Stimuno : Kegunaan, Dosis, Efek Samping, dll

Update terakhir: Feb 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 885.527 orang

Stimuno obat apa?

Stimuno adalah obat dari jenis fitofarmaka yang digunakan untuk membantu memperbaiki sistem imun dan membantu mempercepat proses penyembuhan dari sakit. Bahan aktifnya yang berasal dari herbal alami tanaman Phyllanthus atau lebih dikenal sebagai tanaman meniran. Bahan aktif meniran diketahui memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi serta imunomodulator. Suplemen makanan yang dipasarkan oleh PT. Dexamedica ini merupakan jenis obat fitorfarmaka bebas yang dapat dikonsumsi tanpa resep dokter. Sebagai tambahan informasi, berikut kami ulas kegunaan, dosis lazim, efek samping, kemungkinan interaksi Stimuno dengan obat atau herbal lainnya serta informasi keamanan obat ini untuk ibu hamil dan menyusui.

Ikhtisar Obat Stimuno

Jenis obat Imunomodulator
Kandungan Ekstrak Phyllanthus niruri L
Kegunaan Membantu memperbaiki sistem imun
Kategori Obat bebas
Konsumen Anak-anak dan dewasa
Kehamilan Kategori N
Sediaan Stimuno syrup 60 ml dan 100 ml dengan varian rasa original, anggur dan orange berry; Stimuno stick pack rasa jeruk beri

Mekanisme Kerja

Cara kerja stimuno dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa ekstrak herbal Phyllanthus niruri L. Tanaman yang dikenal sebagai meniran ini sudah sejak lama digunakan sebagai bahan obat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti mengatasi penyakit kuning, malaria, dan batu saluran kemih, namun masih diolah secara tradisional. Dalam Phyllantus terdapat senyawa yang bersifat imunomodulator atau yang dapat membantu memperbaiki sistem imun dengan membantu tubuh memproduksi lebih banyak antibodi sehingga mengaktifkan kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh menjadi lebih optimal. Dengan begitu proses penyembuhan dari sakit akan lebih optimal.

Indikasi atau Kegunaan Stimuno

Stimuno digunakan sebagai suplemen tambahan untuk membantu meningkatkan kerja sistem imun, terutama pada mereka yang sedang sakit. Juga digunakan untuk membantu menjaga kesehatan dan mencegah kekambuhan beberapa penyakit infeksi saluran pernapasan dan saluran kemih.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat ini atau memiliki sistem imun yang hiperaktif seperti pada penderita penyakit autoimun tidak boleh menggunakan obat ini.

Dosis Stimuno dan Cara Penggunaan

Stimuno tersedia dalam bentuk sediaan syrup dengan kekuatan dosis tiap sendok takarnya (5 ml) mengandung ekstrak Phyllanthus niruri 25 mg. Ingat! Dosis yang tepat adalah yang tertera di kemasan obat atau yang dianjurkan oleh dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut: Dosis Stimuno untuk membantu menjaga kesehatan
  • Dosis anak-anak: 1 sendok takar (5 ml) 3 kali sehari.
  • Dosis dewasa: 2 sendok takar (5 ml) 3 kali sehari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini setelah makan.
  • Selalu ikuti anjuran yang tertera pada kemasan produk atau berdasarkan resep dari dokter sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Stimuno pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Stimuno

Stimuno umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, beberapa efek samping ringan mungkin muncul dan perlu diperhatikan. Beberapa efek samping itu diantaranya nyeri perut ringan atau diare.

Efek Overdosis Stimuno

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis Stimuno pada manusia. Namun jika digunakan dalam dosis tinggi dan jangka waktu yang lama obat ini berisiko memperburuk kondisi penderita diabetes atau masalah pembekuan darah serta penderita gangguan fungsi imun. Jika kondisi ini terjadi segeralah konsultasikan dengan dokter.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:
  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat ini.
  • Hati-hati penggunaan pada penderita gangguan fungsi hati dan ginjal parah, penderita diabetes atau masalah kelainan darah.
  • Tidak dianjurkan diberikan pada anak-anak umur di bawah 1 tahun.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Stimuno untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Penggunaan Stimuno pada ibu hamil belum diketahui manfaat dan kemungkinan efek sampingnya. Oleh karena itu penggunaan suplemen ini sebaiknya dihindari atau hanya jika manfaatnya dirasa lebih besar dari kemungkinan efek samping yang ditimbulkan.
  • Belum diketahui apakah bahan aktif Stimuno dapat masuk dan mengkontaminasi ASI ibu menyusui. Oleh karena itu penggunaannya sebaiknya dihindari selama masa menyusui.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit