Susu Organik dan Beragam Manfaatnya

Mengapa permintaan susu organik meningkat begitu cepat? Jawaban yang jelas adalah bahwa susu organik memiliki kandungan yang lebih sehat dibandingkan dengan susu konvensional.Pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat kesehatan dari mengkonsumsi susu organik. Selamat membaca.
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Susu Organik dan Beragam Manfaatnya

Saat ini terdapat banyak jenis susu yang dijual dipasaran, salah satunya yaitu susu organik. Manfaat kesehatan dari susu organik yaitu susu organik memiliki kadar asam lemak omega 3 dan CLA yang lebih tinggi, lebih banyak kandungan antioksidan, dan vitaminnya daripada susu biasa. 

Susu merupakan komponen terpenting dari komponen makanan yang dengan mengkonsumsinya dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Namun, kebanyakan perusahaan susu modern menggunakan berbagai jenis bahan kimia dalam produksi susu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Bahan kimia tersebut termasuk pestisida dan pupuk untuk pakan ternak, yang diumpankan ke sapi.

Penggunaan berlebihan pada bahan kimia tersebut dalam produksi susu konvensional, dan efek berbahaya dari bahan kimia tersebut telah meningkatkan permintaan akan produksi susu organik dari konsumen yang sadar akan kesehatan.

Mengapa permintaan susu organik meningkat begitu cepat? Jawaban yang jelas adalah bahwa susu organik memiliki kandungan yang lebih sehat dibandingkan dengan susu konvensional.

Pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat kesehatan dari mengkonsumsi susu organik. Selamat membaca.

Kandungan omega 3 yang tinggi

Susu organik memiliki lebih banyak kandungan omega 3 daripada susu non-organik. Tetapi mengapa Omega 3 begitu penting? Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat. 

Mengkonsumsi asam lemak omega 3 secara teratur dapat melindungi Anda dari berbagai macam penyakit dan membantu mengurangi timbulnya penyakit jantung, peradangan (pada penyakit kulit seperti eksim), kanker, dan radang sendi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat mengurangi atau menunda timbulnya Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang juga dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig.

Penelitian yang dilakukan di University of Aberdeen menunjukkan bahwa susu organik memiliki sekitar 71% lebih banyak omega 3 daripada susu konvensional. Mengapa susu organik memiliki lebih banyak Omega 3 daripada susu konvensional? 

Menurut penelitian, sapi organik, yang digembalakan di padang rumput, diberi makan semanggi merah dalam jumlah yang lebih tinggi daripada sapi konvensional. 

Semanggi merah mengandung sejumlah besar Omega 3, yang berpindah ke sapi dan kemudian ke manusia melalui susunya.

Memiliki banyak kandungan asam linoleat terkonjugasi

Conjugated linoleic acid (CLA) dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, kekebalan terhadap penyakit, dan pertumbuhan otot. CLA juga dapat mengurangi lemak perut, kolesterol, dan reaksi alergi

Perlu dicatat bahwa tubuh manusia tidak dapat menghasilkan zat tersebut dan sebagian besar asupan CLA didapat melalui susu dan produk susu yang dikonsumsi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Tidak ada kontaminasi bahan kimia

Sapi organik memakan rumput yang ditanam melalui cara organik. Oleh karena itu, susu sapi organik tidak terkontaminasi oleh bahan kimia berbahaya seperti residu pestisida, pupuk, dan hormon.

Dengan mengkonsumsi susu organik, Anda juga dapat memastikan bahwa Anda tidak membahayakan lingkungan. Pestisida yang digunakan dalam pertanian non-organik dapat memusnahkan banyak spesies serangga, kupu-kupu, dan burung yang bermanfaat.

Memiliki lebih banyak kandungan antioksidan

Susu organik memiliki konsentrasi antioksidan dua hingga tiga kali lebih tinggi, seperti lutein dan zeaxanthin daripada susu non-organik. Lutein sangat penting untuk kesehatan mata dan efektif dalam mencegah berbagai macam penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Zeaxanthin juga penting untuk kesehatan mata yang baik. Zat tersebut dapat melindungi mata dari kerusakan UV dan dampak radikal bebas. Zeaxanthin sangat membantu dalam mencegah katarak, retinopati diabetik, glaukoma dan degenerasi makula.

Penelitian yang dilakukan oleh Institut Ilmu Pertanian Denmark dan Universitas Newcastle telah menunjukkan bahwa susu organik memiliki konsentrasi vitamin yang lebih tinggi seperti vitamin A dan E daripada susu konvensional.

Vitamin E berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas dan dengan demikian dapat menunda tanda-tanda penuaan. Vitamin E juga dapat mengurangi timbulnya berbagai penyakit kronis termasuk penyakit jantung, diabetes dan katarak.  

Seseorang yang kurang mengkonsumsi vitamin E dapat diperbaiki dengan meminum susu organik setiap hari.

Beta karoten dikonversi oleh tubuh kita menjadi Vitamin A. Vitamin A, juga disebut retinol yang berguna untuk menjamin penglihatan yang kuat, meningkatkan resistensi terhadap infeksi, pertumbuhan tulang, perkembangan gigi, ekspresi gen dan lain-lain.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Organic Production Enhances Milk Nutritional Quality by Shifting Fatty Acid Composition: A United States–Wide, 18-Month Study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3857247/)
Organic milk 'is healthier' than conventional milk, study says. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/organic-milk-is-healthier-than-conventional-milk-study-says/)
Milk: Health benefits, nutrition, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/296564)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app