HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Bebaskan Diri Dari Perut Kembung

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bebaskan Diri Dari Perut Kembung

Gas dalam perut dapat menumpuk dan memenuhi rongga perut, hingga pencernaan dipenuhi gas. Kondisi ini disebut perut kembung dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Perut kembung juga bisa merusak penampilan karena perut Anda jadi terlihat buncit. Yuk, atasi perut kembung dengan cara-cara ini.

Cara mengatasi perut kembung

1. Hindari mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet secara terus-menerus memang menyenangkan. Namun, kebiasaan ini justru dapat membuat And mengonsumsi sorbitol dan aspartame yang terdapat di dalam permen karet. Keduanya tidak dapat dicerna tubuh dan inilah salah satu penyebab perut kembung, seperti yang dijelaskan oleh Christine Gerbstadt, MD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

2. Jangan makan terburu-buru dan hindari pemakaian sedotan

Pada saat sedang terburu-buru, Anda cenderung makan dengan lebih cepat dan mengunyah sambil membuka mulut dengan sekenanya sehingga banyak menelan udara. Kunyah makanan secara perlahan dan minum langsung dari gelas  tanpa menggunakan sedotan. 

3.Pilih baik-baik jenis sayuran yang dikonsumsi dan hindari sayuran mentah

Andalah yang paling mengenal kecenderungan dalam tubuh Anda. Jika Anda termasuk orang yang mudah merasa kembung, konsumsi beberapa jenis sayur sebaiknya Anda hindari.

Sayuran yang belum dimasak alias masih mentah seperti lalapan yang terdiri dari kubis, kacang panjang, dan mentimun mentah merupakan jenis makanan yang sulit dicerna. Akibatnya,  perut jadi kembung. Memasak terlebih dahulu sayuran sebelum dimakan akan membuat sayuran lebih mudah dicerna. 

4. Jangan stres

Kondisi emosi yang tertekan membuat tubuh memproduksi hormon stres yang mempercepat kerja organ-organ dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan. Alhasil, Anda dapat mengalami diare serta menumpuk gas di dalam perut. Kapanpun Anda merasa cemas dan stres, cobalah berjalan-jalan agar gas di dalam perut dapat dikeluarkan sembari Anda menenangkan diri.

5. Segera periksa ke dokter

Jika perut kembung terjadi dalam frekuensi yang tergolong sering dan berulang, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Kondisi perut kembung yang kronis serta gas yang menumpuk bisa jadi disebabkan oleh intoleran laktosa. Atau, Anda sensitif terhadap gula alami di dalam susu.

Hal lain yang menyebabkan kembung adalah malabsorbsi fruktosa, atau sensitif fruktosa. Fruktosa adalah gula yang ditemukan di dalam buah-buahan, gula dapur dan sirup jagung. Saat memeriksakan diri, dokter dapat melakukan tes pernapasan sederhana untuk menegakkan diagnosa. Hindari juga daging yang berlemak karena dapat mengganggu pencernaan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
11 Proven Ways to Reduce or Eliminate Bloating. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-ways-to-reduce-bloating)
18 ways to reduce bloating: Quick tips and long-term relief. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322525.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app