HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. SCIENTIA INUKIRANA
Ditinjau oleh
DR. SCIENTIA INUKIRANA

Voltaren Ophtha Eye Drops: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Mar 4, 2020 Tinjau pada Sep 11, 2019 Waktu baca: 3 menit

Voltaren Ophtha Eye Drops adalah obat tetes mata yang digunakan untuk mengobati radang nonbacterial akut dan kronis pada bagian bola mata bagian depan. Voltaren Ophtha Eye Drops juga digunakan sebagai anti inflamasi/peradangan pasca operasi setelah ekstraksi katarak.Voltaren Ophtha Eye Drops mengandung zat aktif Diclofenac, obat yang termasuk golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID).Berikut adalah informasi lengkap Voltaren Ophtha Eye Drops yang disertai tautan merk-merk obat lain yang mengandung zat aktif yang sama.

Mengenai Voltaren Ophtha Eye Drops

Golongan

Harus dengan resep dokter

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kemasan

Voltaren Ophtha Eye Drops dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Botol 5 mL tetes mata

Kandungan

Tiap kemasan Voltaren Ophtha Eye Drops mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Natrium diclofenac 1 mg / mL tetes mata

Manfaat Voltaren Ophtha Eye Drops

Kegunaan Voltaren Ophtha Eye Drops (Diclofenac) adalah untuk mengobati radang nonbacterial akut dan kronis pada bagian anterior mata. Voltaren Ophtha Eye Drops juga digunakan sebagai anti inflamasi/peradangan pasca operasi setelah ekstraksi katarak.

Efek Samping Voltaren Ophtha Eye Drops

Berikut adalah beberapa efek samping Voltaren Ophtha Eye Drops (Diclofenac) yang diketahui :

  • Efek samping Voltaren Ophtha Eye Drops (Diclofenac) yang umum misalnya, sensai terbakar dan menyengat, namun efek samping ini bersifat sementara.
  • Obat tetes mata ini juga bisa menyebabkan tekanan intra okular tinggi.
  • Efek samping lain misalnya muntahmual, gatal-gatal, mata kemerahan, keratitis punctata, midriasis, dan penglihatan kabur yang bersifat sementara.

Dosis Voltaren Ophtha Eye Drops

Voltaren Ophtha Eye Drops (Diclofenac) diberikan dengan dosis :

  • Nyeri akibat trauma : 1 tetes 5x sehari selama 2 hari
  • Peradangan paska operasi mata : 1 tetes 5x sehari hingga 28 hari
  • Konjuctivitis alergi 1 tetes 5x sehari
  • dosis dapat ditingkatkan atau diturunkan berdasarkan indikasi medis dan respon terapi

dosis selengkapnya lihat di diclofenac.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Interaksi obat

Berikut adalah efek yang terjadi jika obat-obat yang mengandung Diclofenac digunakan dengan obat-obat lain :

Kontraindikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap Diclofenac, riwayat reaksi alergi (bronkospasme, shock, rhinitis, urtikaria) setelah penggunaan aspirin atau NSAID lainnya (misalnya, ibuprofen, celecoxib).
  • Sebaiknya tidak menggunakan Voltaren Ophtha Eye Drops (Diclofenac) saat memakai lensa kotak/softlense.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan pasien selama menggunakan Voltaren Ophtha Eye Drops (Diclofenac) adalah sebagai berikut :

  • Hati-hati menggunakan obat tetes mata ini untuk pasien yang sering mengalami kecenderungan perdarahan.
  • Jika terdapat infeksi, penggunaan obat ini dilakukan secara hati-hati. Jika diperlukan bisa digunakan obat yang mengandung anti infeksi mata.
  • Meskipun belum diketahui seberapa besar obat yang masuk ke sistem jika digunakan pada sediaan tetes mata, obat-obat yang mengandung diclofenac harus digunakan secara hati-hati pada wanita hamil terutama pada semester akhir kehamilan.
  • Belum diketahui apakah Diclofenac diekskresikan melalui ASI. Tetapi mengingat efek yang buruk obat ini terhadap anak-anak sebaiknya jangan menyusui saat menggunakan obat ini.
  • Jika tanda-tanda reaksi anafilaksis (misalnya, kesulitan bernafas, pembengkakan wajah atau tenggorokan) terjadi segera hubungi pihak medis.

Penggunaan Voltaren Ophtha Eye Drops untuk wanita hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan Diclofenac kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Hasil studi pada hewan tidak selalu bisa dijadikan ukuran keamanan penggunaan obat pada manusia. Oleh karena penelitian secara klinis yang terkendali dengan baik belum dilakukan, penggunaan obat ini oleh ibu hamil harus dikonsultasikan dengan dokter.Voltaren Ophtha Eye Drops jika diberikan pada wanita hamil terutama pada trimester akhir, harus dilakukan secara hati-hati. Hal ini karena diclofenac dapat menyebabkan penutupan dini duktus arteriosus.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Side Effects of Voltaren Ophthalmic (Diclofenac Sodium Ophthalmic Solution), Warnings, Uses. RxList. (https://www.rxlist.com/voltaren-ophthalmic-side-effects-drug-center.htm)
Voltaren Ophthalmic (Diclofenac Sodium Ophthalmic Solution): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning. RxList. (https://www.rxlist.com/voltaren-ophthalmic-drug.htm)
Voltaren Ophthalmic Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/voltaren-ophthalmic.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app