Selegiline: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 18, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 3, 2019 Waktu baca: 3 menit

Untuk mencegah kerusakan senyawa kimia dalam otak yang disebut dopamine merupakan manfaat selegiline. Rendahnya senyawa kimia tersebut dikaitkan dengan penyakit Parkinson. Selegiline biasa digunakan dengan obat lain untuk meringankan gejala Parkinson

Mengenai Selegiline

Golongan:

Obat resep

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Kemasan:

Kapsul

Kandungan:

Obat antiparkinson 

Dosis Selegiline

Jika pasien mengalami gejala over dosis seperti sakit kepala, halusinasi, masalah penglihatan, berkeringat, kulit terasa dingin, ritme jantung tidak konsisten, pingsan, kejang segera hubungi unit gawat darurat.

 Dosis umum pasien dewasa dengan penyakit Parkinson:

  • Tablet minum Dosis rekomendasi: 5 mg secara oral 2 kali sehari Dosis maksimum: 10 mg secara oral sehari
  • Tablet minum disintegrasi Dosis rekomendasi: 1.25 mg secara oral 1 kali sehari selama 6 minggu, jika diperlukan seletah 6 minggu dosis dapat ditambah menjadi 2.5 mg secara oral 1 kali sehari Dosis perawatan: 1.25 sampai 2.3 mg secara oral 1 kali sehari Dosis maksimum: 2.5 mg secara oral 1 kali sehari

Ikuti petunjuk resep dokter atau petunjuk pemakaian yang ada di label obat. Dokter mungkin mengurangi atau menambah resep pasien jika dirasa perlu. Jangan menambah atau mengurangi resep tanpa ijin dokter.

Obat kapsul selegiline biasanya dimakan 2 kali sehari, saat makan pagi dan makan siang. Ikuti petunjuk dokter. Sementara tablet disintegrasi selegiline (Zelapar) dimakan 1 kali sehari sebelum makan pagi tanpa carian.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Jika pasien kelupaan meminum obat pada jadwal yang ditetapkan, jangan menggandakan dosis pada jadwal minum berikut. Jangan hentikan pengobatan kemudia melanjutkannya kembali tanpa konsultasi dokter. 

Efek samping Selegiline

Beberapa efek samping selegiline yang muncul biasa tidak membutuhkan penanganan medis, efek tersebut akan hilang sendiri seiring dengan penyesuaian tubuh dengan obat selama perawatan. Konsultasikan dengan dokter jika efek samping tidak menghilang.

Pasien menggunakan selegiline sering mengalami efek samping:

Segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter jika pasien mengalami:

  • Masalah pernapasan
  • Bingung, halusinasi, pikiran atau perilaku tidak biasa
  • Kepala rasa ringan, sampai ingin pingsan
  • Gemetar atau gerakan otot tidak terkendali
  • Tekanan darah tinggi yang berbahaya - sakit kepala berat, penglihatan kabur, gertakan pada leher, cemas, mual, muntah, nyeri dada berat, napas pendek, kejang.
  • Tingkat sorotonin yang tinggi dalam tubuh (ketika digunakan bersama antidepressant) - cepat marah, demam, irama jantung cepat, terlalu aktif, mual, muntah, diare, hilang keseimbangan, pingsan

Pasien juga mungkin mengalami dorongan seksual, dorongan intens lain selama menggunakan selegiline.

Interaksi Obat

Jangan menggunakan selegiline jika pasien alergi terhadapnya atau jika pasien dalam pengobatan fluoxetine dalam 5 minggu terakhir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Interaksi beberapa obat dapat berakibat buruk atau tidak diinginkan. Kemungkinan dokter perlu merubah rencana perawatan jika pasien menggunakan obat:

  • Methadone
  • Tramadol
  • Cyclobenzaprine
  • Obat MAO inhibitor
  • Obat antidepresi
  • Meperidine
  • Obat batuk yang mengandung dextromethrophan
  • St. John’s wort

Selain obat diatas, selegiline juga mungkin berinteraksi dengan obat OTC, vitamin dan produk herbal. Konsultasikan dengan dokter.

Perhatian

Untuk meyakinkan bahwa selegiline aman untuk pasien, dokter perlu tahu jika pasien memiliki:

Belum diketahui apakah ibu hamil dan menyusui dalam pengobatan selegiline dapat membahayakan bayi, beritahu dokter jika pasien sedang menyusui, hamil atau berencana hamil.

Selama perawatan pasien diwajibkan melakukan diet tertentu, hindari minuman berakohol dan makanan mengandung tyramine (jenis asam amino) seperti:    

  • daging, sayuran, buah dan produk yang difermentasi
  • Keju
  • Suplemen atau obat batuk deman OTC yang mengandung tyramine
  • Makanan olahan kedelai

Mengosumsi tyramine selama perawatan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi ke tingkat yang membahayakan jiwa pasien, selama dan 14 hari setelah pasien berhenti menggunakan obat, makanan dengan tingkat tyramine tinggi harus dihindari.

Selain itu selegiline dapat menggangu proses pikir dan reaksi pasien. Beberapa pasien mengalami kantuk dan tidur mendadak saat siang hari sehingga dapat membahayakan keselamatan pasien dan orang sekeliling, minimalkan atau hindari kegiatan yang membutuhkan konsentrasi.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Selegiline Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/selegiline.html)
Selegiline - C13H17N. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Selegiline)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app