mengkonsumsi kunyit juga bermanfaat untuk menenangkan sistem pencernaan dan mengeluarkan gas di dalam perut, sehingga dapat mengurangi perut kembung. 

Anda bisa minum jamu kunyit untuk mengatasi masalah perut kembung. Selain itu, menambahkan kunyit sebagai bumbu masakan juga dapat mengurangi rasa kembung di perut.

Nanas

Buah yang memiliki rasa asam manis ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kembung di perut. Nanas mengandung enzim bromelain yang bermanfaat untuk mengatasi perut kembung. 

Namun, rasa asam pada buah nanas dapat menyebabkan munculnya maag. Jika memiliki riwayat penyakit maag, disarankan tidak memakan buah nanas terlalu banyak. Anda dapat makan nanas secara langsung atau dibuat jus.

Olahraga kardio selama 5 menit

Selain dapat membakar lemak secara cepat, olahraga kardio juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung. Anda tidak perlu melakukan olahraga kardio terlalu lama, cukup 5 menit saja dan perut kembung akan teratasi. Olahraga kardio akan meningkatkan detak jantung dan merangsang otot berkontraksi. 

Selain itu, olahraga kardio juga dapat merangsang otot usus berkontraksi, sehingga pencernaan menjadi lancar serta dapat mengeluarkan gas di dalam perut. Olahraga kardio yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung adalah jalan cepat, jogging, berenang, dan bersepeda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit