Bayi Baru Lahir

12 Penyebab Utama Berat Lahir Rendah Pada Bayi

Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 4 menit
12 Penyebab Utama Berat Lahir Rendah Pada Bayi

Bayi yang lahir dengan berat kurang dari 2.500 gram dikatakan memiliki berat badan lahir rendah. Berat rata-rata bayi saat lahir adalah sekitar delapan pounds. Jika bayi dilahirkan antara 37 hingga 42 minggu tetapi beratnya kurang, maka bayi tersebut dianggap sebagai berat lahir rendah.

Bayi berat lahir rendah tampak lebih kecil daripada bayi berat lahir sehat dan kepala mereka tampak lebih besar daripada bagian tubuh lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Istilah berat lahir sangat rendah (ELBW) digunakan untuk menggambarkan bayi yang lahir dengan berat kurang dari 1.000 gram. Biasanya, bayi ELBW dilahirkan sekitar 27 minggu kehamilan atau lebih muda. Mereka dikenal sebagai yang termuda dari bayi baru lahir prematur.

Berat lahir sangat rendah (VLBW) digunakan untuk menggambarkan bayi yang lahir dengan berat kurang dari 1.500 gram. Kondisi VLBW dan ELBW dapat terjadi pada bayi yang lahir prematur.

Apa penyebab berat lahir rendah pada bayi?

Alasan untuk berat badan lahir rendah bisa banyak mulai dari faktor keturunan hingga kondisi kesehatan Anda dan kebiasaan diet selama kehamilan:

  • Kelahiran prematur

Bayi yang baru lahir dikatakan prematur ketika lahir sebelum 37 minggu kehamilan. Bayi yang sehat umumnya akan bertambah berat di bagian akhir kehamilan. Oleh karena itu, bayi yang lahir lebih awal akan memiliki lebih sedikit waktu untuk tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu.

Inilah sebabnya mengapa bayi prematur memiliki berat lebih sedikit atau tidak dapat menambah berat rata-rata. 

  • Pembatasan pertumbuhan intrauterin (IUGR):

Bayi yang lahir dengan pembatasan pertumbuhan intrauterin baik kecil terlahir penuh dan masih memiliki berat badan lahir rendah yang mungkin disebabkan oleh gaya hidup atau faktor genetik. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

IUGR terdiri dari dua jenis:

  • IUGR asimetris terjadi jika Anda menderita tekanan darah tinggi atau kekurangan gizi selama kehamilan. Bayi itu akan dilahirkan dengan ukuran kepala rata-rata, tipis dan dengan ukuran hati asimetris.
  • IUGR simetris terjadi karena infeksi intrauterin, kelainan kromosom dan faktor gaya hidup seperti penyalahgunaan alkohol. Dalam situasi ini, bayi berkembang relatif lambat sepanjang kehamilan Anda dan beratnya di bawah berat rata-rata. Mereka dapat mengembangkan masalah kesehatan sepanjang hidup.
  • Kehamilan ganda

Jika Anda mengandung lebih dari satu bayi, yaitu bayi kembar, kembar tiga atau lebih, berat masing-masing bayi akan di bawah 2.500 gram. Hal ini dikarenakan bayi bersaing untuk mendapatkan nutrisi, sehingga meregangkan rahim dan memberikan tekanan berlebih pada ibu.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, aliran darah ke bayi dari plasenta terganggu, sehingga berat lahir bayi lebih rendah.

  • Asupan obat-obatan atau alkohol

Konsumsi nikotin, obat-obatan atau alkohol selama kehamilan akan memengaruhi pertumbuhan bayi sehingga berdampak pada berat badannya. 

Zat-zat ini melepaskan bahan kimia berbahaya dalam plasenta yang mengubah pasokan oksigen ke bayi yang sedang tumbuh dan karena itu menghambat pertumbuhan dan perkembangannya.

  • Masalah plasenta

Jika Anda memiliki masalah terkait plasenta seperti plasenta previa (plasenta terletak sangat rendah di dalam rahim Anda yang menutupi leher rahim Anda) atau pre-eklampsia (komplikasi kehamilan akibat tekanan darah tinggi dan kerusakan ginjal), hal ini akan mempengaruhi aliran darah dan nutrisi ke janin. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Oleh karena itu, hal ini mengarah ke berat lahir rendah.

  • Kelainan rahim

Fibroid dan malfungsi uterus akan membatasi pertumbuhan bayi di uterus.

Diabetes biasanya dikaitkan dengan bayi besar, tetapi juga akan mengakibatkan persalinan prematur dalam beberapa kasus yang akan mempengaruhi berat bayi.

  • Kelainan serviks

Kelainan serviks dapat merangsang kelahiran prematur karena berada di bawah tekanan. Oleh karena itu, akan menyebabkan berat lahir rendah pada bayi. Namun, dokter mengobati kondisi ini dengan meletakkan jahitan, dan Anda disarankan untuk beristirahat total. 

  • Infeksi yang berkembang selama kehamilan

Sangat umum bagi Anda untuk tertular infeksi selama kehamilan. Penyakit dan pengobatan akan memiliki efek signifikan pada berat lahir bayi.

  • Riwayat sebelumnya

Jika Anda memiliki persalinan rendah atau persalinan prematur sebelumnya, kemungkinan persalinan dengan berat bayi rendah akan terulang lagi. 

  • Diet yang tidak benar

Jika Anda belum mendapatkan berat yang dibutuhkan selama kehamilan karena diet yang tidak seimbang atau kekurangan gizi, ada kemungkinan bayi berat lahir rendah. Bayi yang sedang tumbuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk berkembang, dan makanan Anda memainkan peran penting.

Efek berat lahir rendah pada perkembangan anak

Efeknya bervariasi dari bayi ke bayi, dan juga tergantung pada penyebab berat lahir rendah. Anak-anak jangka panjang dengan berat badan rendah tidak akan memiliki masalah, tetapi bayi prematur dengan berat badan rendah mungkin memiliki efek jangka panjang seperti:

  • Kesulitan bernafas seperti sindrom gangguan pernapasan bayi (RDS).
  • Risiko infeksi tinggi.
  • Masalah dengan makan dan penambahan berat badan.
  • Gula darah rendah (hipoglikemia).
  • Peningkatan jumlah sel darah merah yang bisa membuat darah kental.
  • Ketidakmampuan untuk tetap hangat.
  • Tingkat oksigen yang tidak memadai saat lahir.
  • Masalah gastrointestinal seperti enterokolitis nekrotikans (penyakit usus).
  • Masalah neurologis, termasuk perdarahan intraventrikular.
  • SIDS (sindrom kematian bayi mendadak),

Bagaimana cara mencegah berat lahir rendah

Tingkat kelangsungan hidup bayi lahir rendah meningkat sebagian besar karena kemajuan dalam perawatan bayi prematur dan lemah. Namun, pencegahan berat badan lahir rendah dapat dilakukan dengan mengambil langkah-langkah berikut:

  • Mulailah perawatan prenatal sejak dini

Perawatan prenatal adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari bayi berat lahir rendah dan kelahiran prematur. Ini mendeteksi segala penyakit medis seperti preeklampsia dan diabetes gestasional, yang mempengaruhi pertumbuhan janin. 

Selama kunjungan prenatal, dokter memantau kenaikan berat badan, tekanan darah, pertumbuhan bayi, dan detak jantung janin Anda.

  • Penambahan berat badan dan nutrisi yang sehat

Memiliki diet sehat dan bergizi terutama di awal kehamilan Anda. Tingkatkan asupan makanan yang kaya asam folat, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Ini membantu dalam meningkatkan berat lahir bayi dan membuat Anda tetap sehat.

  • Perubahan gaya hidup

Minum dan merokok meningkatkan kemungkinan memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah. Berhenti minum alkohol, merokok, dan menggunakan narkoba. Tidur yang cukup dan meminimalkan stres untuk membantu pertumbuhan janin.

  • Jaga agar kondisi medis tetap terkendali

Anda lebih cenderung memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah karena tekanan darah tinggi atau diabetes. Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga penyakit yang sudah ada ini terkendali untuk meminimalkan risiko.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app