Potensi Jintan Hitam atau Habbatussauda Mengatasi Berbagai Penyakit

Dipublish tanggal: Sep 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Selain dimanfaatkan untuk bumbu dapur, keberadaan dari jintan hitam ternyata juga dipercaya dapat menjadi obat herbal yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit. 

Jintan hitam sendiri mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Mulai dari zat besi, kalium, kalsium, lemak sehat hingga kandungan protein.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Manfaat Jintan Hitam

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat saat mengkonsumsi jintan hitam:

Mengobati darah tinggi atau hipertensi

Dalam studi berskala kecil yang pernah dilakukan, jintan nampaknya memiliki manfaat khusus menurunkan tekanan darah tinggi

Pada penelitian tersebut, subyek yang menjadi bahan menelitian mengalami penurunan tekanan darah tinggi setelah mengkonsumsi ekstrak dari jintan hitam dalam kurun waktu 8 minggu. 

Akan tetapi, efektivitas maupun keamanan dari obat herbal jintan hitam sampai sekarang belum diketahui dengan pasti secara klinis.

Mengobati kolestrol tinggi

Tubuh memang membutuhkan kolestrol. Meski begitu, jika kadar kolestrol dalam darah terlalu berlebihan, hal ini akan menimbulkan dampak buruk bahkan bisa menyebabkan gangguan jantung bengkak yang pengobatannya harus dilakukan seumur hidup. 

Beberapa studi menunjukkan bahwa obat herbal jintan hitam yang dikonsumsi secara berkala bisa menurunkan kadar kolestrol jahat trigliserida, serta bisa meningkatkan kadar kolestrol baik dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Menjaga kadar gula dalam darah

Kadar gula yang terlalu tinggi juga tak akan memberikan efek yang baik bagi tubuh. Terlebih, kadar gula tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes

Beberapa gejala yang menyertai penyakit ini adalah sering haus, mudah merasa lelah, hingga kesulitan dalam berkonsentrasi. 

Penyakit diabetes yang tidak segera ditangani dengan benar bahkan bisa memicu kerusakan pada syaraf, gangguan penglihatan hingga bisa mengakibatkan seseorang kehilangan nyawa.

Pada sebuah penelitian, seseorang yang rutin mengkonsumsi jintan hitam dalam kurun waktu tertentu terlihat bisa mengurangi kadar gula serta resistensi insulin yang bersarang di dalam darah. 

Efek dari jintan hitam ini diduga sangat baik bagi penderita penyakit diabetes. Meski begitu, data klinis belum bisa memastikan dengan tepat kebenaran dari hal tersebut.

Memiliki efek Antiradang

Salah satu manfaat dari jintan hitam yang dipercaya baik bagi kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi masalah peradangan yang diderita oleh seseorang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Pada penderita asma yang mengkonsumsi jintan hitam keparahan serta frekuensi serangan asma yang diderita berkurang secara signifikan. 

Selain itu, studi lain yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa jintan hitam juga efektif membantu mengatasi penyakit lainnya yang disebabkan karena peradangan termasuk alergi, sinusitis, hingga radang sendi.

Melawan infeksi

Dalam kandungan jintan hitam terdapat antibakteri dan antivirus. Hal tersebut dibuktikan dalam suatu penelitian yang menunjukkan bahwa obat herbal ini secara efektif bisa membasmi virus yang memicu munculnya penyakit hepatitis C, HIV, hingga penyakit flu. Disamping itu, kandungan dalam jintan hitam juga bisa memperlambat pertumbuhan jamur serta bakteri.

Melindungi hati

Beberapa penelitian yang dilakukan pada binatang juga menunjukkan bahwa kasiat dari jintan hitam bisa mencegah adanya kerusakan pada organ hati. 

Manfaat tersebut didapat dari kandungan antioksidan yang terdapat pada jintan yang mempunyai manfaat sebagai antiperadangan.

Mencegah kanker

Thymoquinone adalah senyawa aktif yang menjadi salah satu kandungan dalam biji jintan hitam. Senyawa tersebut dipercaya memiliki efek antikanker. 

Sejumlah penelitian yang dilakukan pada binatang, senyawa ini bisa mengurangi ukuran pada tumor ganas. Uji laboratorium yang dilakukan juga menunjukkan bahwa thymoquinone bermanfaat besar dalam menghambat laju pertumbuhan sel kanker.

Efek samping Jintan yang perlu diwaspadai

Minyak jintan hitam atau jintan hitam yang telah diekstrak kemungkinan besar aman bila dikonsumsi dalam kurun waktu yang pendek. 

Hingga saat ini, belum ada informasi akurat terkait efek samping dari jintan hitam bila dikonsumsi dalam jumlah yang besar dan waktu yang panjang. 

Disamping itu, manfaat dan efek samping pada anak-anak serta ibu hamil juga belum bisa dipastikan secara akurat.

Itulah sebabnya, sebelum memutuskan mengkonsumsi jintan hitam alangkah lebih baik bila Anda terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter untuk menghindari hal buruk yang mungkin saja terjadi.


15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Rahmani, Arshad & Alzohairy, Mohammad & Khan, Masood & Aly, Salah. (2014). Therapeutic Implications of Black Seed and Its Constituent Thymoquinone in the Prevention of Cancer through Inactivation and Activation of Molecular Pathways. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM. 2014. 724658. 10.1155/2014/724658.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/263398129_Therapeutic_Implications_of_Black_Seed_and_Its_Constituent_Thymoquinone_in_the_Prevention_of_Cancer_through_Inactivation_and_Activation_of_Molecular_Pathways)
Vaz, Nelissa & Rodrigues de Oliveira, Daniela & Abou el ela, Galal & Abouelella, Nour & Khater, Hanem. (2018). The Black Seed, Nigella sativa (Ranunculaceae), for Prevention and Treatment of Hypertension.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/330602230_The_Black_Seed_Nigella_sativa_Ranunculaceae_for_Prevention_and_Treatment_of_Hypertension)
Randhawa, Mohammad & Al-Ghamdi, Mastour. (2011). Anticancer Activity of Nigella sativa (Black Seed) - A Review. The American journal of Chinese medicine. 39. 1075-91. 10.1142/S0192415X1100941X.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/51798838_Anticancer_Activity_of_Nigella_sativa_Black_Seed_-_A_Review)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app