Sakit Perut Sebelah Kiri - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 19, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 829.778 orang

Sakit perut pada bagian kiri bawah biasanya berhubungan dengan masalah saluran pencernaan. Tapi Selain itu, rasa sakit pada sisi kiri perut juga dapat disebabkan oleh masalah gangguan ginjal,jantung, paru-paru dan gangguan organ reproduksi yang sering terjadi pada wanita. 

Terkadang nyeri perut pada bagian kiri perut menyebabkan nyeri yang bersifat kolik atau tajam,sehingga menimbulkan ketidaknyamanan yang intens, sehingga mengurangi mobilitas perut bagian bawah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Menurut penyebabnya, sakit perut pada bagian kiri perut dibedakan berdasarkan lokasinya, yakni sakit perut kiri bagian atas dan perut kiri bagian atas. 

Sedangkan untuk sakit perut kiri bagian bawah dibagi menjadi sakit perut yang bisa terjadi pada semua orang dan sakit perut yang khusus terjadi pada wanita. Berikut penjelasannya :

Sakit perut bagian kiri-atas

Sakit perut pada bagian kiri atas disebabkan oleh organ-organ yang berada pada region ini, organ-organ yang terletak pada daerah ini meliputi :

Lambung 
Saat terjadi iritasi pada lapisan lambung, lambung akan meradang dan kondisi ini disebut gastritis atau dalam bahasa awam sering disebut sakit maag. Gastritis dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri H. 

pylori yang selanjutnya dapat mengakibatkan luka. Obat penghilang rasa sakit tertentu dan minum terlalu banyak alkohol juga dapat mengakibatkan gastritis

Gejalanya termasuk sakit perut sebelah kiri atas yang terasa perih atau terbakar (yang mungkin membaik setelah makan), mual dan muntah, serta perasaan perut atas penuh setelah makan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Gejala Usus buntu 
Meskipun terdengar aneh karena usus buntu terletak pada perut bagian kanan-bawah, gejala usus buntu yang khas adalah terjadinya perpindahan nyeri yang dimulai pada perut sebelah kiri atas ( dekat ulu hati) dan kemudian berpindah ke perut bagian kanan bawah. Gejala usus buntu sebelum rasa nyeri berpindah bisa sangat mirip dengan gastritis.

Masalah Jantung 
Nyeri pada serangan jantung yang disebut angina, terkadang dapat sulit dibedakan dengan nyeri pada gastritis. Walaupun sebenarnya nyeri pada angina memiliki sifat yang khas, 

namun seringkali seseorang yang mengalami angina tidak dapat menginterpretasikannya. Untuk dapat membedakan nyeri perut bagian kiri atas pada gastritis dan angina adalah pada angina nyeri dipengaruhi oleh aktivitas fisik, 

tidak dipengaruhi oleh posisi tubuh dan dapat mereda setelah minum obat nitroglycerin. Sedangkan pada gastritis hal tersebut tidak ditemukan.

Paru-paru basah 
Paru-paru basah yang dikenal dengan istilah pneumonia, bisa menyebabkan nyeri pada daerah perut kiri atas, jika pneumonia terjadi pada lapang paru kiri bagian bawah dan mengiritasi pembatas antara paru-paru dan perut yang disebut diaphragma.

Pankreatitis akut
Pankreatitis akut adalah peradangan yang terjadi pada pankreas, pankreatitis akut disebabkan oleh beberapa faktor yang dipercaya menjadi pemicu utama, seperti penyumbatan batu empedu dan minuman beralkohol. Nyeri sering menjalar ke punggung.

Sakit perut bagian kiri bawah

Pada sakit perut bagian kiri bawah, berdasarkan penyakit yang mendasarinya lebih sering terjadi pada wanita dan lansia. Sakit perut bagian kiri bawah dibagi menjadi 2, yaitu sakit perut yang dapat terjadi pada semua orang dan sakit perut yang hanya dapat terjadi pada wanita. Berikut penjelasannya : 

Divertikulitis
Dalam banyak kasus, nyeri persisten khusus ke sisi kiri bawah perut disebabkan oleh diverticulitis. Diverticula adalah kantong kecil yang terbentuk karena adanya lapisan dinding usus besar yang tipis, sehingga pada permukaan luar tampak seperti balon. 

Divertikula sangat rentan terhadap peradangan sehingga menyebabkan diverticulitis dan bahkan,divertikula juga rentan pecah, sehingga berpotensi menyebabkan sakit perut yang hebat.

Diverticulitis dapat terjadi pada siapa saja, dan untuk orang yang berusia lebih dari 40 tahun, memiliki resiko yang lebih besar.

Hernia
Hernia adalah hasil dari organ internal atau bagian tubuh lain yang mendorong otot atau jaringan di sekitarnya. Atau dengan kata lain hernia pada abdomen terjadi ketika usus besar masuk ke dalam rongga di luar rongga perut dan jika terjadi strangulasi yang mencekik usus yang terplintir dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada daerah perut bagian bawah.

Penyakit ginjal

Batu ginjal biasanya disebabkan oleh terlalu tingginya kadar kalsium atau asam urat dalam tubuh. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab batu ginjal. Gejala umum dari kondisi ini adalah sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, nyeri di pangkal paha, dan muntah.

Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh infeksi pada ginjal. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal. 

Nyeri akut juga bisa dirasakan bersama keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan hematuria (urin berdarah) di antara gejala-gejala lainnya.

Irritable bowel syndrome (IBS)/ Inflammatory Bowel Disease (IBD)
Irritable bowel syndrome (IBS) dan Inflammatory Bowel Disease (IBD) adalah gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar, ditandai dengan kram perut, perasaan kembung, serta buang gas. IBS/IBD juga dapat menyebabkan masalah pergerakan usus, mulai dari sembelit hingga diare.

Penyebab yang hanya terjadi pada wanita

Beberapa penyebab nyeri perut kiri bagian bawah hanya menyerang wanita. Kondisi ini mungkin lebih serius atau membutuhkan perawatan medis. Perlu diingat, rasa sakit juga bisa terjadi pada sisi kanan perut Anda. 

Kram saat menstruasi (dismenore)
Kram biasanya terjadi sebelum dan selama periode menstruasi Anda. Rasa sakit bisa berkisar dari nyeri ringan hingga nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, kram menstruasi biasanya tidak serius.

Endometriosis
Pada endometriosis, jaringan yang biasanya melapisi bagian dalam rahim Anda juga tumbuh di luar rahim. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut dan menyebabkan infertilitas(mandul)

Kista ovarium
Kista ovarium adalah kantung yang berisi cairan di dalam atau di permukaan ovarium. Kebanyakan kista tidak menimbulkan gejala apa-apa dan hilang tanpa perawatan dalam beberapa bulan. 

Tapi kista dengan ukuran besar bisa menyebabkan ketidaknyamanan dengan menekan kandung kemih Anda dan menyebabkan Anda buang air kecil lebih sering.

Kista yang pecah (pecah terbuka) dapat menyebabkan beberapa masalah serius, seperti nyeri hebat atau perdarahan internal.

Torsi ovarium
Kista ovarium yang besar dapat menyebabkan ovarium mengubah posisi dalam tubuh wanita. Hal ini meningkatkan risiko torsi ovarium, torsi ovarium adalah kondisi dimana posisi ovarium terplintir dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Torsi ovarium juga dapat mengurangi suplai darah.

Torsi ovarium mungkin terjadi pada kehamilan atau penggunaan obat-obatan.

Kehamilan ektopik
Dengan kehamilan ektopik, telur yang dibuahi tidak berkembang didalam rahim. Hal ini biasanya terjadi di dalam tuba falopi yang menghubungkan ovarium dengan rahim. 

Nyeri hebat biasanya muncul saat kehamilan ektopik terputus dari tempat menempelnya dan menyebabkan pendarahan.

Penyakit radang panggul (PID)
PID adalah infeksi pada sistem reproduksi pada wanita. Ini umumnya disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS), seperti klamidia dan gonorea, tetapi jenis infeksi lain juga dapat menyebabkan PID.

Untuk pengobatan sakit perut kiri, didasarkan pada penyebabnya. Beberapa penyebab tidak menimbulkan gejala yang serius, sedangkan yang lainnya membutuhkan penanganan khusus dari dokter spesialis.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

dokter beberapa bulan ini badan saya kok tidak bisa bergerak
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit