Sebelum Mudik Lebaran, Ini Daftar Makanan yang Harus Dibawa

Dipublish tanggal: Mei 23, 2019 Update terakhir: Apr 5, 2021 Tinjau pada Jun 19, 2019 Waktu baca: 5 menit
Sebelum Mudik Lebaran, Ini Daftar Makanan yang Harus Dibawa

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Selain bawa pakaian, jangan lupa siap sedia makanan dan camilan supaya tubuh tetap fit selama di perjalanan.
  • Makanan sehat yang dapat dibawa saat mudik Lebaran adalah air putih, roti gandum, telur rebus, jus buah, kacang-kacangan, dan oatmeal.
  • Hindari makanan yang dapat mengganggu pencernaan saat mudik, misalnya minuman berkafein, minuman bersoda, dan makanan tinggi kalori.
  • Jika mengalami mabuk perjalanan, atasi dengan duduk tegak, isap permen mint atau permen jahe, hingga minum obat mual.
  • Jaga selalu kesehatan Anda saat mudik dengan minum vitamin dan suplemen yang tersedia di HDmall. Beli sekarang di sini.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, orang-orang biasanya lebih fokus mempersiapkan pakaian dan obat-obatan yang harus dibawa saat mudik Lebaran. Namun coba ingat-ingat lagi, apakah Anda juga sudah mempersiapkan bekal makanan untuk dibawa nanti selama di perjalanan?

Walaupun Anda mudik dalam keadaan berpuasa, Anda tetap perlu membawa bekal makanan untuk jaga-jaga berbuka puasa di jalan. Makanan yang dibawa pun harus tetap bergizi dan sehat supaya stamina tubuh tetap fit saat di perjalanan. Lantas, apa saja makanan yang harus dibawa dan dihindari saat mudik Lebaran? Mari simak daftarnya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Tips mudik Lebaran: makanan yang harus dibawa

Selain menyiapkan fisik dan barang bawaan, jangan lupa siapkan juga bekal makanan sebelum mudik Lebaran. Pasalnya, Anda akan menempuh perjalanan cukup jauh dan waktu lama sehingga Anda perlu siap sedia makanan dan camilan supaya tubuh tetap fit selama di perjalanan.

Kuncinya adalah bawalah jenis makanan yang sehat, praktis, dan tidak mudah basi. Supaya tidak bingung, berikut pilihan makanan dan minuman yang bisa Anda bawa saat mudik Lebaran, yaitu:

1. Air putih

Cuaca terik dan kondisi jalanan yang padat sering kali membuat pemudik gampang emosi. Tenang, minum air putih bisa menjadi solusi untuk mengembalikan mood Anda.

Ya, air putih merupakan minuman wajib yang harus dibawa saat mudik Lebaran. Ada banyak manfaat air putih bagi kesehatan, mulai dari menjaga hidrasi tubuh, mencegah sakit kepala, melancarkan pencernaan, hingga mengembalikan suasana hati yang buruk selama di perjalanan. 

2. Roti gandum

Roti gandum bisa menjadi pilihan bekal praktis dan siap santap. Bekal mudik ini juga dijamin sehat karena mengandung rendah kalori, yaitu sekitar 76 kalori.

Bila dibandingkan dengan jenis roti lainnya, kandungan serat pada roti gandum 3 kali lipat lebih banyak. Ini akan membantu Anda kenyang lebih lama dan mencegah sembelit selama di perjalanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Baca selengkapnya: Tips Memilih Roti yang Menyehatkan

3. Telur rebus

Ketika Anda membutuhkan banyak energi untuk menghadapi macetnya jalanan, maka jangan lupa bawa makanan tinggi protein sebagai bekal. Ada banyak makanan sumber protein yang bisa Anda bawa, tapi kalau ingin lebih praktis cukup bawa beberapa butir telur rebus.

Telur juga mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menstabilkan gula darah, meningkatkan konsentrasi, dan membangun otot tubuh. Ketika tubuh mulai terasa lelah atau hilang fokus saat mudik, segera makan telur rebus untuk mendongkrak energi Anda.

4. Jus buah

Para pemudik sangat rentan mengalami dehidrasi di perjalanan. Apalagi bila Anda bepergian jauh dalam kondisi berpuasa, kekurangan cairan dalam tubuh bisa membuat Anda gampang pusing dan mual selama mudik.

Untuk menyiasatinya, bawalah jus buah sebagai bekal mudik Lebaran. Beberapa jenis buah, seperti semangka, jeruk, atau kelapa, mengandung tinggi air sehingga bisa membantu mengembalikan cairan yang hilang.

Selain diolah menjadi jus, Anda juga bisa membawa potongan buah-buahan supaya lebih praktis, misalnya potongan buah melon, apel, pisang, atau jeruk. Buah yang dimakan secara langsung umumnya mengandung serat lebih banyak. Ini akan membantu melancarkan pencernaan Anda dan mengurangi risiko sembelit selama di perjalanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

5. Kacang-kacangan

Bagi sebagian orang, tidak lengkap rasanya bila perjalanan jauh tanpa membawa kacang. Ya, camilan ini bisa menjadi salah satu bekal makanan yang wajib dibawa saat mudik Lebaran.

Golongan kacang-kacangan mengandung nutrisi lengkap, di antaranya serat, karbohidrat kompleks, antioksidan, protein, hingga berbagai vitamin dan mineral. Hanya dengan makan kacang-kacangan saja sudah bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Kacang kenari, misalnya, mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengendalikan hormon stres dalam tubuh. Jadi, Anda akan lebih mudah menghadapi stres dan tekanan selama mudik Lebaran.

6. Oatmeal

Oatmeal bukan cuma bisa dijadikan menu sarapan, tapi juga cocok dibawa sebagai teman perjalanan mudik. Selain praktis dibuat, oatmeal juga mengandung tinggi serat sehingga baik bagi pencernaan.

Makanan yang harus dihindari saat mudik Lebaran

Setelah mengetahui makanan sehat yang harus dibawa saat mudik Lebaran, Anda juga perlu tahu makanan apa saja yang harus dihindari. Hati-hati, salah pilih makanan selama mudik Lebaran dapat memicu gangguan kesehatan dan mengganggu perjalanan.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan Saat Mudik yang Perlu Anda Waspadai

Makanan yang harus dihindari saat mudik adalah makanan yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan menurunkan sistem imun tubuh. Contohnya adalah sebagai berikut:

1. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti teh atau kopi ternyata bukanlah pilihan yang tepat. Ini karena kafein dalam minuman dapat membuat jantung berdebar-bedar dan meningkatkan rasa gelisah.

Bagi sebagian orang, kopi memang ampuh membuat mata melek dan lebih fokus selama di perjalanan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa efek tersebut hanyalah sementara.

Lama-kelamaan, kandungan kafein dari kopi akan menurun dalam tubuh. Efeknya justru membuat Anda jadi lebih sensitif, mudah marah, dan susah fokus. Alih-alih menyehatkan, minum kopi saat mudik Lebaran justru mengganggu kesehatan Anda.

Baca juga: Kopi dan Kafein: Jumlah Aman dan Efeknya Pada Tubuh

2. Minuman bersoda

Bagi Anda pecinta minuman bersoda, sebaiknya keluarkan jenis minuman ini dari daftar perbekalan. Ya, minuman bersoda termasuk salah satu minuman yang harus dihindari saat mudik Lebaran.

Soda memang sedikit banyak dapat melegakan dahaga dan meningkatkan energi. Namun pada saat bersamaan, gas dari karbonasi minuman bersoda juga akan menekan lambung. Akibatnya, Anda malah mengalami sakit perut atau kembung selama di perjalanan.

3. Makanan tinggi kalori

Kentang goreng, keripik, atau permen biasanya menjadi camilan andalan untuk dikonsumsi saat di perjalanan. Padahal, jenis makanan tersebut mengandung tinggi kalori, sehingga tidak baik bagi berat badan dan kesehatan tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kalori akan membuat tubuh kekurangan asupan serat. Ketika kebutuhan serat tidak tercukupi, maka Anda dapat mengalami sembelit sehingga perjalanan mudik pun jadi terganggu.

Alami mabuk perjalanan, apa yang harus dilakukan?

Apa pun moda transportasi yang Anda gunakan saat mudik, mabuk perjalanan kadang sulit dihindari. Kondisi ini umumnya ditandai dengan rasa mual, pusing, hingga keringat dingin selama di perjalanan.

Posisi duduk ternyata bisa memengaruhi parah atau tidaknya sensasi mabuk perjalanan. Duduk di kursi belakang mobil, membelakangi arah laju kereta, atau kursi paling belakang pesawat paling rentan menyebabkan mabuk perjalanan.

Tenang, berikut cara mengatasi mabuk perjalanan saat mudik Lebaran:

  1. Tegakkan posisi duduk. Pindah posisi duduk juga bisa membantu. Pindahlah ke kursi bagian depan mobil atau kursi dekat sayap pesawat untuk mengatasi mabuk perjalanan.
  2. Rilekskan tubuh. Tarik napas dalam lewat mulut dan buang pelan-pelan lewat hidung. Rasakan setiap oksigen yang masuk melawan rasa mual dan pusing dalam tubuh.
  3. Lihat objek jarak jauh yang lebih stabil. Bila Anda mudik Lebaran dengan mobil, lihatlah pemandangan pada kaca depan. Sementara jika sedang di pesawat, lihatlah ke arah jendela.
  4. Hindari membaca buku atau main HP di dalam mobil atau kendaraan lainnya. Hal ini dapat membuat mata jadi lelah dan memicu sakit kepala.
  5. Isap permen mint atau permen jahe. Sensasi pedas dan hangatnya dapat membantu merilekskan tubuh dan mengatasi mual.
  6. Minum obat pereda mual. Selalu letakkan obat-obatan di dalam tas atau tempat yang mudah dijangkau.

Baca juga: Daftar Obat yang Harus Dibawa Saat Mudik Lebaran

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
British Nutrition Foundation. A healthy Ramadan. (https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html). Mei 2019.
Cornell University. Tips for Healthy Ramadan Fasting. (https://health.cornell.edu/about/news/ramadan-fasting).
Firstcry Parenting. 15 Healthy Foods to Pack When You Travel. (https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-15-healthy-foods-to-pack-when-you-travel/). 8 Maret 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app