Poppy: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Golongan

Herbal

Kemasan

Biji-bijian

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Kandungan

  • opiat
  • Tebu

Biji poppy adalah biji minyak yang diperoleh dari poppy (Papaver somniferum). Biji Benih kecil berbentuk seperti ginjal yang sudah selalu dipanen sejak ribuan tahun yang lalu.

Tanaman poppy terkenal karena berbagai alasan, salah satunya adalah sumber opium serta narkotika yang sangat adiktif. Hal ini menyebabkan banyaknya penarikan secara legal pada hasil pertanian dan panen poppy di banyak negara di seluruh dunia. 

Sampai sekarang, beberapa negara masih melarang penanaman dan distribusi tanaman ini.

Namun daripada hal tersebut, poppy juga merupakan sumber dari salah satu bahan kue yang paling dicintai di dunia: biji poppy. Mereka terkenal karena menambahkan rasa nikmat untuk berbagai jenis permen dan makanan penutup. 

Minyak biji poppy juga dapat digunakan sebagai penyedap bumbu masakan dan dapat dijadikan minyak obat dari hasi ekstraksi.

Beberapa jenis Biji Poppy

Biji poppy terdiri dari tiga warna berbeda: putih, biru dan hitam. Biji biru umumnya disebut biji poppy Eropa karena dan paling banyak ditemukan di penjuru dunia, sedangkan biji poppy putih banyak ditemukan India, Timur Tengah atau Asia. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Tidak ada perbedaan yang jelas antara jenis-jenis ini selain dari warnanya, dengan pilihan terutama tergantung pada preferensi warna pada olahan atau ekstrak yang digunakan sesuai dengan selera.

Kegunaan Biji Poppy 

Banyak orang mengonsumsi biji poppy untuk gangguan asma, sembelit, batuk, diare yang disebabkan oleh infeksi, sulit tidur, dan untuk mendiagnosis fistula. 

Namun sampai saat ini belum ada riset yang menentukan bahwa adanya efektivitas pada  Biji poppy mungkin membantu mencegah beberapa jenis kanker berkembang.

Biji Poppy pada masakan 

Para koki profesional jaga menyiapkan biji poppy dan digunakan untuk membuat kue, kue kering, isian, glasir, atau bubur. Ini menimbulkan rasa nikmat yang lebih terasa serta memberikan sajian makanan terlihat lebih indah.

Untuk kebutuhan sehari-hari 

Dalam pembuatannya, minyak biji poppy digunakan untuk membuat sabun, cat, dan pernis. Namun, biji poppy sebenarnya menawarkan komponen nutrisi yang mengesankan yang dapat membantu tubuh Anda meningkatkan atau mempertahankan fungsi optimal. Manfaat kesehatan dari biji poppy meliputi:

Mencegah gangguan jantung.

Setiap porsi biji poppy mengandung sejumlah besar asam linoleat, asam lemak omega-6 yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit jantung.8 Namun, perlu dicatat bahwa jumlah berlebihan asam lemak omega-6 masih dapat menyebabkan efek merusak pada tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Keseimbangan sehat asam lemak omega-3 dan omega-6 sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Mendukung pemeliharaan dan pengembangan tulang.

Biji poppy mengandung zat besi dan fosfor, mineral penting untuk pemeliharaan otot dan tulang

Mencegah sembelit dan masalah pencernaan

Biji poppy memiliki serat makanan dalam jumlah tinggi, yang membantu sistem pencernaan dalam metabolisme dan memproses makanan yang dicerna dengan lancar, mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Meningkatkan fungsi otak.

Kalsium, zat besi dan magnesium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur aktivitas otak dan perkembangan neuron. Mereka juga membantu dalam produksi neurotransmitter.

Membantu produksi sel darah merah

Biji poppy kaya akan kandungan tembaga dan zat besi yang berguna dalam pembentukan sel darah merah, yang membantu dalam pencegahan anemia dan kondisi terkait darah lainnya.

Membantu mengatasi sulit tidur.

satu sendok teh minyak biji poppy sebelum tidur telah diamati untuk membantu meringankan gejala insomnia dan membantu relaksasi.

Efek samping dan cara penggunaan

Biji poppy aman bila diminum dalam jumlah yang tepat sesuai indikasi medis. Satu minuman atau yogurt yang mengandung 35-250 gram biji poppy sehingga aman dikonsumsi.

Konsumsi teh dengan biji poppy sebaiknya dihindari. Permukaan luar biji poppy dapat mengandung morfin. Ketika biji poppy direndam dalam air untuk membuat teh, morfin bisa meresap ke dalam air. Sehingga dapat menyebabkan efek samping atau kematian karena kandungan morfin. 

 Mengonsumsi biji poppy dalam jumlah yang sangat besar juga tidak dianjurkan. Mengonsumsi biji poppy dalam jumlah yang sangat besar dapat memblokir usus dan mengganggu pencernaan dan menimbulkan konstipasi.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Poppy Seed: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/poppy_seed/supplements.htm)
Poppy Seed: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1503/poppy-seed)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app