TERMINALIA: MANFAAT, KEGUNAAN, DAN EFEK SAMPING
Ditulis oleh
TERMINALIA: MANFAAT, KEGUNAAN, DAN EFEK SAMPING
DR. VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN

Terminalia: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Okt 1, 2019 Waktu baca: 3 menit

Terminalia merupakan pohon dari keluarga Combretaceae yang memiliki beberapa jenis spesies, umumnya dapat digunakan untuk pengobatan. Spesies tersebut yaitu Terminalia arjuna, Terminalia bellerica, dan Terminalia chebula.

Terminalia arjuna  dapat tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 30 meter, memiliki bunga berwarna kuning muda dan daunnya berbentuk kerucut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Terminalia bellirica memiliki daun lonjong yang berkelompok dan bunga kehijauan, memiliki bau busuk dengan buah berwarna coklat yang seukuran dengan buah kenari. Sedangkan terminalia chebula dapat tumbuh sekitar 21 meter, memiliki bunga putih dan buah-buahan kecil.

Biasanya, terminalia arjuna digunakan kulitnya. Tetapi, pada spesies terminalia lainnya yang digunakan adalah buahnya. Terminalia dalam pengobatan Ayurvedic telah digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan. Ketiga spesies terminalia tentu saja memiliki kegunaan dan manfaat yang berbeda-beda serta beragam untuk tubuh Anda.

Kegunaan Terminalia

Terminalia arjuna biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit kardiovaskular seperti gangguan jantung dan pembuluh darah. Juga termasuk untuk penyakit jantung dan nyeri dada yaitu gagal jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Terminalia bellerica digunakan untuk melindungi hati dan mengobati kondisi pernapasan, seperti infeksi saluran pernapasan, batuk, dan sakit tenggorokan. Sedangkan Terminalia Chebula digunakan untuk penyakit disentri, obat kumur, dan infeksi vagina.

Walaupun spesies terminalia memiliki peran masing-masing, tetapi saat dikombinasikan tentu saja tidak mengurangi nilai manfaat yang dimilikinya.

Terminalia bellerica bahkan telah digunakan sebagai penyeimbang kesehatan dalam kombinasi dengan Terminalia chebula dan Emblica officinalis. Kombinasi ini dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dan mencegah kematian jaringan jantung. Kombinasi tersebut telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda secara tradisional.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Kandungan Terminalia

Kandungan kimia yang terdapat pada terminalia, yaitu:

  • Tannin
  • Flavonoid
  • Asam amino
  • Fruktosa
  • Resin
  • Minyak

Kandungan lainnya seperti antrakuinon, asam galat, asam chebulinic dan asam chebulagic, asam ellagic, dan ethanedioic.

Terminalia arjuna memiliki akar yang mengandung asam arjunat oleanane triterpenoid, arjungenin, glikosida, dan cardenolide.

Manfaat penggunaan Terminalia

Berikut beberapa manfaat terminalia secara umum yang dapat Anda ketahui.

Sebagai antimikroba

Ekstrak organik daun dari terminalia arjuna dapat menghambat pertumbuhan S. aureus, Proteus mirabilis, Acinetobacter, dan P. aeruginosa pada manusia. Selain itu, ekstrak kulitnya menunjukkan aktivitas penghambatan terhadap beberapa bakteri.

Terminalia bellirica juga menunjukkan aktivitas antimikroba secara in vitro, termasuk aktivitas melawan S. aureus.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Mengobati kanker

Terminalia chebula  dalam bentuk buah kering dan terminalia arjuna dalam ekstrak kulit telah diselidiki memiliki aktivitas melawan garis sel kanker manusia. Hasilnya, terjadi penghambatan pertumbuhan dan efek sitotoksik terlihat jelas.

Manfaat Terminalia secara khusus:

Terminalia Arjuna memiliki beberapa manfaat seperti:

Terminalia Bellerica memiliki beberapa manfaat seperti:

  • Sebagai pencahar
  • Menyembuhkan batuk dan pilek
  • Meningkatkan kesehatan seksual
  • Mencegah penuaan
  • Menurunkan kolesterol
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Sebagai obat kumur

Terminalia Chebula memiliki beberapa manfaat seperti:

  • Meningkatkan memori
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Membantu pencernaan
  • Mencegah rambut rontok
  • Menghilangkan jerawat
  • Menurunkan  berat badan
  • Memperkuat otot dan sendi

Efek Samping penggunaan Terminalia

Terminalia arjuna kemungkinan aman bila diminum kurang lebih sekitar tiga bulan. Untuk spesies lainnya tidak cukup diketahui tentang informasi keamanan Terminalia bellerica dan Terminalia chebula. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Terminalia arjuna mungkin tidak aman digunakan selama kehamilan dan untuk wanita menyusui . Keamanan dua spesies lainnya selama kehamilan tidak diketahui.

Terminalia dapat memperlambat pembekuan darah. Kemungkinan dapat meningkatkan risiko memar dan pendarahan pada orang dengan gangguan perdarahan.  Selain itu, terminalia juga dapat menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes harus berhati-hati saat menggunakannya.

Terminalia dapat mengganggu kontrol gula darah dan meningkatkan risiko perdarahan selama operasi. Anda disarankan untuk berhenti minum terminalia setidaknya 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Fahmy, Nouran & Alsayed, Eman & Singab, Abdel Nasser. (2015). Genus Terminalia: A phytochemical and Biological Review. Medicinal & Aromatic Plants. 04. 10.4172/2167-0412.1000218.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/285751215_Genus_Terminalia_A_phytochemical_and_Biological_Review)
Cock, Ian. (2015). The medicinal properties and phytochemistry of plants of the genus Terminalia (Combretaceae). Inflammopharmacology. 23. 203-229. 10.1007/s10787-015-0246-z.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/280601958_The_medicinal_properties_and_phytochemistry_of_plants_of_the_genus_Terminalia_Combretaceae)
Terminalia:Uses, Side Effects, Dosage, Interactions & Health Benefits. eMedicineHealth. (https://www.emedicinehealth.com/terminalia/vitamins-supplements.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app