Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Sakit Kepala Berdenyut : Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 763.499 orang

Sensasi sakit kepala berdenyut adalah kondisi medis yang sering terjadi. Ketika Anda mengalami sakit kepala, darah mengalir ke daerah yang bermasalah pada kepala Anda sebagai upaya untuk memperbaiki masalah yang terjadi. 

Sensasi berdenyut yang Anda rasakan disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah yang merupakan upaya untuk meningkatkan aliran darah pada daerah kepala yang bermasalah.

Sakit kepala yang berdenyut bisa hilang timbul dengan cepat. Sensasi berdenyut yang Anda alami saat sakit kepala mungkin seirama dengan detak jantung Anda. Walaupun menimbulkan ketidaknyamanan, sakit kepala berdenyut dapat dikelola dengan pengobatan yang tepat.

Apa penyebab Sakit Kepala Berdenyut?

Sering kali, sakit kepala hanyalah merupakan gejala ringan dan dapat diobati di rumah. Namun, beberapa jenis sakit kepala dapat memiliki penyebab mendasar yang serius seperti stroke, tumor otak, atau meningitis

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami sakit kepala berdenyut yang tidak membaik atau memburuk seiring berjalannya waktu .

Berikut beberapa penyebab sakit kepala berdenyut berdasarkan lokasinya :

Sakit kepala berdenyut-denyut di belakang kepala

Neuralgia oksipital adalah suatu kondisi yang disebabkan akibat saraf yang menghubungkan sumsum tulang belakang ke kulit kepala mengalami kerusakan

Gejala ini mirip dengan migrain. Kondisi ini menghasilkan rasa sakit yang tajam, sakit, atau berdenyut yang dimulai di pangkal kepala dan bergerak menuju kulit kepala. Neuralgia oksipital juga dapat menyebabkan rasa sakit di belakang mata.

Sakit kepala berdenyut di atas kepala

Migrain adalah sakit yang berdenyut. Selain sakit kepala, migrain dapat menyebabkan mual, muntah, atau peningkatan sensitivitas terhadap cahaya atau suara. Tanpa perawatan, migrain dapat berlangsung 4 hingga 72 jam.

Sakit kepala berdenyut di pelipis

Migrain juga dapat menyebabkan rasa sakit berdenyut di pelipis Anda, migrain yang menyebabkan nyeri di pelipis kepala Anda dapat disebabkan oleh arteritis temporal. Arteritis temporal adalah hasil dari peradangan di pembuluh darah temporal Anda.

Sakit kepala berdenyut di satu sisi

Sakit kepala Migrain biasanya hanya mempengaruhi satu sisi kepala Anda. Dalam kasus yang lebih jarang, penyebab sakit kepala berdenyut di satu sisi kepala Anda bisa disebabkan oleh hemicrania continua. Jenis sakit kepala parah berlangsung terus menerus, dengan tingkat rasa sakit yang tetap sama.

Sakit kepala berdenyut di belakang mata

Sakit kepala yang berdenyut di belakang mata bisa disebabkan oleh sakit kepala cluster. Sakit kepala cluster biasanya terasa seperti tertusuk atau terbakar tetapi juga bisa terasa sebagai sakit kepala berdenyut. Gejala lain yang bisa ditimbulkan oleh sakit kepala Cluster adalah:

  • biasanya sangat menyakitkan
  • bisa bertahan berbulan-bulan
  • sering datang dengan tiba-tiba
  • Sakit kepala berdenyut saat berdiri

Sakit kepala berdenyut saat berdiri bisa disebabkan oleh kondisi langka yang dikenal sebagai sakit kepala tekanan rendah. Kondisi ini juga disebut sebagai hipotensi intrakranial spontan atau SIH. 

SIH hanya terjadi pada 1 dari 50.000 orang. Jenis sakit kepala ini memburuk jika Anda berdiri dan membaik jika Anda berbaring.

Bagaimana cara mencegah terjadinya Sakit Kepala Berdenyut

Sakit kepala yang berdenyut sangat menyakitkan, membuat frustasi, dan mengganggu. Sakit kepala berdenyut dapat disebabkan oleh berbagai jenis kondisi medis

Misalnya, sakit kepala berdenyut bisa disebabkan oleh stroke, meningitis, atau bahkan tumor otak. Satu-satunya cara untuk mencegah kondisi-kondisi tersebut menyebabkan sakit kepala berdenyut adalah dengan melakukan penanganan yang tepat pada kondisi medis yang mendasarinya. Misalnya :

  • Neuralgia oksipital : pencegahan yang dapat diberikan adalah obat anti kejang.
  • Migrain : menghindari faktor pemicu sakit kepala dan pemberian resep beta-blocker, dapat bekerja untuk Anda.
  • Sakit kepala cluster : Pilihan pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian kortikosteroid, penghambat saluran kalsium, melatonin, dan penghambat saraf.
  • Hemicrania continua : pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian resep antidepresan seperti amitriptyline atau antidepresan trisiklik lainnya. Blok saraf dapat digunakan jika program perawatan lain tidak berhasil.

Bagaimana cara meredakan Sakit Kepala Berdenyut?

Penting untuk memiliki diagnosa yang akurat dari dokter. Diagnosa yang tepat bisa ditegakan dengan pemeriksaan fisik dan menelusuri riwayat medis Anda secara terperinci. 

Selain itu, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan radiologi seperti pemeriksaan CT scan atau MRI untuk menyingkirkan kemungkinan jika Anda mengalami penyakit berbahaya seperti tumor atau perdarahan di otak yang dapat menyebabkan sakit kepala berdenyut.

Walaupun dapat disebabkan oleh penyakit kronis yang berbahaya, sakit kepala berdenyut biasanya dapat diobati. Pengobatan sakit kepala berdenyut berdasarkan penyebabnya, meliputi:

  • Neuralgia oksipital. Perawatan untuk mengatasi kondisi ini dapat dilakukan dengan terapi panas, pijat, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).
  • Migrain. Untuk mengatasi migrain dapat diberikan Ergotamin, triptan, atau bahkan opioid dapat diresepkan untuk mengatasi migrain.
  • Sakit kepala cluster. Dapat ditangani dengan pemberian oksigen murni. Semprotan hidung triptan atau suntikan DHE dapat membantu. Krim capsaicin topikal juga dapat langsung dioleskan ke daerah yang sakit.
  • Arteri temporal. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan dan perawatan difokuskan pada meminimalkan kerusakan jaringan. Kerusakan jaringan disebabkan oleh aliran darah yang tidak mencukupi. Dokter dapat meresepkan kortikosteroid oral untuk mengurangi gejala.
  • Hemicrania continua. Pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian indometasin atau celecoxib.
  • Sakit kepala tekanan rendah. Menurut artikel Emergency Medical Journal, kondisi langka ini dapat diobati dengan tirah baring, kafein, dan steroid.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit