Kebiasaan Sehat

Ketahui Hal-Hal Penting Ketika Mengkonsumsi Obat

Dipublish tanggal: Mar 5, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Hal-Hal Penting Ketika Mengkonsumsi Obat

Pada artikel kali ini akan membahas informasi mengenai hal hal penting apa saja yang harus diperhatikan sebelum kamu mengkonsumsi suatu obat. 

Ya, setiap obat memang berbeda-beda fungsi dan sistem kerjanya, oleh sebab itu dalam mengkonsumsinya pun tentu akan memiliki aturan dan informasi yang berbeda-beda pula. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Maka dengan itu kita perlu ekstra perhatian dalam beberapa hal sebelum kita mulai mengkonsumsi suatu jenis obat-obatan. Yuk simak lebih dalam artikel ini untuk mengetahui hal hal penting apa sajakah yang harus kamu tahu sebelum kamu mengkonsumsi suatu obat.

Terdapat 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi obat. Bisa dikatakan bila seseorang sedang mengkonsumsi suatu obat tentu tujuannya ialah untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita oleh orang tersebut. 

Obat yang dikonsumsinya pun tergantung jenis penyakit yang diderita, bisa saja obat ringan yang umum dijual di toko obat, apotek maupun minimarket dan warung sekitar kita maupun antibiotik atau obat berat yang harus diresepkan oleh dokter dan tim medis. 

Walaupun jenis yang berbeda-beda setiap obatnya, ada beberapa kesamaan umum yang harus diperhatikan oleh setiap orang sebelum mengkonsumsi obat seperti :

1. Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengkonsumsi Obat

Ya, setiap obat memang berbeda-beda waktu mengkonsumsinya. Hal ini dipengaruhi oleh fakta bahwa saat obat dikonsumsi oleh kamu, maka obat akan melewati lambung dan terus masuk ke bagian dalam usus. 

Sebagian kecil obat akan diserap oleh lambung kamu dan sebagian besarnya akan diserap oleh usus halus yang permukaanya sangat luas. Bila lambung dan usus kamu masih dalam keadaan dan kondsi baik maka obat obatan yang kamu konsumsi akan terserap dengan cepat dan sempurna. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Namun proses penyerapan obat dalam tubuh bisa juga terganggu oleh adanya makanan, tergantung jenis obat apa yang kamu minum sehingga kamu harus mengetahui kapan sebaiknya kamu harus mengkonsumsi obat tersebut. 

Umumnya waktu mengkonsumsi obat dibedakan menjadi dua jenis saja, sebelum dan sesudah makan. Obat yang sebaiknya diminum 1 jam sebelum makan ialah obat yang yang proses penyerapannya akan terganggu di lambung dan usus bila ada makanan yang masuk. 

Beberapa contoh obat yang dikonsumsi sebelum makan ialah obat antibiotik eritromycin, amoxycillin, dan paracetamol. Sedangkan obat yang sebaiknya dikonsumsi seaat sesudah makan ialah obat yang penyerapannya akan terbantu saat ada makanan yang masuk. 

Perlu diingat untuk mengkonsumsi obat jenis ini maksimal 2 jam setelah makan karena dalam waktu 2 jam biasanya makanan sudah selesai tercerna di dalam usus manusia. 

Nah cara mudah bagaimana kamu mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi obat tersebut ialah dengan bertanya ke dokter dan ahli medis atau kamu bisa lihat cara mengkonsumsi obat dibalik kemasan setiap obat. 

2. Minumlah Obat dengan Air Putih

Obat merupakan kumpulan senyawa kimia yang diracik sedemikian rupa untuk menyembuhkan penyakit setiap pasien yang meminumnya. Oleh sebab itu kamu hanya butuh bantuan air putih dalam menelan obat obatan yang ada. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Ingat sangat dilarang meminum obat baik dengan teh, kopi, apalagi soda dan susu karena ditakutkan senyawa dalam obat obatan yang kamu minum akan bereaksi dan mengeluarkan reaksi tidak baik bila dikonsumsi dengan minuman yang sifatnya tidak netral. Air putih ialah satu satunya minuman dan air yang sifatnya netral. 

3. Dosis dan Jenis Obat

Setiap obat yang kamu konsumsi apalagi jenis obat obatan yang diresepkan oleh dokter umumnya akan memiliki dosis atau takaran yang harus kamu patuhi dalam meminum obat tersebut. 

Contohnya ketika dokter meresepkan obat X untuk diminum 3 kali dalam sehari maka dengan itu, kamu pun harus mengikuti anjuran dokter dan meminumnya 3 kali dalam sehari agar proses penyembuhan lebih cepat dan tepat sasaran. 

Kamu juga perlu memerhatikan jenis obat apa yang kamu minum, bila jenis antibiotik maka kamu harus menghabiskan obat tersebut.

Walaupun misalnya kamu diberi 1 strip dan kamu sudah sembuh saat sudah mengkonsumsi 3/4 stripnya, tapi kamu harus tetap meminum habis sisa antibiotk tersebut karena antibiotik yang diresepkan oleh dokter memang sifatnya wajib dihabiskan oleh kamu atau bila tidak ditakutkan di sakit berikutnya, bakteri atau virus penyebab sakit tidak akan kebal lagi dengan antibiotik berikutnya

Nah semoga informasi akan 3 hal penting yang harus kamu ketahui sebelum kamu mengkonsumsi obat ini dapat membantu kamu dan menambah pengetahuanmu.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why must some medicines be taken with or after food?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/common-health-questions/medicines/why-must-some-medicines-be-taken-with-or-after-food/)
Administration of Medication: Taking Drugs the Right Way. Healthline. (https://www.healthline.com/health/administration-of-medication)
2019 USEF GUIDELINES & RULES FOR DRUGS AND MEDICATIONS. United States Equestrian Federation. (https://www.usef.org/forms-pubs/2Zp2C_YKs4s/drugs-medications-guidelines)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app