Poria: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Jan 19, 2020 Waktu baca: 3 menit

Golongan

Jamur herbal

Sediaan

Tablet. Kapsul

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Kemasan

Kandungan

Polisakarida

Poria (Poria cocos) adalah sejenis jamur yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Tanaman jamur ini merupakan suatu bentuk pengobatan alternatif yang berasal dari Tiongkok yang bersumber dari filamen jamur (sel-sel mirip benang yang membentuk tubuh jamur).

Penelitian pada hewan menunjukkan potensi penggunaan jamur poria  berguna sebagai imunomodulator dan agen anti-inflamasi, dan dalam pengelolaan kanker dan diabetes; Namun hingga saat ini belum ada studi lebih lanjut terkait efektivita obat pada penyakit lainnya.

Apa saja kandungan Poria ?

Poria mengandung 2 kelompok kimia utama, polisakarida dan triterpen. Jamur ini juga mengandung komponen lanostane triterpene, asam poliporenik C, asam pachymaic, asam pachymic, asam tumulosic, asam karboksilat, dan asam dehidropachimik. 

Beberapa monosakarida seperti glukosa D, xylose, mannose, galactose, fucose, dan rhamnose, telah terdeteksi pada jmaur poria. Poria juga mengandung asam amino, enzim, steroid dan kolin, serta garam histidin dan kalium

Poria bekerja mengatur keseimbangan air tubuh yang sehat. Poria merangsang drainase akumulasi cairan dan lendir. Ini mendukung diuresis yang berarti ekskresi air melalui ginjal. Penerapannya dalam jangka panjang tidak menyebabkan ekskresi kalium mineral berharga atau dehidrasi

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Selain itu, poria adalah jamur obat yang memiliki efek positif untuk limpa yang lemah dan menenangkan hati dan pikiran. Selain itu, obat ini juga memiliki efek menurunkan gula darah.

Apa saja manfaat Jamur Poria?

Dalam pengobatan tradisional, filamen jamur poria telah digunakan pada beberapa gangguan kesehatan seperti untuk amnesia, kecemasan, gelisah, kelelahan, tegang, gugup, pusing, masalah buang air kecil, retensi cairan, masalah tidur (insomnia), limpa yang membesar, masalah perut, diare , tumor, dan untuk mengendalikan batuk. 

 Filamen Poria telah digunakan dalam berbagai produk kombinasi herbal untuk mengobati diare, peradangan ginjal yang berkelanjutan (glomerulonefritis kronis), tinitus telinga, dan untuk mengurangi perdarahan saluran pencernaan bagian atas.

Jamur poria mengandung bahan kimia yang dapat meningkatkan fungsi ginjal, menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, Serta mengatur fungsi kekebalan tubuh. Jamur ini juga memiliki efek antitumor dan anti-muntah.

Manfaat Jamur Poria sebagai kekebalan tubuh

Seiring dengan menemukan bukti signifikan bahwa Poria dapat membantu memerangi peradangan. Hasil penelitian juga menentukan bahwa polisakarida yang ditemukan di Poria dapat membantu memperkuat respon imun.

Manfaat Jamur Poria sebagai antidiabetik

Triterpen yang ditemukan di Poria yang efektif melawan diabetes, Dalam sebuah tes pada tikus dengan diabetes, hasil penelitian ditemukan bahwa pengobatan dengan Poria triterpen membantu mengatur kadar gula darah hewan dan mengobati resistensi insulin.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Manfaat Jamur Poria sebagai pengobatan kanker

Beberapa penelitian pada sel manusia menunjukkan bahwa Poria mungkin memiliki sifat anti tumor dan dapat membantu melawan beberapa bentuk kanker (termasuk kanker pankreas dan kanker payudara).

Manfaat Jamur Poria dalam terapi alzheimer

Penelitian menunjukkan bahwa Poria dapat membantu melawan penyakit Alzheimer. Hasil tes pada sel tikus menunjukkan bahwa Poria dapat menghambat perkembangan Alzheimer dengan mengurangi stres oksidatif. 

Hasil penelitian juga menemukan bahwa efek Poria dapat membantu melindungi otak dari efek toksik beta-amiloid (zat yang membentuk plak otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer).

Efek samping pada pemberian Jamur Poria

Penelitian mengungkapkan sedikit atau tidak ada informasi mengenai reaksi merugikan dengan penggunaan produk ini. Farmasi Tiongkok mencantumkan adanya kontraindikasi pada pemberian poria seperti poliuria, spermatorrhoea, dan prolaps urogenital. pemberian poria pada ibu hamil

Informasi mengenai keamanan dan kemanjuran dalam kehamilan dan menyusui masih kurang. Poria adalah komponen utama dari pengobatan tradisional Tiongkok yang digunakan untuk mencegah aborsi spontan. Tetapi dalam segi keamanan maka pemberian jamur poria tidak dianjurkan pada ibu hamil.

Perlu diingat bahwa suplemen belum diuji untuk keamanan dan apakah cocok dikonsumsi sebagai suplemen makanan. Dalam beberapa kasus, produk dapat memberikan dosis yang berbeda dari jumlah yang ditentukan untuk masing-masing ramuan atau jenis kemasan obat.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Poria Mushrooms: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-poria-88643)
Poria Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/poria.html)
Molecular basis for Poria cocos mushroom polysaccharide used as an antitumour drug in China. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6307810/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app