14 Daftar Makanan Yang Kaya Kalium

Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Kalium adalah salah satu jenis elektrolit yang berperan aktif untuk menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh. Manusia dewasa diperkirakan membutuhkan 4500-4700 mg kalium per harinya. Dengan begitu, bagian penting tubuh seperti otak, saraf., otot, maupun jantung bisa berfungsi maksimal. 

Selain itu, kalium atau potasium juga berfungsi menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Nutrisi ini juga ampuh menjauhkan stroke, jantung, gangguan ginjal, maupun osteoporosis

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Sebaliknya, defisiensi kalium berpotensi menimbulkan efek seperti otot lemah, gampang capek, kesemutan, mual, konstipasi, hingga abnormalitas detak jantung. 

Nah, selain melalui suplemen (atas petunjuk dokter), kalium dapat juga diperoleh dari deretan makanan berikut:

1.Pisang

Satu buah pisang rata-rata memuat 420 mg kalium. Selain itu, pisang juga mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan sumber energi, serta serat yang dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Pisang juga memuat vitamin B6, C, dan juga antioksidan.

2.Kentang

Siapa sangka kalau sebutir kentang memuat 600 mg kalium?! Selain itu, umbi-umbian ini juga kaya karbohidrat, vitamin B6 dan C, serat, plus zat besi. Dibanding kentang goreng, yang dipanggang jauh lebih sehat, apalagi kalau itu disantap tanpa tambahan bumbu maupun saus seperti keju atau garam

3.Ubi

Terdapat sekitar 700 mg kalium dalam 1 buah ubi berukuran sedang. Kelebihan lain dari sumber karbohidrat ini adalah kalorinya juga lebih rendah, namun tetap kaya serat, vitamin C, dan beta karoten.

4.Tomat

Dibanding yang segar, tomat yang sudah diolah jadi saus atau dikeringkan ternyata lebih sarat kalium. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Semangkuk tomat kering misalnya, mengandung hingga 1800 mg kalium. Nutrisi lain yang ada dalam tomat kering antara lain serat, likopen, protein, dan vitamin C.

Sedangkan untuk saus tomat buatan rumahan, 50 gramnya saja sudah memuat 486 mg kalium, plus nutrisi lain seperti vitamin C dan likopen.  

5.Kacang merah

Dalam 100 gr kacang merah saja sudah terkandung 600 kalium, apalagi jika jumlah yang dimakan lebih dari itu. Contoh kacang lain yang juga tinggi kalium adalah kedelai serta edamame (155 gr saja memuat 676 mg kalium).

6.Alpukat

Selain mengandung 900 mg kalium, sebutir alpukat juga tinggi serat, lemak tak jenuh, vitamin K, sekaligus folat. Lebih dari itu, alpukat cocok untuk penderita hipertensi yang seringkali diimbau meningkatkan jumlah kaliumnya dan mengurangi asupan garamnya.  (sodium)

7.Seafood 

Beruntunglah Anda yang menyukai seafood, sebab kadar kalium yang tinggi dalam kerang, tuna, salmon, tenggiri, maupun ikan laut lainnya.  

8.Susu

Ingin memperoleh asupan kalium sebesar 350 mg? Cobalah minum segelas susu. Anda bisa memperoleh suplai kalium lebih banyak lagi (400 mg) kalau susunya bebas lemak. Alternatif lain untuk memperoleh kalium adalah melalui yogurt (1 cangkir memuat 350-500 mg kalium). 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

9.Bayam

Salah satu sayur padat gizi ini bisa mengandung kalium sebanyak 540 mg. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh asupan vitamin A, K, folat, serta magnesium dari sayuran berdaun hijau tersebut. 

10.Semangka

Makan 2 potong semangka saja sudah mampu memenuhi kebutuhan kalium tubuh sebesar 640 mg. Di samping itu, dari buah yang kaya airnya tersebut, tubuh juga memperoleh nutrisi penting lain seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, magnesium, vitamin A dan C.

11.Air kelapa

Secangkir (240 ml) air kelapa tak cuma mengandung 600 mg kalium saja. Namun salah satu alternatif minuman olahraga tersebut juga sarat magnesium, kalsium, sodium, dan mineral mangan. 

12.Aprikot kering

Mengonsumsi 6 butir aprikot kering digadang-gadang mampu memenuhi 488 mg kebutuhan tubuh akan kalium. Bonusnya lagi, buah kering satu ini juga tinggi serat, vitamin A dan E-nya. 

13.Bit

Bit atau akar bit mengandung 518 mg setiap 170 gr porsinya. Sayuran berwarna ungu gelap ini cocok untuk penderita hipertensi yang ingin memperoleh kalium dengan cara alami. 

14.Delima

Sebutir delima tak hanya memuat 666 mg kalium, tapi juga vitamin C dan K, folat, serta serat. 

Jadi itulah tadi daftar makanan yang kaya kalium. Meski sehat, tapi penderita gangguan ginjal dan jantung sebaiknya tidak mengonsumsi kalium berlebihan.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What foods are highest in potassium? List and benefits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325728.php)
15 Foods That Pack More Potassium Than a Banana. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/foods-loaded-with-potassium)
Potassium Rich Foods - 35 Foods High In Potassium. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/foods-rich-in-potassium)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app