Kehamilan

10 Makanan Untuk Meredakan Morning Sickness

Dipublish tanggal: Mei 12, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
10 Makanan Untuk Meredakan Morning Sickness

Tahap-tahap awal kehamilan bisa sangat mengasyikkan, tetapi juga bisa menimbulkan efek mual muntah dalam perut Anda.

Morning sickness adalah mual yang dirasakan banyak wanita hamil. Ini adalah efek samping yang tidak menyenangkan yang mungkin diikuti atau tidak diikuti oleh muntah. Beberapa wanita tidak pernah mengalaminya, sedangkan yang lain dapat dikesampingkan sepanjang hari dan selama berminggu-minggu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Bagi sebagian besar wanita, morning sickness mereda saat mereka memasuki trimester kedua, tetapi bagi yang lain, morning sickness dapat bertahan sepanjang kehamilan.

Apakah Anda sedang berjuang melawan mual setiap hari atau hanya sesekali? Berikut adalah beberapa saran resep yang enak dan mudah untuk membantu mengendurkan perut Anda sambil memberi Anda nutrisi dan kalori yang penting.

Beberapa Hal yang Perlu Diingat

Saat Anda mencari makanan yang bisa Anda makan, ingatlah bahwa tubuh setiap orang berbeda. Beberapa makanan mungkin menenangkan perut Anda, tetapi dapat menyebabkan orang lain muntah.

Catat setiap makanan yang sedang diinginkan dan hindari makanan dengan bau yang kuat. Makan makanan kecil lebih sering sepanjang hari juga dapat membantu mengurangi rasa mual muntah pada kehamilan.

Jika mual Anda sangat parah sehingga muntah beberapa kali sehari, bicarakan dengan dokter mengenai penanganan lebih lanjut. Anda mungkin menderita hiperemesis gravidarum, yang merupakan kondisi ekstrim dari morning sickness.

Kue Jahe Lembut

Jahe adalah obat rumahan yang dapat mengatasi gejala mual. Apa pun mulai dari minuman jahe hingga manisan jahe hingga mendidih jahe segar dalam air dengan sedikit gula dapat membantu melawan mual Anda.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Beberapa wanita juga menemukan bahwa karbohidrat lebih mudah dimakan ketika menderita mual di pagi hari.

Ingatlah bahwa makan untuk dua orang tidak berarti makan cukup kalori untuk memuaskan dua orang dewasa. Jika Anda memulai kehamilan dengan berat badan normal, Anda tidak perlu mengonsumsi kalori ekstra pada trimester pertama. Setelah Anda memasuki trimester kedua dan ketiga, Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 300 kalori ekstra sehari.

Lemonade

Beberapa wanita menemukan bahwa limun membantu menenangkan perut mereka. Sebagai bonus tambahan, limun dikemas dengan vitamin C. Vitamin C dikenal karena sifat antioksidannya dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi dari makanan nabati.

Es Loli/Pops

Pops dingin ini diisi dengan buah-buahan dan yogurt yang kaya nutrisi. Yogurt adalah sumber kalsium yang bagus dan dapat membantu menetralkan asam lambung.

Selai Kacang Apel

Siapkan selai kacang ini dan pasangkan dengan irisan apel untuk camilan cepat dan bernutrisi. Anda bahkan mungkin ingin menambahkan ini ke dalam rotasi setelah kehamilan. Itu membuat pilihan camilan sehat dan hebat untuk anak-anak.

Jika Anda tidak menyukai daging, menambahkan selai kacang atau yogurt ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Air Kelapa dan Smoothie Pisang

Apa yang Anda dapatkan ketika Anda mencampurkan air kelapa, oatmeal, pisang, almond, madu, dan jahe? Smoothie lezat yang menghidrasi yang sempurna untuk sarapan atau waktu lainnya.

Air kelapa secara alami menghidrasi dan mengandung lima elektrolit yang dibutuhkan tubuh Anda: kalium, natrium, magnesium, fosfor, dan kalsium. Mual pagi hari dapat menyebabkan dehidrasi, jadi gunakan resep ini untuk membantu Anda tetap segar.

Muffin Oat Pisang

Untuk awal yang sehat di pagi hari, buatlah snack muffin oat pisang ini. Selain mudah dan cepat, pilihan snack ini dapat memenuhi nutrisi serta dapat meredakan rasa mual perut Anda.

Pisang adalah sumber potasium dan zat besi yang baik, dan kombinasi molase, ekstrak vanila, dan gula merah menghasilkan jumlah rasa manis yang tepat.

Labu Butternut Bakar, Wortel, dan Sup Jahe

Sup tidak hanya untuk masuk angin. Resep sup sayur ini mudah disiapkan dan dipenuhi dengan nutrisi tinggi. Misalnya saja, wortel diisi dengan vitamin A, dan merupakan sumber biotin, vitamin K, serat makanan, molibdenum, kalium, vitamin B6, dan vitamin C.

Mengunyah lemon jahe

Seperti disebutkan sebelumnya, jahe dikenal sebagai obat anti-mual terbaik. Minyak lemon dalam resep ini  dapatmembantu menyeimbangkan rasa tajam dari jahe dan menambahkan beberapa efek mengurangi mual sendiri.

Cobalah makan dua kunyah, setiap dua hingga empat jam sesuai kebutuhan, atau hingga delapan per hari.

Protein Balls

Apakah Anda lelah hanya minum teh untuk meredakan mual? Resep sederhana untuk bola protein ini dapat membantu Anda menambahkan lebih banyak protein ke dalam diet Anda. Protein juga dianjurkan untuk wanita yang mengalami morning sickness.

Kacang-Kacangan Homemade

Dikemas dengan protein, kacang-kacangan adalah cara pasti untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Makanan kaleng sering kali mengandung sodium. Membuat versi buatan sendiri dari kaleng favorit Anda adalah cara yang bagus untuk mengurangi asupan natrium Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The 14 Best Foods to Eat When You're Nauseous. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-eat-when-nauseous)
Vomiting and morning sickness in pregnancy. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/morning-sickness-nausea/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app