Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Sengatan Tawon - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 12, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.510.393 orang

Sengatan tawon merupakan suatu kejadian yang biasa terjadi, terutama selama musim yang hangat ketika orang-orang berada di luar untuk waktu yang lama. Sengatan tawon akan terasa tidak nyaman, tetapi kebanyakan orang dapat sembuh dengan cepat dan tanpa ada komplikasi.

Tawon merupakan hewan seperti lebah dan hewan penyengat yang dilengkapi dengan penyengat sebagai alat pertahanan diri. Sengatan tawon mengandung bisa (zat beracun) yang ditularkan ke manusia selama terjadi sengatan. Sementara seekor lebah hanya bisa menyengat sekali karena penyengatnya dapat tersangkut di kulit korbannya, sedangkan seekor tawon dapat menyengat lebih dari sekali selama serangan dan alat penyengat tawon akan tetap utuh.

Namun, bahkan tanpa alat penyengat pun, racun tawon dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi yang sangat nyeri.

Gejala sengatan tawon

Kebanyakan orang yang tersengat tawon tidak mengalami reaksi alergi dari sengatannya, seseorang hanya akan menunjukkan gejala ringan selama dan setelah sengatan tawon. Gejala awalnya dapat berupa rasa sakit yang tajam atau rasa terbakar di tempat yang tersengat. Kemerahan, pembengkakan, dan gatal dapat juga terjadi.

Reaksi daerah sengatan yang normal

Anda kemungkinan akan mengalami luka bekas sengatan yang timbul di sekitar tempat sengatan. Tanda putih kecil dapat terlihat di tengah luka bekas sengatan di mana penyengat tersebut menusuk kulit Anda. 

Biasanya, rasa nyeri dan bengkak akan mereda dalam beberapa jam setelah disengat. Kecuali Anda mengalami alergi, sebagian besar sengatan tawon dan lebah dapat diobati di rumah.

Reaksi daerah sengatan yang besar

Reaksi sengatan yang besar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gejala yang lebih jelas terkait dengan sengatan tawon atau sengatan lebah. Seseorang yang memiliki reaksi sengatan yang besar mungkin akan mengalami alergi terhadap sengatan tawon, tetapi tidak mengalami gejala yang mengancam jiwa, seperti syok anafilaksis

Reaksi sengatan yang besar terhadap sengatan tawon termasuk kemerahan dan pembengkakan yang timbul selama dua atau tiga hari setelah sengatan. Mual dan muntah juga bisa terjadi.

Sebagian besar waktu, reaksi sengatan yang besar dapat mereda sendiri selama satu minggu atau lebih. Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki reaksi sengatan yang besar setelah sengatan tawon. 

Dokter mungkin akan mengarahkan Anda untuk mengkonsumsi obat antihistamin yang dijual bebas (seperti Benadryl) untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan Anda.

Sekali Anda mengalami reaksi sengatan yang besar setelah terjadi sengatan tawon bukan berarti Anda akan mengalami reaksi sengatan yang sama di kemudian hari. Anda bisa mengalami satu reaksi kuat dan tidak menunjukkan gejala yang sama lagi. 

Di sisi lain, reaksi sengatan yang besar bisa menjadi cara tubuh Anda merespons sengatan tawon. Cobalah untuk menghindari agar tidak tersengat untuk mencegah hal-hal yang tidak nyaman tersebut.

Reaksi anafilaksis setelah sengatan tawon

Reaksi alergi yang paling parah terhadap sengatan tawon disebut sebagai reaksi anafilaksis. Reaksi anafilaksis terjadi ketika tubuh Anda mengalami syok sebagai respons terhadap racun atau bisa tawon. Kebanyakan kondisi syok terjadi sangat cepat setelah adanya sengatan tawon. Penting untuk mencari pertolongan darurat medis sesegera mungkin untuk mengobati reaksi anafilaksis.

Gejala reaksi alergi parah terhadap sengatan tawon meliputi:

  • pembengkakan parah pada wajah, bibir, atau tenggorokan
  • urtikaria atau gatal di area tubuh yang tidak terkena sengatan
  • kesulitan bernafas, seperti mengi atau megap-megap
  • Pusing
  • penurunan tekanan darah secara tiba-tiba
  • Sakit kepala
  • hilang kesadaran
  • mual atau muntah
  • Diare
  • kram perut
  • denyut nadi yang lemah atau cepat

Anda mungkin tidak mengalami semua gejala ini setelah sengatan tawon, tetapi Anda kemungkinan akan mengalami setidaknya beberapa dari gejala tersebut setelah terjadi sengatan berikutnya. 

Menurut Mayo Clinic, orang-orang yang mengalami syok anafilaksis setelah satu kali sengatan adalah 30 hingga 60 persen lebih mungkin untuk menunjukkan reaksi yang sama di kemudian hari.

Jika Anda memiliki riwayat reaksi anafilaksis, bawalah kit atau kotak obat jika terjadi sengatan tawon. "Kit sengatan lebah" mengandung suntikan epinefrin (EpiPens) yang dapat Anda berikan sendiri setelah terkena sengatan tawon. 

Epinefrin dapat mengendurkan otot dan pembuluh darah, membantu jantung dan pernapasan Anda kembali normal. Syok anafilaksis adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan perawatan segera.

Mengobati sengatan tawon

Reaksi ringan hingga sedang

Anda dapat mengobati reaksi ringan dan sedang terhadap sengatan tawon di rumah. Saat mengobati sengatan di rumah, Anda harus:

  • Mencuci area sengatan dengan sabun dan air untuk menghilangkan racun sebanyak mungkin.
  • Oleskan kompres dingin ke lokasi luka untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.
  • Jaga agar luka tetap bersih dan kering untuk mencegah infeksi.
  • Tutup dengan perban jika diinginkan.

Gunakan krim hidrokortison atau lotion kalamin jika gatal atau iritasi kulit mengganggu Anda. Soda kue dan oatmeal koloid dapat menyejukkan kulit dan dapat digunakan saat mandi atau melalui krim kulit dalam bentuk obat.

Penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti ibuprofen, dapat mengatasi rasa nyeri yang terkait dengan sengatan tawon. Obat antihistamin, termasuk diphenhydramine dan chlorpheniramine, juga bisa mengurangi rasa gatal. Minum semua obat sesuai petunjuk untuk menghindari potensi efek samping, seperti iritasi lambung atau mengantuk.

Anda juga harus mempertimbangkan untuk mendapatkan suntikan tetanus dalam beberapa hari setelah sengatan jika Anda belum pernah mendapatkan suntikan booster dalam 10 tahun terakhir.

Reaksi yang parah

Reaksi alergi yang parah terhadap sengatan tawon membutuhkan pertolongan medis segera. Jika Anda memiliki Epinefrin, suntikan obat tersebut segera setelah gejala muncul. Jika Anda memiliki riwayat alergi tawon, berikan Epinefrin segera setelah tersengat. Kemudian hubungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pengobatan untuk reaksi alergi parah terhadap sengatan tawon dapat meliputi:

  • epinefrin tambahan untuk menenangkan sistem kekebalan tubuh Anda
  • resusitasi kardiopulmoner (CPR) jika pernapasan berhenti sementara
  • oksigen, steroid, atau obat lain untuk meningkatkan pernapasan

Komplikasi sengatan tawon

Dalam kasus yang jarang terjadi, sengatan tawon dapat berkontribusi terhadap komplikasi yang melibatkan sistem saraf.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam Annals of Tropical Medicine dan Public Health meneliti kasus-kasus yang tidak biasa di mana seorang pasien anak mengalami kelemahan otot, pelebaran pupil, dan afasia motorik setelah terjadi sengatan tawon. (Afasia motorik adalah gangguan kemampuan bicara dan menulis.)

Masalah pasien dapat dipicu oleh bekuan darah yang disebabkan oleh reaksi yang parah terhadap sengatan tawon. Komplikasi ini merupakan komplikasi yang ekstrim dan sangat tidak mungkin terjadi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit