Kenali Folikulitis Dari Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Dipublish tanggal: Feb 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 12, 2019 Waktu baca: 3 menit

Penyakit Folikulitis adalah suatu peradangan pada Folikel. Folikel terletak di daerah rambut sebagai lubang tempat rambut tumbuh dari jaringan kulit dalam. Penyakit ini sering sekali terjadi pada hampir semua orang. 

Folikulitis dapat muncul mulai dari rambut hingga ke pergelangan tangan dan kaki tempat rambut paling sering muncul.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Folikulitis dapat menyerang segala umur dan semua jenis kelamin. Tetapi mayoritas peradangan ini ditemukan pada usia remaja dan dewasa. 

Penyebab dan Faktor Risiko Folikulitis

Penyebab utama yang ditimbulkan pada peradangan ini adalah bakteri Stapylococcus aureus. Bakteri tersebut mudah sekali menginfeksi daerah tubuh terutama pada folikel rambut. Daerah yang paling sering terkena yaitu kulit kepala, punggung, pergelangan tangan dan kaki.

Kondisi munculnya Folikulitis hampir sama seperti perkembangan jerawat di kulit wajah. Perbedaanya pada jerawat invasi bakteri berkumpul di daerah pori-pori dan menutupnya sehingga memicu peradangan. 

Tetapi pada Folikulitis kondisi ini menimbulkan inflamasi pada lubang folikel sehingga muncul benjolan seperti jerawat di dekat tempat petumbuhan rambut. Faktor resiko lain yang bersifat non-infeksi dan berdampak pada munculnya folikulitis antara lain:

  • Kulit yang mudah berkeringat
  • Sering tumbuh jerawat
  • Sering mencukur
  • Mandi dengan air yang kotor
  • Menggunakan pakaian ketat
  • Penggunaan make up yang berlebihan
  • Menggunakan antibiotik jangka panjang

Gejala Pada Folikulitis

Gejala yang timbul pada folikulitis tidak lain berupa benjolan berukuran kecil yang bulat, mengkilap, dan berwarna merah. Benjolan dapat tumbuh satu-satu hingga berkelompok. DI daerah tengahnya dapat terlihat warna kekuningan yang berupa nanah.  

Peradangan ringan muncul di daerah pergelangan tangan dan kaki tempat pertumbuhan rambut. Benjolan semakin lama semakin membesar walau tidak signifikan. Benjolan dapat disertai rasa nyeri dan gatal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apabila benjolan dipencet dan dikeluarkan nanahnya, maka akan timbul krusta atau koreng dan rambut didekat luka koreng menjadi mudah rapuh. Beberapa folikulitis kronis yang telah sembuh dapat menimbulkan jaringan parut dan menghambat pertumbuhan helai rambut.

Komplikasi Pada Folikulitis

Penyakit folikulitis yang menyebabkan peradangan folikel dapat saja menimbulkan komplikasi yang semakin parah. Folikulitis yang berlarut-larut dapat beresiko memicu kerusakan pada kulit, bisul yang semakin membesar dan menyebar, jaringan parut yang lama sembuh, hingga kebotakan permanen.

Diagnosis Penyakit Folikulitis

Penyakit kulit seperti folikulitis ini didasari oleh pemeriksaan dermatologis kulit. Kelainan kulit berupa benjolan yang bernanah disertai keluhan nyeri dan gatal ini mengarahkan dokter ke suatu peradangan kulit. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan keadaan kulit dari lokasi, bentuk kelainan, dan lamanya penyakit itu muncul.

Pemeriksaan mikroskopik juga dilakukan untuk mengetahui infeksi yang menimbulkan penyakit sehingga dokter dapat menentukan tatalaksana yang tepat. Pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sampel dari kulit yang mengalami peradangan dan diperiksa di laboratorium.

Pemeriksaan darah jarang dilakukan jika belum menunjukkan tanda kronis seperti adanya gejala yang mengarah ke infeksi berat seperti HIV dan tuberkulosis.

Penanganan Penyakit Folikulitis

Pengobatan pada penyakit folikulitis diberikan sesuai tingkat keparahan gejala. Dosis dan lama pemakaian obat ditentukan dengan baik sehingga dapat membasmi infeksi penyebab dan mengurangi gejala.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pada folikulits ringan biasanya dapat sembuh sendiri dengan menjaga kebersihan yang lebih baik. Untuk pengobatan pada kondisi ringan dapat diberikan krim antibiotik dosis rendah ditambah krim pelembab.

Pada folikulitis yang kronis perlu dilakukan pemberian obat-obatan yang disesuai dengan faktor penyebab. Penanganan ini ditujukan untuk menghindari komplikasi lebih berat dan kekambuhan yang dapat kembali.

Pemberian obat-obatan lebih dipilih dengan menggunakan krim atau salep yang mengandung antibiotik yang dioles di daerah yang terkena peradangan. Pada folikulitis kepala dapat digunakan sampo dengan kandungan antibiotik atau antijamur.

Untuk pengobatan di rumah dapat dilakukan kompres hangat di sekitar daerah peradangan selama 15 hingga 20 menit untuk mengurangi pembengkakan. Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan handuk milik orang lain secara bersamaan setelah mandi.

Apabila masih tidak sembuh hanya dengan pengobatan atau timbul benjolan kronis yang semakin besar. Tindakan operasi minor dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan dan meminimalisasikan pembentukan jaringan parut. 

Operasi minor dilakukan dengan membentuk sayatan di sekitar luka inflamasi dan nanah dikeluarkan perlahan hingga besih.


13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Knott, L. Patient (2017). Folliculitis. (https://patient.info/doctor/folliculitis-pro)
Fischer, K. Healthline (2016). Folliculitis. (https://www.healthline.com/health/folliculitis)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app