Sagestam Salep: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Jun 25, 2020 Tinjau pada Jul 27, 2019 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Sagestam salep adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit akibat infeksi oleh bakteri yang peka seperti impetigo, dermatitis seboroik, hingga dermatitis kontak.
  • Mengandung gentamicin (golongan antibiotik golongan aminoglikosida) yang juga bisa digunakan untuk septikemia, meningitis, hingga infeksi.
  • Sagestam salep digunakan dengan cara dioleskan pada kulit yang terinfeksi 3-4 kali sehari, atau sesuai anjuran dokter. 
  • Sagestam salep termasuk bakterisida, sehingga tidak akan efektif untuk mengatasi infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur atau virus.
  • Penggunaan Sagestam salep untuk wanita hamil perlu dilakukan secara hati-hati di bawah pengawasan dokter.
  • Klik untuk mendapatkan Sagestam Salep atau obat kulit lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Sagestam salep adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit akibat infeksi oleh bakteri yang peka. Sagestam salep mengandung gentamicin, obat yang termasuk antibiotik golongan aminoglikosida.

Gentamicin adalah antibiotika golongan aminoglikosida yang digunakan secara luas, terutama untuk mengobati infeksi-infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram negatif, seperti Pseudomonas, Proteus, Serratia, dan Staphylococcus. Gentamicin juga digunakan untuk septikemia, meningitis (radang selaput otak), infeksi saluran kemih, saluran pernapasan, saluran pencernaan, serta infeksi pada kulit, tulang, dan jaringan lunak.

Gentamicin tidak digunakan untuk infeksi yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae, Neisseria meningitidis, atau infeksi bakteri Legionella pneumophila (karena berisiko pasien akan mengalami shock dari lipid A endotoksin yang ditemukan dalam organisme bakteri gram negatif tertentu). Gentamicin juga berguna melawan Yersinia pestis dan Francisella tularensis.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengenai Sagestam Salep

Pabrik

Sanbe farma

Golongan

Harus dengan resep dokter

Kemasan

Sagestam salep dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Tube 10 gram salep

Tersedia juga sagestam cream, sagestam tetes mata, sagestam salep mata, sagestam ear drops, dan sagestam injeksi.

Kandungan

Tiap kemasan Sagestam salep mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

Manfaat Sagestam Salep

Sagestam salep digunakan untuk mengobati terhadap berbagai infeksi bakteri pada kulit, seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1
  • Infeksi primer kulit: impetigo contagiosa, folikulitis superfisial, ecthyma, furunkulosis, sycosis barbae, dan pioderma gangrenosum. Cara mengobati bisul dengan menggunakan obat bisul antibiotik sering dilakukan, baik dengan menggunakan antibiotik oral atau antibiotik topikal (salep/cream) seperti sagestam salep. Cara menyembuhkan bisul dengan antibiotik dilakukan jika bisul berukuran besar, parah dan sering berulang. Menghilangkan bisul dengan antibiotik harus dilakukan dengan resep dokter.
  • Infeksi kulit sekunder: dermatitis eczematoid yang menular, jerawat, psoriasis pustular, dermatitis seboroik yang disertai infeksi, dermatitis kontak yang disertai infeksi, laserasi terinfeksi, kista kulit dan abses kulit lainnya bila didahului dengan insisi dan drainase, paronychia, borok stasis / kulit yang terinfeksi, luka bakar dangkal yang disertai infeksi, termasuk infeksi setelah gigitan serangga.

Kontraindikasi

Efek Samping Sagestam Salep

Efek samping Sagestam salep yang mungkin terjadi adalah terjadinya iritasi ringan pada kulit seperti kemerahan (erythema) dan gatal (pruritus).

Dosis Sagestam Salep

Sagestam salep diberikan dengan dosis berikut :

  • Oleskan pada kulit yang terinfeksi 3 - 4 x sehari.

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat Sagestam salep harus sesuai dengan yang dianjurkan.

Penggunaan Sagestam Salep oleh wanita hamil

FDA di Amerika Serikat (setara dengan BPOM di Indonesia) menggolongkan gentamicin kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Gunakan dengan hati-hati jika manfaat lebih besar daripada risiko. Penelitian pada hewan menunjukkan risiko dan penelitian pada manusia tidak tersedia atau penelitian pada hewan maupun manusia tidak dilakukan.

Dengan demikian, maka penggunaan obat ini oleh wanita hamil perlu dilakukan secara hati-hati di bawah pengawasan dokter, terutama penggunaan dalam dosis besar atau periode waktu yang lama.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan Sagestam salep adalah sebagai berikut:

  • Obat ini hanya ditujukan untuk mengobati infeksi pada kulit. Hindari kontak dengan mata.
  • Sagestam salep adalah obat yang termasuk bakterisida, jadi obat ini tidak efektif untuk infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur atau virus.
  • Penggunaan antibiotik topikal bisa menimbulkan superinfeksi (pertumbuhan kuman secara tidak normal) oleh bakteri, jamur, virus atau kuman-kuman non peka lainnya. Selain itu, obat-obat antibiotik topikal juga bisa menimbulkan iritasi kulit. Jika superinfeksi dan atau iritasi kulit terjadi, segera hentikan pemakaian obat.
  • Jika obat ini digunakan untuk mengobati impetigo contagiosa (bisul), bersihkan kerak terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada kulit untuk memungkinkan kontak yang maksimal.
  • Jangan digunakan untuk pengobatan jangka panjang.
  • Obat ini bisa menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga lebih mudah terbakar. Gunakan obat ini hanya pada area terinfeksi (jangan pada area yang luas), dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari.

Artikel terkait:


13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chen, Changhua & Chen, Yumin & Wu, Pinpin & Chen, Baoyuan. (2013). Update on new medicinal application of gentamicin: Evidence-based review.. Journal of the Formosan Medical Association = Taiwan yi zhi. 113. 10.1016/j.jfma.2013.10.002.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/258444064_Update_on_new_medicinal_application_of_gentamicin_Evidence-based_review)
Moulds, Robert & Jeyasingham, Melanie. (2010). Gentamicin: A great way to start. Australian Prescriber. 33. 134-135. 10.18773/austprescr.2010.062.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/281606155_Gentamicin_A_great_way_to_start)
Watson, Ngaire. (2010). Gentamicin – An antibiotic to use with care. Precedent.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/233763047_Gentamicin_-_An_antibiotic_to_use_with_care)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app