Olahraga dan Kebugaran

Olahraga Kardio Paling Efektif

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jul 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Olahraga Kardio Paling Efektif

Selain makanan yang bernutrisi dan tidur yang cukup, olahraga merupakan salah satu yang sering terlewatkan. Alasan capai setelah bekerja, atau cuaca yang tidak mendukung membuat olahraga berat sekali dilakukan untuk sebagian orang. 

Olahraga kardio sering disebut-sebut sebagai salah satu olahraga yang tepat untuk mengembalikan stamina tubuh dan mudah dilakukan tanpa harus pergi ke pusat kebugaran (fitness centre). Apa saja olahraga kardio sehari-hari yang efektif untuk Anda yang sibuk bekerja? Baca penjelasan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Apa itu olahraga kardio?

Anda mungkin tidak asing mendengar istilah olahraga kardio, namun sebenarnya apa yang dimaksud olahraga kardio? Kardio merupakan singkatan dari kardiovaskuler (cardiovascular) yang berarti sistem peredarah darah dalam tubuh. 

Olahraga kardio ialah olahraga yang meningkatkan aktivitas jantung dan paru-paru. Sehingga, ketika seseorang melakukan olahraga kardio, maka paru-paru akan mengambil oksigen lebih banyak dan jantung memompa darah sekaligus membawa oksigen tersebut ke seluruh tubuh sesuai dengan fungsinya. Hal ini sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan membuat stamina tubuh lebih baik.

Apa saja yang termasuk olahraga kardio?

Aktifitas tubuh yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru bisa dianggap sebagai olahraga kardio. Namun, setiap orang berolahraga memiliki tujuan yang berbeda. 

Olahraga kardio merupakan salah satu olahraga yang terbukti bisa menurunkan berat badan dan meningkatan kebugaran tubuh. Berikut beberapa jenis olahraga kardio yang paling efektif:

  • Berjalan cepat atau berlari
    Berlari merupakan latihan kardio umum yang hampir bisa dilakukan siapa saja. Berjalan cepat atau berlari dapat meningkatkan intensitas jantung Anda dalam memompa darah.

    Jika Anda belum terbiasa, mulai dengan jarak dan waktu yang pendek, lalu perlahan naikan intensitasnya. Olahraga ini merupakan olahraga yang paling aman jika dilakukan di tempat yang tepat. 
  • Naik sepeda
    Akhir-akhir ini banyak sekali terbentuk komunitas bersepeda. Selain memperbanyak jaringan bersosialisasi, bersepeda merupakan kardio yang sangat digemari banyak orang. Pilih sepeda yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda dan jangan lupa gunakan helm dan pengaman kaki. Kesalahan dalam memilih jenis sepeda dapat membuat otot-otot Anda kram dan tidak nyaman. 
  • Berenang
    Berenang tidak hanya menyenangkan namun juga salah satu kardio yang sangat efektif. Ketika berenang, seluruh tubuh Anda bergerak. Selain itu, Anda juga berlatih mengatur pernapasan. Berenang merupakan olahraga yang aman bahkan untuk ‘bumil’ sekalipun.
  • Lompat tali
    Lompat tali adalah olahraga kardio yang paling mudah dilakukan di rumah. Selain itu, lompat tali juga tidak kalah efektif membakar lemak seperti berlari jauh.
  • Zumba
    Zumba berasal dari Columbia pada tahun 1990an yang gerakannya mirip dengan aerobic. Zumba sangat digemari karena tidak saja memiliki banyak variasi gerakan, namun juga diiringi musik yang membantu memompa semangat dalam berolahraga.

    Jika Anda tidak familiar dengan olahraga ini, datanglah ke salah satu tempat fitness atau senam yang biasanya sekarang memiliki program kelas Zumba. 

Keuntungan olahraga kardio

Olahraga Kardio memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh tubuh Anda dalam melakukan olahraga kardio.

  • Membakar lemak
    Tidak disangkal jika untuk sebagian orang berolahraga memiliki tujuan untuk membakar lemak. Olahraga kardio terbukti dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan.

    Namun, seperti yang dilansir beberapa jurnal publikasi kesehatan, bahwa olahraga kardio seperti lari, berenang, lompat tali tidak mengecilkan bentuk tubuh secara spesifik (seperti hanya ingin mengecilkan perut). Untuk membakar lemak bagian tubuh tertentu dibutuhkan gerakan-gerakan khusus seperti sit up.
  • Mengurangi stress
    Berolahraga dengan baik dan teratur dapat membantu tubuh memproduksi hormone endorphins yang dapat menurunkan stress. Jika stress berkurang, maka badan dan pikiran akan lebih produktif dan sehat.

Kapan dan siapa yang dapat melakukan kardio?

Anda adalah orang yang paling mengenal tubuh Anda. Apakah kardio dilakukan pada pagi hari, sore hari atau malam hari semua tergantung kesibukan dan jam di mana Anda merasa nyaman melakukan kardio. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Jika Anda tidak merasa yakin olahraga kardio apa yang tepat untuk Anda karena Anda pernah mengalami cedera atau bagian tubuh yang tidak berfungsi baik, selalu konsultasikan kepada dokter atau ahli medis sebelum memulai rutinitas berkardio.

Kembali kepada pertanyaan apa olahraga kardio yang paling efektif, setiap orang mempunyai jawaban yang berbeda. Setiap orang mempunyai tujuan, riwayat penyakit maupun cidera, dan juga aktifitas yang berbagai ragam. 

Kunci dari kardio yang efektif itu adalah jika diiringi dengan komitmen yang tinggi, jadwal yang teratur dan tentunya makanan yang bernutrisi. Selamat berolahraga! 


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10-minute home cardio workout. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/exercise/10-minute-home-cardio-workout/)
Calories burned lifting weights vs. cardio: Which is better?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323922.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app