Pilek dan Demam Makin Parah? Mungkin 8 Hal Ini Penyebabnya

Ada beberapa hal yang seharusnya tidak Anda lakukan ketika flu sedang melanda. Jika Anda melakukannya, maka akan memperparah pilek dan demam.Berikut ini kebiasaan yang dapat memperparah pilek dan demam Anda, diantaranya yaitu:
Dipublish tanggal: Jul 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pilek dan Demam Makin Parah? Mungkin 8 Hal Ini Penyebabnya

Cuaca panas dan hujan sering kali menimbulkan daya tahan tubuh yang lebih mudah terserang oleh flu. Flu biasanya menimbulkan rasa demam dan pilek. Pada saat seseorang terkena flu, tidak semua orang memperhatikan rasa sakit yang dirasakannya.

Kebanyakan dari semua orang akan cenderung lebih cuek ketika flu sedang melanda. Padahal hal demikian justru akan memperparah flu Anda. Ada beberapa hal yang seharusnya tidak Anda lakukan ketika flu sedang melanda. Jika Anda melakukannya, maka akan memperparah pilek dan demam

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Berikut ini kebiasaan yang dapat memperparah pilek dan demam Anda, diantaranya yaitu:

1. Terlalu banyak mengkonsumsi obat sembarangan

Meskipun obat flu sangat mudah Anda jumpai di apotik, namun bukan berarti Anda asal dalam melakukan pemilihan obat. Meskipun lu dianggap sebagai penyakit yang sepele, namun Anda tetap harus memperhatikan obat apa yang Anda konsumsi.

Kesalahan yang seharusnya tidak Anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi obat flu dalam jumlah yang banyak sekaligus. Disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi obat satu persatu dalam durasi waktu yang telah ditentukan.

2. Mengandalkan obat antibiotik 

Pilek dan demam memang sering kali disebabkan karena adanya infeksi virus. Akan tetapi mengkonsumsi antibiotik saat flu melanda bukanlah langkah yang tepat. Karena antibiotik hanya dapat menjadikan gejala demam dan pilek justru akan semakin parah.

3. Mengkonsumsi vitamin C dengan jumlah dosis tinggi

Vitamin C yang Anda konsumsi berguna untuk menguatkan daya tahan tubuh sekaligus berguna untuk melawan infeksi ringan, termasuk pilek dan demam. Namun mengkonsumsi vitamin C dalam dosis yang tinggi justru akan berpotensi menyebabkan penyakit diare maupun risiko keracunan zat besi.

4. Terlalu mengabaikan rasa sakit yang Anda derita

Rasa sakit seperti demam dan pilek sayang Anda sepelekan justru akan menambahkan tingkat keparahan terhadap penyakit flu yang Anda rasakan. Jangan mengabaikan rasa sakit yang Anda rasakan. Sehingga segera konsumsi obat yang tepat atau membawanya ke dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

5. Mengabaikan jam tidur

Ketika tubuh mengalami sakit, maka langkah yang tepat untuk Anda lakukan yaitu dengan tidur dan beristirahat dengan cukup. Apabila Anda mengabaikan jam tidur saat sedang sakit, maka sakit flu yang Anda alami justru akan semakin parah.

6. Kurang air minum yang menimbulkan dehidrasi

Tubuh yang mengalami dehidrasi akibat kekurangan air, maka akan menimbulkan penyakit flu Anda semakin parah. Untuk tidak memperparah flu Anda, sebaiknya sering-sering mengkonsumsi air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan.

7. Pikiran yang terlalu stres

Pikiran yang terlalu stres ternyata juga menjadi kebiasaan buruk yang dapat memperparah sakit demam dan pilek Anda. Sedangkan stres bisa mempengaruhi pada sistem kekebalan tubuh karena memaksa tubuh bekerja dengan keras.

8. Tetap dengan kebiasaan merokok

Ketika tubuh merokok, maka tidak hanya menimbulkan penyakit baru saja, akan tetapi kebiasaan merokok juga akan memperparah segala jenis penyakit apa pun yang sedang Anda derita. Termasuk memperparah sakit flu Anda.

Rasa sakit demam dan pilek atau flu memang sangat mengganggu aktivitas apa pun yang biasanya dilakukannya. Untuk itu, penting bagi Anda agar bisa menghindari kesalahan yang justru akan memperparah flu Anda. 

Ke 8 kesalahan yang ada di atas seharusnya Anda hindari dan jangan Anda lakukan ketika flu sedang Anda rasakan. Jika ke 8 hal tersebut Anda lakukan, maka flu Anda akan semakin parah.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Science, M., Johnstone, J. et al. (2012, July 10). Zinc for the treatment of the common cold: a systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. Canadian Medical Association Journal, 184(10), E551-E561 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3394849/)
Mayo Clinic Staff. (2012, June 7). Cold remedies: What works, what doesn't, what can't hurt (http://www.mayoclinic.com/health/cold-remedies/ID00036/)
Get smart: Know when antibiotics work. (2014, September 5) (http://www.cdc.gov/getsmart/antibiotic-use/know-and-do.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app